jerat.idAvatar border
TS
jerat.id
7 Kuliner ngeHits di Banyuwangi Yang Wajib Anda Coba
Selamat pagi, siang & malam Sobat Jelajah Kuliner Rakyat Indonesia
emoticon-shakehand emoticon-Shakehand2 emoticon-shakehand

Pada kesempatan kali ini Jelajah Kuliner Rakyat Indonesia hadir meramaikan jagad KASKUS untuk kembali berbagi informasi tentang aneka jenis Kuliner dan Jajanan Asli Nusantara, dan pada thread kali ini akan mengulas tentang 7 Kuliner ngeHits di Banyuwangi Yang Wajib Anda coba emoticon-thumbsup


Foto : Humas Pemkab Banyuwangi

Liburan dan kuliner menjadi kesatuan yang tidak dapat dipisahkan pastinya.
Nah.. bagi anda yang sedang atau berencana menikmati liburan di Banyuwangi, berikut rekomendasi 7 kuliner ngeHits di Banyuwangiyang patut dicoba dan dinikmati pada saat Anda menjelajahi indahnya pesona wisata kabupaten yang berada diujung pulau Jawa ini.


Foto : Humas Pemkab Banyuwangi
#1. SEGO TEMPONG
Sego (nasi) Tempong adalah nasi sambal dengan sayur rebus (sawi, daun singkong, terong, labu Siam atau bisa menyesuaikan dengan selera) dengan lauk pauk tahu, tempe, perkedel jagung dan tidak ketinggalan ikan asin.

Untuk rasa pedasnya bisa disesuaikan dengan selera, namun pada umumnya masyarakat Banyuwangi menyukai rasa pedas.

Rasa segar dan pedasnya Sego Tempong Banyuwangi dengan sego (nasi) hangat menjadikan ingin tetap makan lagi dan lagi. Sego tempong pas dinikmati malam hari tetapi beberapa warung juga menyediakan sego tempong sebagai menu makan siang.


Foto : Humas Pemkab Banyuwangi

#2. SEGO CAWUK
Berbeda dengan Sego Tempong yang mengedepankan rasa pedas, Sego Cawuk identik dengan rasa manis dan gurih.
Sego Cawuk ini cocok untuk sarapan pagi. Tidak susah untuk mencarinya di wilayah kota Banyuwangi.

Kuliner satu ini memadukan nasi dengan kuah parutan kelapa muda dicampur irisan jagung bakar muda serta irisan mentimun ditambah dengan lauk yang bervariasi sesuai selera, diantaranya pepes ikan, telor bumbu maupun ayam bumbu. Sebagian orang juga menyebut menu khas sarapan ini dengan nama Sego Janganan.


Foto : Humas Pemkab Banyuwangi

#3. PECEL PITIK
Makanan ini berbahan dasar Ayam yang masih muda, setelah dipotong lalu dibersihkan dan dipanggang secara utuh ditambah dengan parutan kelapa muda yang dicambur dengan aneka bumbu seperti cabai rawit, kemiri, terasi, daun jeruk, dan gula.

Cara makanya unik yaitu harus mengunakan tangan untuk memisahkan tulang ayam dari dagingnya lalu dicampur degan bumbu dan parutan kepala muda yang sudah disiapkan tadi.

Awalnya kuliner pecel pitik hanya muncul di acara-acara selamatan tetapi sekarang sudah cukup mudah ditemui warung makan di sekitaran Kota Banyuwangi. Yang membuat khas dari kuliner ini adalah parutan kelapa muda yang dibumbui lalu dicampur dengan potongan ayam kampung yang di suwir-suwir menggunakan tangan. Jika ada waktu bisa langsung datang ke Desa Kemiren Banyuwangi untuk menikmati pecel pitik khas Banyuwangi.


Foto : Humas Pemkab Banyuwangi
#4. PECEL RAWON
Makanan unik ini merupakan perpaduan antara menu Nasi dengan aneka sayur seperti kecambah, sawi hijau dengan sambal Pecel ditambah siraman kuah rawon daging sapi.Perpaduan kuah hitam rawon dengan sambal pecel menghasilkan rasa unik dan wajib buat dicoba. Jangan lupa dilengkapi dengan rempeyek.


Foto : Humas Pemkab Banyuwangi

#5. PINDANG KOYONG
Olahan menu ikan dengan kuah bumbu bening yang seger dan menggoyang lidah pastinya.

Sensasi pedas asam langsung terasa ketika mencicipi kuah pindang koyong. Bagi yang suka ikan, pindang koyong ini harus dicoba. Kuahnya bening dengan potongan belimbing sayur dan cabai rawit cocok dengan daging ikan yang lembut, apalagi jika sudah menemukan pindang koyong kepala ikan. Bisa dijamin, Anda tak akan berhenti makan sampai suapan terakhir.


Foto : Humas Pemkab Banyuwangi
#6. RUJAK SOTO
Makanan satu ini merupakan perpaduan dua bumbu atau jenis makanan yaitu bumbu rujak sayur dengan isian tahu, tempe, kangkung, kacang panjang dan bisa ditambah lontong dengan tambahan kuah soto jeroan sapi (babat). Kuliner yang satu ini sudah menjadi kuliner yang wajib diburu jika berkunjung ke Banyuwangi.

Mau pedas atau tidak tinggal pesan sesuai dengan selera. Jika masih lapar bisa tambahkan potongan lontong. Rujak soto ini cocok dinikmati sebagai makan siang. Jika tidak ada waktu untuk datang ke warung rujak soto, jangan khawatir karena kuliner yang satu ini sudah bisa dipesan melalui ojek online.


Foto : Humas Pemkab Banyuwangi

#7. AYAM PEDAS
Olahan ayam bumbu genap kuah santan dengan banyak cabe untuk rasa pedasnya.

Kuliner yang satu ini banyak ditemukan di wilayah Banyuwangi bagian selatan. Ayam pedas terdiri dari potongan ayam yang sudah dibakar lalu dicampur dengan kuah santan yang tidak begitu kental tapi pedasnya luar biasa.

Dalam satu porsi kadang dilengkapi dengan hati ayam dan telur ayam rebus. Rekomendasi jika makan ayam pedas adalah makan menggunakan sendok karena jika tidak terbiasa makan langsung menggunakan tangan akan terasa panas walaupun sudah dicuci berulang-ulang.

Demikian beberapa informasi 7 kuliner ngeHits yang wajib anda coba dan nikmati saat anda menikmati liburan di Banyuwangi.

AYO KE BANYUWANGI ANDA PASTI INGIN KEMBALIemoticon-Traveller

SUMBER :
FOTO : Humas PemKab Banyuwangi
Artikel : BWIadventure
Diubah oleh jerat.id 26-02-2018 10:40
0
19.7K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan