EternityAvatar border
TS
Eternity
Begini Kondisi PKL di Trotoar Senayan yang Dikritik Anggota DPRD DKI

Share 0 Tweet   Share 0 5 komentar

PKL di Trotoar Jalan Asia Afrika Senayan Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom


Jakarta - Pihak DPRD DKI Jakarta mengkritisi maraknya pedagang kaki lima (PKL) yang jualan di trotoar kawasan Senayan. Di Jalan Asia Afrika, ternyata memang banyak PKL yang jualan di trotoar.

detikcom memantau kawasan Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Kamis (1/2/2018) mulai pukul 18.00 WIB hingga 18.50 WIB. Di lokasi ini ada puluhan PKL yang jualan di trotoar.

Para PKL menggelar tenda, lapak dan gerobak di trotoar Jalan Asia Afrika, tepatnya dari arah Senayan City menuju Palmerah atau belakang Gedung DPR/MPR. Nampak ada sejumlah PKL masih bersiap mendirikan tenda dan menyiapkan makanan yang akan dijajakan.


Baca juga: Anggota DPRD DKI Kritik PKL Menjamur di Trotoar Kawasan Senayan

Selain membuat tenda dari terpal dan membawa gerobak, para PKL juga menaruh meja dan kursi di trotoar. Hanya tersisa sedikit ruas untuk pejalan kaki melintas di trotoar yang lebar ini.

Ada cukup banyak orang yang sedang membeli makanan dan minuman di para PKL ini. Para PKL menjajakan makanan dan minuman seperti sate taican, nasi goreng, es kelapa, dan lain-lain.

PKL di Trotoar Jalan Asia Afrika Senayan Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom


Sejumlah motor dan mobil terparkir di pinggir jalan. Ada tukang parkir yang mengatur di lokasi.

Seorang tukang parkir bernama Gunawan mengatakan, PKL berdagang di trotoar Jalan Asia Afrika tersebut sejak sore. PKL makin ramai saat malam sekitar pukul 21.00 WIB dan berjualan hingga jelang pagi.

"Kalau motor Rp 5.000 kalau mobil Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu, tergantung orangnya. Ada yang ngasih Rp 10 ribu ada yang ngasih Rp 15 ribu, tergantung rejeki," ujar Gunawan.

Baca juga: Ini Alasan Sandi Tolerir Keberadaan PKL di Trotoar Melawai

Keberadaan PKL di kawasan ring 1 Jakarta ini dikritik anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Wahyu Dewanto. Politisi Partai Hanura yang membidangi pembangunan ini berharap agar keberadaan PKL di trotoar segera ditertibkan.

"Contoh sekarang trotoar Jalan Asia Afrika, PKL makin menjamur bahkan terkesan dibiarkan memakai trotoar dan sangat merugikan pejalan kaki," kata Wahyu saat dihubungi wartawan, Kamis (1/3/2018).

Baca juga: Wali Kota: PKL di Trotoar Melawai Langgar Aturan, akan Direlokasi

Wahyu menyebut keberadaan PKL kerap menimbulkan kemacetan terutama saat weekend. Pembeli PKL berkerumun, parkir sembarangan sehingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

"Apa seperti ini mau dibiarkan? Sampai kapan? Apa ini ada diskresinya?" ujar Wahyu mempertanyakan.

Keberadaan PKL di trotoar Jakarta memang sedang ramai dikritisi, salah satunya di kawasan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. PKL di Jalan Aditiawarman I dan Jalan Sunan Ampel berjejer di trotoar menggunakan tenda-tenda membuat pejalan kaki kebanyakan melintas di badan jalan.

PKL di Trotoar Kawasan Melawai, Jakarta Selatan Foto: Agung Pambudhy


Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 Tentang Ketertiban Umum tegas menyatakan pelarangan berjualan di atas trotoar. Pasal 25 berbunyi 'setiap orang atau badan dilarang berdagang, berusaha di bagian jalan/trotoar, halte, jembatan penyeberangan, dan tempat umum di luar ketentuan yang telah ditetapkan'.  

Sumber :  https://news.detik.com/berita/d-3893406/begini-kondisi-pkl-di-trotoar-senayan-yang-dikritik-anggota-dprd-dki?_ga=2.192542893.603725180.1510539823-1950080568.1487817385

Skrg jamannya PKL menguasai trotoar jakarta , semoga banyak bermanfaat dan semakin menyejahterakan rakyat kecil emoticon-Kaskus Radio
0
10.5K
133
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan