c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Makanan Kaviar, Nikmat dan Mahal Tapi Ikanpun Punah




Tahukah kalian apa itu Kaviar ?? Ehhh bukan yang di pakai di dada itu ya, yang buat rompi anti peluru itu sih kevlar...tapi ini kaviar makanan yang harganya sangat mahal, dengan rasa sedikit asin karena efek dari penggaraman.



Untuk pengetahuan saya kutip sedikit info dari om wikipedia, kaviar itu makanan yang terbuat dari telur ikan tertentu, umumnya ikan sturgeon, yang sudah diproses dan digarami. Makanan ini secara komersial dipasarkan sebagai makanan mewah, dan umumnya digunakan sebagai pelengkap makanan lain. Kaviar hitam paling banyak berasal dari telur ikan sturgeon laut Kaspia di Azerbaijan, Iran, Rusia, dan Kazakstan. Jenis kaviar yang paling mahal adalah varian Beluga, Ossetra, dan Sevruga.



Kaviaer dianggap sebagai makanan mewah dan disajikan dengan cara garnis atau ditabur. Kaviar sendiri dijual kisaran harga $2.500 per pon, atau $3.000 sampai $5.000 per kilogram, tergantung penjual kadang lebih mahal dari itu, tergantung produksi dan demand yang ada di pasaran.



Walau harganya sangat mahal dan strata wong cilik kaya saya gini rugi untuk membelinya, contohnya kaviar sturgeon yang berwarna hitam, dengan 15 gram di kaleng kecil harganya sekitar 3,5 juta. Tidak pakai nasi, biasanya disajikan dengan sejenis roti kecil yang sekali telen habis, beda sama nasi warteg yang bikin perut buncit dengan lauk pauknya yang mengunggah selera. Maklum saja hanya golongan yang duitnya tak berseri yang mau memakannya.



Untuk masalah rasa berhubung TS cuma pernah makan telur ikan mas yang sudah di goreng, mungkin mirip-mirip sebenarnya, cuma cara pengolahannya saja yang berbeda. Dan juga ikan air laut memiliki omega 3 yang tinggi dibandingkan air tawar.

Nah makanan para bangsawan ini di abad 18 memang menjadi makanan eklusif, tapi bahayanya bila itu dilakukan terus menerus, hingga keberlangsungan hidup ikan yang diambil telurnya semakin lama akan semakin punah.



Karena semakin populernya kaviar di kalangan borjuis, mereka menjadikan makanan ini sebagai gaya hidup. Walau tidak mengenyangkan tapi strata kelas high class akan menjadi pembeda. Belum lagi banyaknya Orang Kaya Baru yang gengsi dan ikut-ikutan, dengan membuat grup sosialita mereka pun acapkali pamer makanan mewahnya di IG dan Medsos lainnya.



Akhirnya sudah dapat dipikirkan ke depannya, ikan-ikan yang menghasilkan kaviar terbaik lambat laun akan punah, dan tinggal dongeng di masa depan.

Pelestarian ikan sangat perlu, untuk keberlangsungan hidup mereka dan juga seimbangnya alam, serta untuk makanan anak cucu kita nanti dimasa depan, janganlah menjadi manusia serakah, sumber daya alam di habiskan saat ini, tanpa memikirkan orang lain dan masa depan.



Apa pendapatmu kawan, ada yang sudah pernah makan kaviar ?? Monggo seruupuutt dolo..

emoticon-coffee

By c4punk@2018

Referensi

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kaviar




tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
39.5K
238
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan