BronbayAvatar border
TS
Bronbay
Ga Hanya Dikenal Beringas, Inovasi ini Membuat Bangsa Viking Superior


Pernah nonton film-film tentang bangsa viking kan?! Apa yang agan sista bayangkan jika menyebut kata Viking?!
selalu dalam cerita perfilm-an bangsa viking digambarkan sebagai perampok barbar yang hidup untuk merampas, menjarah, dan membakar. Mereka adalah musuh tangguh dan ganas yang tanpa ampun bertarung di benua Eropa kala itu. Mereka tidak hanya menjarah dan membunuh korban, tapi juga merudapaksa dan memperbudak orang-orang yang selamat dari negeri yang diserang. Pasti itu yang terlintas dan tergambarkan tentang Bangsa Viking bukan..???!!

Tapi diluar sisi buruknya itu, bangsa Viking merupakan bangsa juga bisa melahirkan "insinyur dan inovasi" yang fenomenal. Sehingga Penemuan dan inovasi mereka memberikan keunggulan dalam pertempuran, perdagangan, dan usaha lainnya, dimana hal tersebut memungkinkan mereka untuk berlayar melintasi sungai,laut, dan samudra yang luas. Meskipun banyak keajaiban teknologi mereka terkait dengan pertempuran, beberapa penemuan dan inovasi juga dikembangkan dan berevolusi dalam bidang lainnya. Sama seperti kehebatan mereka dalam pertarungan, praktik bajak laut dan keberanian mereka, penemuan dan inovasi ini menunjukkan sisi lain dari karakter Skandinavia yang terlupakan atau terbengkalai.

berikut inovasi dan penemuan bangsa viking yang fenomenal

1. Tenda (Tent)
Tenda Viking polos, praktis, dan cemerlang. Bingkai tenda ditemukan di sebuah kapal Viking yang dikuburkan pada abad kesembilan di Gokstad di Sandar, Sandefjord, Vestfold, Norwegia. Sepasang sepasang balok disilangkan dipasang di masing-masing dua ujung platform kayu persegi. Kemudian, sebuah tiang dipasang diatas sepasang balok di dekat puncaknya. Selanjutnya, selembar kain persegi panjang dengan lebar selebar 5 meter (17 kaki) yang panjangnya 4 meter (14 kaki) terbungkus di atas tiang dan ujungnya diikat ke dua sisi platform lainnya. Dengan Tinggi 3 meter (11 kaki) tenda bisa dirangkai hanya dalam beberapa menit bahkan terdapat elemen dekoratif di empat sisi yaitu kepala naga yang diukir di bagian atas balok pendukung, dua di antaranya terlihat satu arah sementara 2 lainnya menatap ke arah yang berlawanan. dan sampai dengan hari ini banyak dari tenda-tenda outdoor memakai rancangan atau terinspirasi dari rancangan bangsa ini.

viking tent Model


2. Ski ala Barat
Bila sedang tidak berperang Bangsa Viking meluangkan waktu untuk bermain ski. Meskipun orang Rusia dan China mungkin telah menemukan ski sebelum orang Viking , tentara Norsemen memperkenalkan ski bergaya Barat. Kata "ski" berasal dari “ski” bahasa Norwegia Kuno. Sepanjang Abad Pertengahan, pemburu Skandinavia, petani, dan pejuang sering menggunakan ski. Di Norwegia, pasukan abad ke-18 berpartisipasi dalam pertandingan ski yang kompetitif. Pada 1700-an, tentara Swiss juga dilatih dan mengikuti kompetisi ski. Peristiwa ini terinspirasi oleh tradisi bermain Viking untuk tujuan rekreasi dan transportasi.




Penemuan benda Purbakala berupa Papan Ski yang diperkirakan berusia 1300 tahun di Taman Nasional Norwegian oleh seorang arkeolog Runar Hole.

3. Comb (sisir)
Sebagian besar penemuan dan inovasi Viking terkait dengan pembuatan kapal, berkemah, pertempuran, dan usaha praktis lainnya. Meskipun kegemaran mereka untuk melancarkan perang gerilya, tampaknya orang Viking begitu memperhatikan penampilannya. Ketika mereka berlayar mencari jarahan, mereka gemar membuat alat perapi rambut dari tanduk rusa. Menurut arkeolog Steve Ashby, sisir mereka terbuat dari bahan yang sama dengan alat khusus seperti pemoles dan gergaji. Bagi Bangsa Viking, penampilan merupakan aspek penting dari identitas mereka. "Mereka merawat dengan dandan dan sering membawa sisir dengan pedang dan pisau di ikat pinggang mereka". Ashby menjelaskan Setelah Penaklukan Norman di abad ke-11, pembuatan sisir mati suri di Inggris. Ini mungkin hasil dari UU Kehutanan, atau bahkan harga tanduk yang sangat mahal di negara tersebut. Tapi di Swedia sisir yang diimpor dari Norwegia terus dibeli dan digunakan.


cantik-cantik kan sisirnya.....

4. Keel
Keel adalah penyeimbang kapal yang berada di mulut depankapal. Selama abad kedelapan, penemuan Viking merevolusi pembuatan kapal dan pelayaran maritim. Dengan penemuan Keel ini Viking mampu membawa makanan, kayu, dan hewan sebagai muatan melintasi jarak 6.400 kilometer (4.000 mil) di Samudra Atlantik. Susah..ne ane jelasinnya gan...karena ane bukan ahli kapal-kapalan emoticon-Big Grin liat gambar langsung aja yach.....emoticon-Angkat Beer

nah...penemuan teknologi ini termasuk salah satu yang fenomenal dari bangsa viking. makanya bangsa viking juga dikenal sebagai penjelajah laut yang tangguh.

5. Longboat
Teknik perahu Bangsa Viking tak ada bandingannya di dunia pada abad pertengahan. Viking menikmati keuntungan dalam perang, perdagangan, dan eksplorasi berkat desain fleksibel dan tahan lama kapal mereka dan kemampuan pelaut mereka untuk berlayar dalam berbagai arah sesuai dengan angin. William Short, yang mengkhususkan diri dalam sejarah dan budaya Viking, menunjukkan bahwa draft kapal yang sangat dangkal memungkinkan mereka beroperasi di perairan dangkal. Jadi mereka bisa melakukan perjalanan ke sungai dan "mengejutkan orang-orang di tempat-tempat yang tidak diharapkan dilalui oleh kapal besar." Dari asal mereka di Skandinavia, Viking mampu melakukan perjalanan ke Vinland (Newfoundland), Rusia, dan Kekaisaran Bizantium (Turki). Tidak seperti kapal lain pada waktu itu, kapal Viking juga sangat fleksibel dan mampu bermanuver cepat.

Kurang lebih beginilah penampakannya gan sis...


6. Kompas magnet dan Kompas Matahari
Dengan menggunakan mineral magnetite (alias lodestone), yang melimpah di seluruh Skandinavia, Viking menemukan salah satu kompas magnetik pertama. Orang Cina adalah satu-satunya budaya lain yang telah menciptakan kompas semacam itu, bahkan mungkin lebih awal dari pada yang diciptakan oleh Viking. Hanya ketika orang-orang Eropa lainnya mulai berdagang dengan China, mereka memperoleh kompas magnetik dari orang Cina. Selama 500 tahun, orang Viking sendiri lebih awal menggunakan kompas magnet dibanding orang Eropa lainnya namun mereka menyembunyikan keberadaannya (merahasiakannya). Dengan menggunakan kompas, orang-orang Viking dapat berlayar melintasi Samudera Atlantik meskipun sesekali kabut tebal menghadang. Tidak ada orang Eropa atau pelaut abad pertengahan lainnya yang dapat menentukan garis bujur dengan baik namun orang-orang Viking mahir dalam perhitungan lintang. Mereka tahu bahwa Matahari menandai timur saat terbit dan barat saat matahari terbenam. Mereka juga mengerti bahwa, "pada siang hari, Matahari berada di selatan dan posisi Matahari pada tengah malam mengindikasikan utara." Pengetahuan ini memungkinkan mereka menggunakan kompas magnetik sebagai navigasi.
nah ni contoh kompas (sun compas)


GANBATEEE...SEMOGA BERMANFAAT BAGI KASKUSER emoticon-Angkat Beer

MY ANOTHER ATRCLE :
3 Olah Raga Ekstrim Kuno Cikal Bakal Olah Raga Modern NEW
4 (empat) Penemuan Fenomenal Yang Ternyata Diciptakan oleh Anak Remaja NEW
5 (LIMA) LOST CITIES YANG KINI MENJADI ICON WISATA POPULER NEW
JIKA TELINGA BISA BERBICARA NEW
Kisah Cinta Terlarang Yang Merubah Sejarah (a real inspirational story)
4 FAKTA KELIRU TENTANG SHAOLIN
4 ORANG ANEH YANG PERNAH MENGGEMPARKAN DUNIA SIRKUS
Selain Yahudi Kaum Ini juga diperlakukan kejam era Nazi Jerman
5 fakta Mencengangkan Sex Zaman Kuno!!
UNTOLD STORY BY PELAKOR (BASE ON TRUE STORY)
Top Secret!! 5 Fakta Pribadi Tentang Tokoh Sejarah Dunia yang Tidak diketahui
Jangan Asal Makan Aja!!! beberapa hal yang harus diketahui tentang jamur
WASPADA...!!! BONEKA SEX ANAK-ANAK DIJUAL ONLINE!!
Jika Robot ini Hadir, Berapa Banyak Pengangguran Muncul di Indonesia


Diubah oleh Bronbay 02-03-2018 09:10
0
33K
164
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan