billy2509Avatar border
TS
billy2509
Kuliah Pun Titip Absen, Mau Dibawa ke Mana Bangsa Ini?


emoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wow
Halo para agan & sista Kaskusers
Selamat Datang di Thread Saya
Pada thread kali ini, saya ingin berbagi opini saya tentang titip absen yang mungkin sering dilakukan mahasiswa di berbagai kampus.

Bruno: "Bro, titip absen dong, mager nih ke kampus"
Dodi: "Oke bro gampang itu"


Spoiler for titip-absen:

Fenomena titip absen tidak asing lagi bagi kita. Berdasarkan pengamatan saya, mungkin orang menganggap titip absen itu adalah hal yang biasa atau hal yang benar. Padahal, titip absen merupakan perilaku yang koruptif, salah satu bibit korupsi. Perlu kita ketahui bahwa korupsi bisa bermula dari hal yang paling kecil. Jika hal yg kecil tersebut terus dilakukan, tidak menutup kemungkinan ke depannya akan memunculkan dampak yang besar. Miris sekali jika ada orang yang sering meminta untuk di-absen-kan. Dari situlah, timbul di benak saya...

KULIAH PUN TITIP ABSEN, MAU DIBAWA KE MANA BANGSA INI ?

Spoiler for anti-korupsi:


Berbagai macam alasan digelontorkan untuk titip absen. Sebut saja, sakit, ada acara lain, susah bangun di pagi hari, dll. Tentu ada alasan yang masih bisa diterima dan tidak bisa diterima. Akan tetapi, dalam kondisi apapun, seorang mahasiswa yang berintegritas tidak boleh titip absen. Jika kita lagi sakit atau berhalangan untuk kuliah, kita bisa izin kepada dosen. Jika kita memang lagi malas atau susah bangun di pagi hari, kita harus rela tidak dinyatakan hadir.

Sebagai mahasiswa, integritas adalah salah satu elemen penting yang harus ditanamkan ke diri kita.Integritas adalah mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran. Maka dari itu, kejujuran harus dijunjung tinggi. Jika kita terus-terusan titip absen dan tidak jujur, bagaimana nanti kita ke depannya? Bagaimana sewaktu kita menjadi penjabat, PNS, atau kerja di perusahaan orang?

Memang kebiasaan kita titip absen belum berdampak saat ini. Akan tetapi, coba kita bayangkan 10 atau 20 tahun ke depan dimana kita sudah bekerja dan terjun ke masyarakat. Apa kita tidak merasa bersalah seandainya kita dipecat dari tempat kerja gara-gara melakukan praktik korupsi? Apa kita tidak merasa malu seandainya kita dikenakan rompi oranye dengan status sebagai pejabat negara gara-gara ketahuan korupsi? Mau dibawa ke mana bangsa ini?

Jadi, mulailah untuk membuka pikiran dan jangan melakukan hal-hal yang tidak benar apalagi membenarkan hal-hal yang salah. Bagi yang sering titip absen, bertobatlah dan berdiri di jalan yang benar.


Semoga thread ini bisa memberi sedikit pencerahan kepada para agan dan sista untuk terus menyuarakan larangan titip absen terutama untuk mahasiswa dan generasi muda.

Pamit dulu ye gan

emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller

Polling
Poll ini sudah ditutup. - 137 suara
Titip Absen?
Setuju
47%
Tidak Setuju
53%
Diubah oleh billy2509 16-02-2018 14:29
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
20.8K
206
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan