jole.femusAvatar border
TS
jole.femus
Ada Hal Misterius Tentang Korea Utara yang Tak Kamu Tahu Gan


Ada banyak hal yang tidak kita ketahui tentang Korea Utara (Korut). Terutama karena kontrol kuat rezim yang saat ini berkuasa terhadap warganya, dan sikap waspada mereka terhadap orang luar. Tetapi dari gambar-gambar citra satelit, kisah para penduduk Korea Utara yang melarikan diri ke negara-negara lain, dan sedikit orang yang pernah berkunjung, gambaran kehidupan sehari-hari di negara yang penuh misteri itu perlahan tersingkap. Berikut ini foto-foto yang dikumpulkan untuk menyoroti kehidupan sehari-hari di negara paling tertutup di dunia.

1. Di luar dugaan, Pyongyang Tampak Cantik Saat Dilihat Dari Atas

Spoiler for 1:



Pyongyang merupakan kota terbesar di Korut ini, dengan gedung-gedung berwarna pastel berjajar di sepanjang sungai yang berkelok-kelok. Pemandangan semacam ini sangat langka. Video tersebut dibuat oleh orang asing yang diizinkan mengambil rekaman dari sudut pandang unik: pesawat terbang mungil yang melayang di atas kota. 

Meskipun pemerintah Korut hanya mengizinkan rekaman terbatas, pembuat film Rob Whitworth dan J.T. Singh memberikan kilasan-kilasan kehidupan sehari-hari di Pyongyang dalam video time-lapse berikut. Dari video ini kita bisa menyaksikan para penduduk Korut bepergian dengan kereta api bawah tanah, mengitari monumen bersejarah, dan mengunjungi skate park setempat.


2. Militer menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari penduduk Korut


Spoiler for 2:



Para tentara terlibat dalam pembangunan dan proyek infrastruktur, dan Guttenfelder memotret betapa pentingnya mereka dalam kehidupan sehari-hari di Pyongyang. 

Setiap orang punya peran dalam acara tersebut, termasuk para penonton, yang menggunakan buku bolak-balik berwarna untuk membuat mosaik raksasa dari tribun. Gambar-gambar tersebut merupakan penghormatan kepada pemimpin negara, atau hanya militer pada umumnya. 


3. Pyongyang Menampilkan Cuplikan-Cuplikan Keindahan


Spoiler for 3:


Gambar-gambar yang dipotret oleh Ed Jones ini menampilkan penduduk Korut saat sedang menunggu di halte bus di Kota Pyongyang. Meski ekspresi jemu pada wajah mereka sama dengan ekspresi penumpang bus di mana pun di seluruh dunia, halte busnya justru sedikit berbeda di Korut. Bukannya menampilkan iklan atau grafiti, layar di halte justru menampilkan pemandangan alam atau perkotaan yang indah dan menakjubkan.

Bus merupakan sarana transportasi umum yang paling banyak digunakan di Ibu Kota Korut, sementara mobil pribadi justru cukup langka terlihat. Tiketnya seharga 5 Won, atau setara Rp 74,-, atau bisa dikatakan nyaris gratis. 


4. Di Bawah Ancaman Gunung Berapi yang Sewaktu-Waktu Bisa Erupsi



Spoiler for 4:



Gunung Paektu yang indah dan dianggap suci oleh warga Korut, telah bergemuruh dalam beberapa tahun terakhir. Seribu tahun silam, Gunung Paektu mengalami erupsi yang tercatat sebagai salah satu letusan terbesar dalam sejarah manusia yang tercatat. Erupsi tersebut melontarkan bebatuan berderak dan abu vulkanik hingga mencapai Jepang. 

Di luar ledakan dahsyat tersebut, Gunung paektu atau Changbai dalam bahasa China, tetap misterius. Hanya sedikit orang luar yang mengetahui keberadaan gunung tersebut, dan tak ada seorangpun yang tahu, apakah, atau kapan, gunung setinggi 2.743 mdpl tersebut akan meletus lagi. 


5. Ada Elemen Kemewahan dalam Kehidupan Sebagian Penduduk Korut


Spoiler for 5:


Kehidupan di Korea Utara tak melulu suram dan penuh malapetaka. Resor ski mewah dan sepatu roda begitu populer di kalangan elit Korut. Selama bertahun-tahun, fotografer National Geographic David Guttenfelder menangkap peningkatan popularitas sepatu roda sebagai bagian dari atletik dan rekreasi yang terjadi sejak Kim Jong Un menduduki kursi pemimpin tertinggi pada tahun 2011.


6. Sistem Kereta Bawah Tanah di Pyongyang Sangat Terencana dan Rinci



Spoiler for 6:



Awalnya, hanya ada dua pemberhentian sistem kereta bawah tanah yang dibuka untuk wisatawan. Tapi kemudian pemerintah membuka ketujuh belas pemberhentian untuk wisatawan di akhir 2015. Hasilnya cukup mengejutkan. Melody Rowell menulis dalam artikel National Geographic bahwa para penumpang yang berada hampir 100 meter di bawah tanah, ditemani dengan lagu-lagu kebangsaan patriotik yang diputar melalui pengeras suara antik. 


Sumber: http://nationalgeographic.co.id



Mampir dulu yok gan:











0
24.3K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan