alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
[Share Info] Serba Serbi Modif Mesin
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/599be05c32e2e602748b456c/share-info-serba-serbi-modif-mesin

[Share Info] Serba Serbi Modif Mesin

Permisi Momod dan Mimin disini saya buka Thread tetang MODIFIKASI MESIN

alasan :

Quote:


RULES

Quote:


disini ajang kaskuser sharing info berbagi ilmu tetnang dunia modif permesinan

PROLOUGE
Spoiler for PROLOUGE:


[Share Info] Serba Serbi Modif Mesin

Lakukan Dengan tanggung Jawab Perubahan - Perubahan tersebut Karena menimbulkan resiko yang harus anda tanggung sendiri. sepenuhnya kami tidak menanggung resiko yang anda lakukan dengan perubahan - perubahan tersebut


Q&A
Quote:



terima kasih lanjut di post-post selanjutnya
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Bahasan pertama Bore & Stroke
Spoiler for "ilustrasi":


Apa itu Bore?

Bore atau disebut diameter dalam bahasa Indonesia, ini merupakan ukuran dari diameter ruang bakar

Apa itu Stroke?

Stroke atau disebut langkah dalam bahasa Indonesia, ini merupakan jarak bergerak piston dalam 1x naik atau 1x turun jadi kalo bisa di sebut 1/2 putaran dari as kruk


Apa yang terjadi jika kita merubah bore atau stroke?

Bore atau ukuran diameter ruang bakar, biasanya di kaitkan dengan besarnya piston.
jika merubah ukuran bore lebih dari 0,20 mm disarankan untuk mengganti piston juga, karena kerenggangan ring piston hanya memiliki toleransi 0,20 mm - 0,32mm duliar itu tekanan pada dinding piton tidak masimal menyebakan kompresi bocor dan/atau oli merembes.

efek utama memperbesar atau memperkecil ukuran Bore adalah ke besarnya kompresi dan berefek pada torsi motor

jarang dari kita semua untuk bore down atau mengecilkan bore, biasa yang dilakukan adalah memperbesar Bore untuk mendapatkan torsi yang lebih besar. otomatis tenaga yg dikeluarkan untuk mendapatkan torsi lebih cepat karena kompresi menjadi lebih besar.


Stroke atau langkah, berbagai macam cara untuk merubah stroke yang semuanya berdampak pada kecepatan piston untuk menyelesaikan 1x pembakaran, cara pertama mengubah dudukan di askruk baik di naikan ataupun di turunkan untuk mendapatkan ukuran langkah yang diinginkan, kedua mengganti setang piston lebih pendek maupun lebih panjang. butuh perhitungan lebih matang dalam mengubah stroke ini karena tidak sesimple mengubah Bore.


perhitungan kubikasi atau CC motor berdasarkan bore x stroke sebagai tolak ukur besar nya kubikasi mesin tersebut

V = (π x D² x L x n)/4

nb: semua satuan dalam milimeter (mm)
Keterangan :

V : Besarnya CC

π : Phi atau bernilai 3,14 ( merupakan rumus absolut lingkaran)

D : Diameter

L : Panjang langkah atau stroke

n : Jumlah silinder


Efek Perubahan Bore dan Stroke

Positif :

1. bertambahnya kompresi yang bedampak pada lebih tingginya torsi serta lebih cepat dicapainya torsi tersebut
2. tambah kenceng feelnya (aja) secara hanya memaksimalkan kompresi sehingga menigkatkan torsi
3. CC bertambah

Negatif:

1. Jadi lebih cepat panas karena ruang bakar yang mengecil
2. rawan jebol jika perhitungan tidak cermat
3. jadi lebih boros
Diubah oleh kadal911
reserved
resserved
saya update hampir setiap hari untuk info2 nya, silahkan jika ada yang mau share ataupunemoticon-Keep Posting Gan tanya jawab emoticon-Keep Posting Gan


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di