meiysa.srgrAvatar border
TS
meiysa.srgr
Mengenal Lebih Dalam Tentang Berbagai Jenis Tahu Yuuk ..
Assalamu'alaikum Wr. Wb - salam sejahtera untuk kita semua.

Hari ini TS ingin berbagi pengetahuan tentang serba - serbi TAHU yang acapkali ditemui di Indonesia.


Kalau gitu langsung saja yuuk, lets check it out.

emoticon-Angpau






Siapa yang tidak tahutentang bakso tahu goreng atau yang biasa disebut dengan batagor, atau hidangan tahu campur yang berasal dari surabaya, atau tahu gimbal khas daerah semarang??. Rasa - rasanya cukup banyak hidangan khas daerah, terutama yang berasal dari jawa menggunakan tahu sebagai salah satu bahan dasarnya.


Selain sebagai makanan utama, tahu juga populer dinikmati sebagai makanan kecil atau camilan. Sebut saja tahu sumedang yang sangat dinikmati bersama rawit, atau tahu kuning goreng khas daerah bandung. Dari semua sajian lezat berbahan tahu itu, ternyata jenis tahu yang digunakan tidak selalu sama.



PROSES PEMBUATAN TAHU


Kata tahu berasal dari kata serapan bahasa hokkian, tauhuyang berarti kedelai yang difermentasikan. Proses fermentasi ini bukanlah fermentasi dalam arti sebenarnya (yang menggunakan bantuan mikroba), proses pembuatan tahu yang mempertemukan dua zat yang berbeda diasosiasikan sebagai proses fermentasi.


Tahu ini umumnya terbuat dari kedelai kuning yang direndam, digiling hingga menjadi bubur halus, dan dimasak di atas api sedang, hingga menjadi adonan yang bergumpal seperti kepala susu. Setelah matang, adonan pun disaring dengan kain hingga terpisah dari ampasnya. Cairan yang biasa dikenal dengan sebutan sari kedelai (ada juga yang menyebutnya susu kedelai) inilah yang diproses lebih lanjut menjadi tahu.



BERBAGAI JENIS TAHU



1. TAHU CINA



Tahu ini termasuk tahu yang istimewa, selain karena ukurannya yang cukup besar, teksturnya sangat lembut, mendekati tekstur tahu sutra, aromanya khas kedelai segar. tahu jenis ini lebih sering digunakan untuk membuat sup.


Cara penyimpanannyaadalah dengan dibungkus dengan kain putih dan direndam didalam air. Jangan lepaskan kain pembungkus, bila tahu belum akan digunakan. Sebelum diolah, lepas kain pembungkus, lalu cuci bersih dan potong - potong tahu sesuai selera.


Spoiler for 1.:



2. TAHU PUTIH


Tahu ini dibuat dengan perbandingan air dan kedelai 5:1. Tahu ini banyak diproduksi oleh pabrik tahu pada umumnya. Batu tahu atau asam asetat sering digunakan untuk membuat tahu jenis ini. Oleh sebab itu, seringkali didapat tahu putih dengan tekstur yang agak kasar, bahkan cenderung padat. Oleh sebab itu, tahu ini lebih sering digunakan sebagai campuran dalam masakan tumisan, atau bakso tahu.


Cara penyimpanannyaadalah dengan direndam dalam air di udara terbuka, untuk itu, tahu ini juga dikenal sebagai tahu air. agar bertahan lebih lama, simpan rendaman tahu didalam lemari pendingin, hingga sesaat akan digunakan.


Spoiler for 2.:



3. TAHU TAKWA


Jenis tahu ini penampilannya paling beda diantara yang lain, warna kulit agak oranye. Tekstur tahu ini lebih padat, dan bentuknya lebih pipih. Dalam pembuatannya, tahu ini sudah direbus sehingga teksturnya mengeras dan sudah matang. Tahu takwa sering dijadikan campuran dalam asinan atau tumisan.


Cara penyimpanannyaadalah dengan menyimpannya di dalam lemari pendingin agar lebih awet.


Spoiler for 3.:



4. TAHU PONG


Tahu khas semarang ini setelah digoreng bagian tengahnya kopong (kosong), tahu ini sebenarnya tahu biasa, seperti tahu lain yang kita kenal. Bedanya, proses pembuatan tahu ini menggunakan asam asetat atau asam cuka sebagai bahan penggumpal.


Cara penyimpanannyaadalah dengan menaruhnya di dalam wadah kedap udara refrigerator.


Spoiler for 4.:



5. TAHU SUTRA


Tahu sutra atau tahu lemak ini berasal dari Jepang, disebut tahu sutra dikarenakan teksturnya yang sangat lunak. Perbandingan antara air dan kedelai yang digunakan adalah 10:1. Jika pada pembuatan tahu lain terdapat sisa air tahu yang dibuang setelah proses pengepresan dan pencetakan, hal ini tidak terjadi pada tahu sutra.


Cara penyimpanannyaadalah dengan menyimpannya di dalam lemari pendingin, namun segera gunakan tahu setelah kemasan tahu terbuka. Kadar air yang tinggi membuat tahu ini lebih mudah rusak.


Spoiler for 5.:



6. TAHU KUNING


Tahu jenis ini berwarna kuning di bagian luar, namun tetap putih dibagian dalam. Bagian luar yang berwarna kuning berasal dari air kunyit yang digunakan pada proses akhir pembuatan tahu. Tahu yang cukup beken di bandung ini memiliki aroma yang harum khas tahu dan rasa yang enak. 


Cara penyimpanannyaadalah dengan menyimpannya didalam wadah plastik kedap udara. Dengan cara ini tahu dapat bertahan selama 3 hari.


Spoiler for 6.:



7. TAHU SUMEDANG


Tahu khas kota Sumedang ini biasa dijajakan dalam keadaan sudah digoreng, sangat pas disantap bersama rawit, warnanya coklat, dengan tekstur kulit yang kasar, bagian dagingnya pun tidak terlalu padat, namun tetap terasa lembut dilidah.


Cara penyimpanannyaadalah dengan menyimpannya dalam wadah plastik kedap udara atau plastik bening yang diikat rapat, lalu simpan dalam refrigerator, hingga sesaat akan disajikan. Untuk yang sudah digoreng, letakkan tahu di dalam wadah kedap udara, lalu panaskan kembali sesaat akan disantap.


Spoiler for 7.:



Ya inilah beberapa jenis tahu yang TS coba rangkum dan jabarkan disini, mungkin di luar sana masih ada jenis tahu lainnya, yang TS tidak tahu, mohon kiranya diberitahu.


Lebih dan kurangnya terima - kasih.


emoticon-Angel



Referensi bahasan & ilustrasi : google.co.id

Polling
Poll ini sudah ditutup. - 56 suara
Apa jenis tahu kesukaan agan dan sista ?
Tahu Cina
9%
Tahu Putih
14%
Tahu Takwa
4%
Tahu Pong
13%
Tahu Sutra
14%
Tahu Kuning
11%
Tahu Sumedang
30%
Gak suka tahu, sukanya tempe ..
5%
0
21.4K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan