irene.angelaAvatar border
TS
irene.angela
Waktu Sekolah Karakter Kita Masuk yang Mana ya? Yuk Kenali Melalui Ilmu Eneagram
Bagi sebagian orang tua mungkin pernah merasakan salah satu hal ini :"Saya pusing. Anak saya bandel banget. Sudah dikasih tau berkali-kali tapi ga pernah dengerin". Saya udah ga tau lagi musti gimana, ngomong baik-baik masih tetap ga berubah. Dikerasin malah tambah ga denger, cape saya emoticon-Frown".

Atau kita sebagai Anak, mungkin belum terlalu mengenal diri kita sendiri dan belum terlalu mengenal karakter teman-teman kita. Sehingga mungkin terkadang dalam pergaulan pernah kita merasa jengkel dengan teman kita, "Duh, nyebelin banget deh temanku itu. Ihh, kenapa sih dia tega banget sama aku"


Awalnya ketika ke Gramedia saya hanya coba liat-liat buku saja. Tapi kemudian saya ketemu judul buku yang menarik di Rak Buku Parenting. Judulnya Enneagram Of Parenting, karangan Elizabeth Wagele. Maklum, karna saya memang suka dunia yang berbau Psikologi (Meski waktu kuliah ga keterima jurusan Psikologi emoticon-Frownemoticon-Frown ... ehh, malah jadi curhat ya saya emoticon-Nohope) jadi apapun yang mengenai bisa mengenal karakter orang, biasanya saya beli bukunya.


Ketika saya baca, saya jadi membayangkan diri saya waktu sekolah dulu. Ternyata saya masuk gaya Sembilan-Pendamai. Pantas saja saya tidak mau cari masalah dan cenderung menghindari konflik...hehehe


Jadi Enneagram itu adalah ilmu untuk mempelajari karakter manusia melalu 9 tipe kepribadian. Eneagram mengajarkan bahwa tiap individu unik.


Elizabeth Wagele mengkategorikan ada 9 kepribadian Anak.


Satu-Perfeksionis

Ingin agar segala sesuatu itu benar

Dua-Penolong

Ingin Disukai

Tiga-Pengejar Prestasi

Terdorong untuk tampil dengan baik

Empat-Romantis

Terfokus pada perasaan, sangat peduli pada penderitaan dan keindahan

Lima-Pengamat

Ingin tahu dan ingin memahami segala sesuatu

Enam-Pencemas

Mendambakan keamanan

Tujuh-Petualang

Mengejar suatu yang baru dan menyenangkan

Delapan-Pejuang

Tangguh dan Bersemangat

Sembilan-Berdamai

Ingin merasa puas dan menghindari konflik



Kalau gitu, saya sendiri atau Anak saya masuk karakter yang mana ya? 😍



Satu-Gaya Perfeksionis




Umumnya anak dengan Gaya Perfeksionis adalah tipe yang serius dan pekerja keras. Menyusun agenda adalah pekerjaan yang tak habis-habisnya bagi anak bergaya Perfeksionis. Dengan demikian, mereka kemungkinan jarang terlambat masuk sekolah. Mereka begitu mementingkan untuk melakukan sesuatu yang "benar" sehingga mereka menjadi terlalu kaku. Ketika Anda merasa diri Anda/anak Anda bergaya Satu, dan ada cenderung pada keputusan anak yang tidak Anda setujui, tawarkanlah beberapa pilihan alternatif solusi. 

Anak dengan gaya Perfeksionis terlalu mudah menemukan kesalahan dalam diri mereka sendiri dan terkadang suka merasa frustasi. Bujuklah mereka untuk bersikap santai, dan kenalkan mereka dengan dongeng-dongeng yang mengisahkan ketidaksempurnaan seperti Si Keong dan Si Kancil





Dua-Penolong


Anak dengan Gaya Penolong cenderung mendukung dan melindungi orang-orang yang mereka sayangi. Mereka cenderung lebih memikirkan orang lain ketimbang diri mereka sendiri. Mereka umumnya ingin menjadi murid yang baik dan tidak terlambat datang ke sekolah. Anak dengan tipe Penolong mungkin ingin terus berinteraksi dengan teman-teman sekelas mereka walaupun bel pulang telah berbunyi. Sebagian anak dengan gaya penolong, mahir bersosialisasi. Namun mereka bisa memiliki kecenderungan untuk bersikap manipulatif, terlalu berkuasa atau senang memerintah.

Mereka juga bisa membaca pikiran orang dan memanfaatkan kemampuan ini untuk tujuan baik ataupun untuk memperoleh apa yang mereka inginkan. Bimbinglah agar mereka tidak memanipulasi orang lain dengan memeberikan contoh melalu sikap Anda sendiri yang berterus terang.





Tiga-Pengejar Prestasi



Anak-anak Tipe Tiga selalu sibuk dan aktif. Mereka menetapkan target yang tinggi bagi diri mereka sendiri. Anak-anak dengan Gaya Pengejar Prestasi memandang peluang di mana-mana. Kegagalan bahkan tidak masuk hitungan. Isu utama bagi anak dengan gaya Tiga adalah kejujuran. Masalahnya mereka tidak mengakui apa-apa yang berasal dari diri mereka sendiri. Biasanya anak gaya Tiga terlibat secara positif dalam kegiatan sekolah dan ingin selalu datang tepat waktu.

Anak dengan gaya Pengejar Prestasi punya banyak energi yang siap digunakan. Jadi mereka mungkin enggan masuk kamart tidur ketika jam tidur sudah tiba. Tentukanlah waktu setiap malam untuk membacakan cerita bagi emreka, agar mereka menjadi lebih tenang dan siap untuk tidur.





Empat-Romantis



Anak dengan Gaya Empat memiliki perasaan yang halus dan bisa merasa terhina jika orang marah pada mereka. Anak dengan gaya Empat sering merasa disalahpahami. Jadi sangat penting untuk mendengarkan mereka dengan saksama. Emosi bisa menguasai anak-anak gaya Romantis. Saat keluarga temannya itu pindah rumah, ia menjadi rewel dan merengek sepanjang malam. Tak heran ia terlambat datang ke sekolah keesokan harinya.

Anak tipe Romantis juga menjadi murung jika merasa diabaikan, berkelahi dengan teman atau depresi tingkat rendah. Buatlah mereka tahu, sikap macam apa yang Anda harapkan. Orang dewasa bertipe Empat mengatakan, bahwa waktu kecil mereka kadang merasa sedih dan kesepian tanpa tahu sebabnya.





Lima-Pengamat




Anak dengan gaya Lima, biasanya tidak peduli dengan pertemuan sosial dan tidak selalu dapat berinteraksi dengan mudahnya. Mereka merasa canggung atau berbeda dari anak-anak lain. Janganlah mendesak mereka, tapi undanglah mereka dengan lembut untuk bergabung. Anak dengan gaya Lima biasanya datang ke sekolah tepat waktu, daripada harus menjadi pusat perhatian orang lain karena terlambat.


Anak-anak gaya Pengamat memiliki kemampuan pertimbangan yang kuat dan ingin melakukan segala sesuatu sesuai denagn prinsip mereka sendiri.
Perubahan, seperti masuk TK, bisa membuat takut anak-anak gaya Lima. Mereka cemas, para guru akan membuat tuntutan yang tidak masuk akal. Cobalah membantu mereka beradaptasi, denagn mereka ke sekolah sambil menenangkan mereka.



Enam-Pencemas 




Anak dengan Gaya Enam biasanya suka pada yang sejati, baik, dan indah. Mereka  bisa merasa takut pada sesuatu hal yang belum diketahuinya. Mereka butuh merasa dapat mengendalikan, dan mungkin cenderung bersikap pesimis. Mereka senang keteraturan dan keterdugaan, namun mereka sering kesulitan menetapkan pilihan. Kebanyakan anak-anak dengan gaya Enam ingin melakukan segal sesuatu dengan "benar" agar dapat merasa aman. Jika anak masih kecil, jangan bebankan tanggungjawab terlalu besar untuk datang ke sekolah kepada mereka.


Kenalilah apa yang terjadi ketika mereka merasa aman dan percaya diri. Memercayai Anda merupakan awal untuk memercayai orang lain dan diri mereka sendiri. Jadi, hindarilah maksud-maksud terselubung. Bersikaplah terbuka dan terus terang, dan jangan mengompori imajunasi pesimis anak-anak Gaya Enam.


Tujuh-Petualang 




Anak dengan gaya Tujuh, Ketika mereka benar-benar menginginkan sesuatu, mereka tidak akan menyerah. Mereka idealis dan merasa puas dengan diri mereka sendiri. Jika anak-anak gaya Tujuh terlambat datang ke sekolah, mereka akan mencoba menyusup dan biasanya berhasil. Anak dengan Tipe Tujuh mjmnya sulit berkonsetrasi lama pada suatu hal, cenderung terburu-buru dengan satu pekerjaan untuk melakukan yang berikutnya-melewatkan hal-hal detail.

Anak dengan gaya Petualang bisa menuntut kebebasan lebih besar ketimbang yang bisa mereka sanggupi. Mereka sering meninggalkan rumah di usia terlalu muda dan menanggung risiko tetap remaja dan tidak dewasa. Bantulah agar mereka menemukan arah yang positif. Dukunglah tiap minat barunya, dan doronglah terus agar mereka menjadi diri mereka sendiri. Belajarlah mengapresiasi kehausan mereka untuk belajar dan mengejar kehidupan.



Delapan-Pejuang




Membesarkan anak gaya delapan bisa menjadi tugas yang berat karena mereka bisa menimpakan rasa bersalah pada orang lain dan tidak mau bertanggungjawab atas perilaku mereka sendiri. Sebagian anak gaya Delapan tidak segan-segan melanggar beberapa peraturan. Inilah sebabnya, melatih mereka untuk datang ke sekolah tepat waktu bisa menjadi tugas yang berat. 


Anak gaya Delapan biasanya kurang dewasa sehubungan dengan pengendalian marah, misalnya jika sesuatu tidak berjalan secara semestinya. Mereka butuh orangtua yang teguh memegang aturan, dan sabar, yang dapat mengajarkan mereka bagaimana mengalihkan pikiran ke hal lain ketika mereka merasa marah. Namun di balik tampilan luarnya, anak gaya delapan memiliki sisi hangat, halus, dan rapuh. Kita dapat melihatnya jika kita memercayai dan menghargai mereka. Tunjukkanlah sikap terus terang, dapat diandalkan, dan jujur kepada mereka.



Sembilan-Berdamai





Anak dengan gaya Sembilan, bisa menyatu denan orang lain dan mengambil "Rasa" dari kedelapan gaya lainnya. Mereka biasanya bijaksana, baik hati, dan pengertian. Namun di samping menunjukkan kepribadian yang lembut dan kalem seperti biasanya, kadang kita dapat mencium kemarahan dalam suara atau ekspresi mereka. Tipe Pendamai biasanya lambat dalam mengambil keputusan, karena mereka melihat segala sesuatu dari banyak segi.


Anak gaya sembilan kesulitan berterus terang mengatakan masalahnya. Jika mereka tidak dapat datang ke sekolah tepat waktu, kerahkanlah upaya untuk menemukan sebabnya. Apakah mereka cukup tidur? Apakah mereka memendam marah pada guru atau Anda? Mungkin akan membantu jika Anda memutarkan musik kesukaan mereka ketika mereka bersiap-siap ke sekolah. Sediakanlah makanan lezat segera setelah mereka melakukan hal lain. Ingatlah jika Anda memaksa, anak-anak ini menjadi semakin keras kepala.


Itu adalah ke-9 gaya karakter yang diungkapkan oleh Elizabeth Wagele. Yang pasti, seluruh karakter itu unik, dan tidak ada yang salah. Kita hanya perlu mengenal diri kita lebih lagi, begitu pula kita juga harus lebih mengenal karakter teman-teman kita. Niscaya jika hal ini dilakukan, dengan adanya sikap saling mengerti dan menghargai, akan bisa mengurangi tingkat perselisihan. Nobody perfect, right?




So, kalau kamu, masuk karakter ya mana? Yuk tulis di kolom komentar ya, kita sharing sama-sama emoticon-Smilie

* Bisa follow saya juga untuk mendapatkan motivasi dan inspirasi terbaru di : goo.gl/4rRJR4 dan blessingparenting.com
Diubah oleh irene.angela 13-03-2018 21:27
0
13K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan