BeritagarID
TS
MOD
BeritagarID
Setelah tank, giliran kapal TNI AD karam

Ilustrasi kapal TNI.
Hanya dua hari setelah tank M-113 milik Batalyon Infanteri Mekanis 412/Divisi II Kostrad tenggelam di Purworejo, Jawa Tengah; giliran kapal TNI AD karam di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin (12/3/2018) siang WIB.

Kompas.com melaporkan kapal yang nahas adalah kapal motor cepat (KMC) AD 16-05 milik Kodam Jaya. Adapun Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen M. Sabrar Fadhilah membenarkan peristiwa tersebut.

Kapal yang membawa 65 orang prajurit itu berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dengan tujuan ke Pulau Pramuka pada pukul 07.00 WIB. Berangkat pula satu kapal lainnya, KMC AD 04-15.

Agenda mereka adalah kesiapan kerja bakti di Pulau Pramuka. Namun di tengah perjalanan, di perairan Keparean, Kepulauan Seribu, mesin KMC AD 16-05 mati sehingga terapung hingga pukul 11.00 WIB.

Sebagian penumpang kemudian dialihkan ke KMC AD 04-15. Sementara KMC AD 16-05 mulai limbung. Menurut Kepala Penerangan Kodam Jaya Letkol Inf Kristomei Sianturi, kapal akhirnya tenggelam setelah diterjang ombak.
KAPAL TNI TENGGELAM DI KEPULAUAN SERIBUKapal motor cepat (KMC) AD-16-05 tenggelam pada Senin (12/3). KMC TNI yang mengangkut personel Kodam Jaya tenggelam di Kepulauan Seribu#ONEMINUTETVONE [URL="https://S E N S O R4d9RnBx5P6"]pic.twitter.com/4d9RnBx5P6[/URL]
— tvOneNews (@tvOneNews) March 12, 2018
Seluruh penumpang kapal, termasuk 65 orang prajurit yang sedianya menyiapkan perlengkapan dan peralatan untuk kerja bakti di Pulau Pramuka, sudah berhasil dievakuasi. Tidak seperti insiden tank tenggelam di Purworejo, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kristomei dalam siaran tertulis lebih lanjut membantah kapal kelebihan muatan. Selain itu insiden ini sedang diselidiki oleh TNI AD.

Yang jelas, lanjut Kristomei dalam VIVA, seluruh prosedur standar operasi sudah dijalankan. Dalam prosedur itu termasuk memeriksa bagaimana cuaca, ketinggian ombak, dan sebagainya.

Dalam video amatir yang tersebar luas, kapal sempat terombang-ambing beberapa saat sebelum akhirnya tenggelam secara vertikal. "Memang awal mati mesin. Kenapa mesin mati kita investigasi untuk mengetahui penyebab kapal tenggelam," tukas Kristomei.

TNI AD juga belum tahu apakah penyelidikan kecelakaan ini akan melibatkan pula kalangan eksternal seperti Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Kristomei menjelaskan bahwa kepastian soal itu masih menunggu arahan.

"TNI AD menyesalkan kecelakaan ini, saat ini sudah diturunkan tim investigasi untuk melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab kecelakaan secara rinci," ujar Kasdam Jaya Brigjen TNI Herianto Syahputra dikutip Berita Satu.

KMC ini biasa disebut kapal "Komando". Kapal ini diluncurkan pada 2014 oleh Kepala Staf AD kala itu, Jenderal Budiman, setelah dirakit sejak 2013.

Kapal ini buatan dalam negeri. Perakitan dilakukan oleh para tenaga ahli dari Institut Teknologi Surabaya dan para perwira Direktotat Pembekalan dan Angkutan TNI AD. Sementara perakitan sepenuhnya dilakukan di galangan kapal PT Tesco Indomaritim.

Dilaporkan detikcom pada 12 Desember 2014, kapal ini dirakit menggunakan bahan alumunium. Panjang kapal mencapai 17,60 meter; lebar 4,20 meter; dan tinggi 2,15 meter.

Pada perakitan awal, kecepatan tertinggi kapal ini adalah 40 knots atau sekitar 75 km per jam. Dengan mesin CAT C12, kapal ini punya daya jelajah 250 NM (nautical mile).

Kapal yang dibuat untuk operasi di kawasan rawa dan pantai ini juga mampu membawa tangki air volume 500 liter, bisa menampung 31 orang, dan tiga awak. Sementara perlengkapan teknisnya mencakup kompas, GPS, Radio SSB, Radio HT, Ring Bouy, dan dua rakit darurat.

KMC Komando ini diserahkan ke berbagai kodam yang wilayahnya dekat dengan perairan. Pada awal, total ada 13 kapal KMC Komando --termasuk untuk Kodam Jaya di Jakarta.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...l-tni-ad-karam

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Debat calon gubernur Jabar dan lainnya

- Bidan bakal dapat jatah posisi pegawai negeri sipil

- JK minta HMI tidak banting kursi lagi

anasabilatien212700
tien212700 dan anasabila memberi reputasi
2
7.9K
77
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan