primechiefAvatar border
TS
primechief
Apa itu Cryptojacking? Yuk Cekidot GanSis


Popularitas mata uang kripto semakin meroket semenjak beberapa tahun lalu hingga sekarang membuat banyak orang ingin mendapatkan secerca koin dari salah satu mata uang kripto. Salah satu cara untuk mendapatkan coin adalah melalui mining(menambang), namun resource yang digunakan untuk menambang tidaklah sedikit mengakibatkan orang memutar otak untuk mendapatkan resource lebih banyak, salah satu caranya adalah dengan Cryptojacking.


Apa itu CryptoJacking ?

Secara sederhana, Cryptojacking adalah sebuah aktivitas dimana sebuah situs atau hacker membajak resource seperti CPU dan GPU komputer korban untuk menambang mata uang kripto tanpa izin dari pemilik komputer. Aksi pembajakan ini biasanya akan hampir atau bahkan semua resource CPU dan GPU korbannya.



Selain itu Cryptojacking terbilang sangat "rapi" karena bekerja tanpa pemberitahuan, apalagi hal ini menggunakan Javascript yang notabene adalah komponen de-facto untuk hampir setiap website modern,dan menyasar situs-situs yang padat akan trafik. Ada banyak situs yang sudah menjadi korban Cryptojacking. Contohnya Politifact, PirateBay, bahkan situs resmi Christiano Ronaldo pun terkena imbasnya.



Bagaimana Cryptojacking bekerja?

Pada awal-awal kemunculan mata uang kripto, cryptojacking bekerja dengan menggunakan malware atau aplikasi berbahaya yang terinstall di komputer korban. Namun, sekarang hal ini dapat dilakukan cukup dengan menggunakan sedikit kode Javascript yang terembed di sebuah situs, pengguna bisa terkena dieksploitasi tanpa harus mengunduh atau mengklik apapun.

Sebagai gantinya, korban hanya perlu melakukan browsing di situs tersebut, jadi selama gansis tidak menutup browser atau masih ada tab yang merujuk ke situs tersebut, maka resource gansis akan tetap dikuras.

Ketika komputer berhasil di bajak resource-nya secara otomatis komputer akan masuk ke dalam pool yang lebih besar untuk menambang mata uang kripto bersama dengan komputer lain yang dibajak. Meskipun jumlahnya sedikit, tapi fokus dari Cryptojacking ini adalah jumlah, bayangkan 1 juta komputer terhubung dalam satu pool masing masing dengan resourcenya. Si hacker dapat resource gretongan emoticon-Big Grin

Hal utama yang dirasakan oleh korban adalah pengunaan CPU cycle dan GPU cycle yang konstan dan mendekati 100% atau bahkan full di 100%. Korban paling parah adalah pengguna smartphone dimana baterai mereka "dihisap" dengan cepat oleh teknik ilegal ini. Hacker juga mampu menyembunyika script jahat tersebut di balik iklan di setiap website yang mempunyai traffik yang padat.





Langkah pencegahan



Tips tips preventif untuk menangani cryptojacking yang bisa ane share adalah sebagai berikut:

1. Mematikan Javascript di browser anda, ini sangat efektif namun akan menurunkan kualitas pengalaman browsing agan dan sista di sini, bukan hanya menurunkan tapi SANGAT dan sangat berdampak pada tampilan situs yang agan kunjungi.

2. Gunakan program antivirus. Kebanyakan antivirus saat ini punya in-built protection untuk cryptojacking dan melakukan analisa dengan polanya sendiri. Ane sendiri pake ESET, dan sejauh ini sudah berhasil menghalau beragam situs yang ingin melakukan cryptojacking.

3. Pasang Adblock di browser. Kalau misalnya gansis nggak punya antivirus(linux user maybe? emoticon-Ngacir ), bisa menginstall di brokernya, untuk jenis merek adblocker-nya itu terserah agan dan sista karena hampir semua adblocker sudah menyediakan perlindungan dan list-list dari situs nakal tersebut.

4. Gunakan browser yang mendukung in-built protection terhadap script cryptojacking seperti Brave atau Opera atau Chrome atau Firefox, apabila browser gansis tidak mendukung proteksi terintegrasi, gansis bisa menginstall extension seperti NoCoin



Sampai sekarang, jutaan pengguna telah dikabarkan mengalami hal ini dan ribuan situs web telah terpengaruh oleh cryptojacking. Satu hal yang menarik bahwa sudah banyak situs yang diretas dan dipasangkan dengan script mining berbahaya ini namun di sisi lain, sejumlah besar situs web melakukannya dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan mereka.

Bagaimana menurut agan dan sista tentang cara baru nan ilegal ini untuk monetisasi mata uang kripto ini? Feel Free to Comment emoticon-Big Grin dan jangan lupa emoticon-Rate 5 Star , untuk yang sudah ISO boleh dong emoticon-Cendol Gan









Spoiler for Sumber:


Spoiler for List Thread Ane Lainnya:
Diubah oleh primechief 28-01-2018 17:17
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
156.1K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan