jerat.id
TS
jerat.id
10 Aneka Kopi, kamu pilih yang mana?!...
Hi Sobat Jelajah Kuliner Rakyat Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)

Saya yakin dari sekian banyak KasKuser yang mengaku mencintai dan penikmat KOPI, tapi begitu ditawari kopi ujung-ujungnya pesen kopi sachet dengan merek yang iklannya Mas Iwan Fals. Iyakan iyakan?!... emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Jika iya maka Anda semacam dengan saya emoticon-Big Grinemoticon-Peace

Terkadang saya sedikit banyak bohong agar terlihat keren dan dianggap sebagai WORKHOLIC dengan banyak minum kopi.
Yess!. karena mereka yang konsumsi kopi identik dengan pekerja keras.
Pertanyaannya apakah saya tipe pekerja keras?!.. jawabannya ndak juga karena terbukti saya masih sempet Ngaskus juga emoticon-Ngakak (S)

Biar keliatan keren dan agar kelihatan memahami seluk beluk kopi maka sesorean ini saya iseng searching-searching macam-macam kopi dari mbah GOOGLE, Ada yang sudah saya coba ada juga yang belum dan siap mencobanya jika ada yang ngajakin emoticon-Peace

Berikut 10 Aneka KOPI yang mungkin salah satu bahkan lebih juga termasuk pilihan dari Agan/Wati KASKUSER sekalian :

#1. Coffee Cortado


pict by google

Jenis espresso shot dengan sedikit susu hangat dengan rasio susu dan kopi antara satu banding satu atau satu banding dua. Susunya ditambahkan setelah espresso. Konon kata “Cortoda” berasal dari bahasa Spanyol yang artinya memotong.

#2. Coffee Ristretto


pict by google

Nama Ristretto berasal dari bahasa Italia yang memiliki arti “terbatas” atau “terlarang”. Serupa dengan Espresso tetapi menggunakan volume air yang keluar dari mesin penggiling kopi lebih sedikit. Kopi jenis ini lebih pekat dibandingkan Espresso.
Volume kopi yang dihasilkan dalam pembuatan Ristretto adalah sebanyak 0.5 hingga 0.75 ons dalam waktu 25 detik.
Walaupun waktu yang digunakan untuk membuat Ristretto sama dengan Espresso tetapi volume kopi yang dihasilkan untuk Ristretto hanyalah sebanyak setengah dari volume Espresso.

#3. Coffee Affogato


pict by google

Dalam bahasa Italia artinya tenggelam yaitu minuman penutup yang berbahan dasar kopi.
“Gaya Affogato” adalah gaya memberikan topping Espresso pada minuman atau hidangan penutup terdiri dari satu sendok es krim atau gelatto, seringkali, pembeli dilayani es krim dan Espresso di gelas yang terpisah, dan akan diaduk di meja agar mencegah es krim mencair sebelum dapat dikonsumsi.

#4. Coffee Macchiato


pict by google

Asal katanya berarti ternodai.
Merupakan Espresso yang dicampurkan dengan sedikit susu atau busa panas. Disajikan dengan sepertiga atau kurang dari setengah cangkir kecil. Kalau cangkirnya lebih besar namanya jadi Cappuccino.

#5. Coffee Mocha


pict by google

Yeps!. ini kopi yang cocok bagi pecinta coklat. Bahannya semacam Cappucino dengan tambahan coklat. Intinya Mocha adalah kopi Cokelat. Rasanya berbeda sesuai dengan kualitas cokelat yang dipakai. Bayangkan saja nikmatnya manis dan pahit cokelat dicampur rasa kopi. Saya yakin enak.

#6. Long Black Coffee


pict by google

Buatnya hanya dengan 1 shot espresso di atas secangkir air panas. Bau air yang terbakar dan juga espreso berwarna keoranyean itu membuat lidah yang akrab dengan kopi khas Indonesia cocok dengan jenis kopi ini.
Long Black yang artinya jenis kopi yang diminum pelan-pelan “Long” dan berwarna hitam “Black”.
Sebutan akrab kopi ini adalah Americano…… *menyebutkannya dengan cara ala orang spanyolaaaaaa

#7. Caffe Latte


pict by google

Caffe Latte mempunyai foam setinggi 10 mm dan disajikan dengan gelas. Minuman ini mengandung susu lebih banyak dibandingkan Cappucino. Perbedaan lainnya adalah foamnya, Caffe Latte tepat di bawah mulut gelas dibandingkan Cappuccino dimana foamnya seakan mau jatuh keluar.

#8. Cappuccino


pict by google

I Love this taste. Selalu disajikan dengan gelas mug dengan gumpalan susu foam yang menonjol lebuh tinggi dari gelas mugnya. Plus serbuk coklat diatasnya.

#9. Flat White Coffee


pict by google

Sama dengan Cappucino hanya tinggai foamnya hanya 5 mm. Rasa kopinya lebih lemah karena susu di secangkir fat white lebih banyak dibandingkan Cappucino.

#10. Espresso


pict by google

Holaaaa… ini yang paling yahud. Kopinya dengan warna oranye kecoklatan itu. Berasal dari italia dengan kental aroma dan rasa yang bikin geleng-geleng kepala. Pahitnya jangan ditanya tapi manis di lidah. Penyajiannya biasanya dalam cangkir super kecil. Harganya cukup mahal dibandingkan segelas kopi di warkop yang hanya 3 ribu rupiah. Tapi harganya seimbang dengan sensasinya.

Sekali lagi jangan anggap saya pintar ya.., saya cuma Google aja kok, baca dan menulisnya kembali.
Pokoknya saya suka kopi dan ingin berbagi. Tapi intinya saya lebih suka ngopi sambil ngobrol ngalor ngidul, atau sambil baca buku atau online bahkan sambil Ngaskus seperti saat ini jelang sore menyambut libur panjang yang akan datang esok lusa... emoticon-Beloemoticon-Wowcantik

Selamat menikmati Kopi mu. Selamat menikmati hari-hari mu.
Selamat. Iya selamat ngopi untuk semuanya...
emoticon-shakehand emoticon-coffee emoticon-shakehand
0
27.1K
170
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan