Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

caryancandaAvatar border
TS
caryancanda
Solusi Haid dan Masalah Wanita Lainnya dari Zaman ke Zaman
Solusi Haid dan Masalah Wanita Lainnya dari Zaman ke Zaman

Solusi Haid dan Masalah Wanita Lainnya dari Zaman ke Zaman

Hai semuanyaaa!emoticon-Hai

Dalam setiap waktu, masalah akan selalu ada untuk menempa seseorang menjadi lebih kuat dan lebih baik. Bagi kita, para wanita, sebuah masalah juga akan selalu ada apapun zamannya. Dan menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk menemukan solusi dari masalah tersebut.
Setidaknya ada masa di mana wanita memiliki masalah tertentu, namun tidak dimiliki wanita di masa lainnya. Masalah apa saja itu? Dan bagaimana mereka mengatasinya?

Zaman Pra Sejarah

Mari kita melihat ke masa yang sangat-sangat jauh. Sebuah masa di mana pensil alis belum diketemukan, dan masyarakat masih hidup berpindah-pindah mencari sumber daya baru. Pada masa ini wanita memiliki masalah yaitu sulit bergerak ketika masa haid.
Ya, wanita di zaman apapun pasti memiliki siklus bulanan ini. Namun yang menjadi unik adalah fakta bahwa di zaman pra sejarah, haid menyebabkan seorang wanita tidak dapat beraktivitas karena selain adanya rasa nyeri, darah kotor yang keluar juga seringkali menyebabkan masalah.

Beberapa masalah yang disebabkan oleh keluarnya darah kotor antara lain adalah:

- pandangan adanya roh jahat saat wanita mengeluarkan darah kotor
- kotornya daerah kewanitaan sehingga wanita menjadi mudah terserang penyakit

Untuk mengatasi masalah ini, pada zaman ini wanita yang mengalami haid diwajibkan untuk menjalani hal-hal berat seperti:

a. Mengasingkan diri ke hutan
b. Diam/ tidak beraktivitas apa-apa
c. Tidur di lantai tanah
d. Mandi lumpur
e. dan kebijakan-kebijakan lain yang dianggap dapat menangkal roh jahat saat haid.

Zaman Pertengahan

Pada zaman pertengahan, kebudayaan sedang mengalami masa-masa peralihan. Banyak kebudayaan dari zaman “kuno” dan kebudayaan baru (yang sebagian besar bertahan di era modern ini) berasimilasi. Pada zaman pertengahan, beberapa masalah yang kerap dihadapi para wanita di antaranya adalah:

- Diskriminasi sosial mengenai pekerjaan, pendidikan, dan hak-hak sosial
- Masalah kesehatan yang diakibatkan dari adanya masalah sanitasi

Ya, pada zaman pertengahan ini sanitasi atau kebersihan sangatlah buruk. Di Eropa, mandi merupakan budaya yang tidak lazim. Di berbagai belahan dunia lainnya, pes menjadi masalah kesehatan yang cukup serius.

Bagi para wanita, akses kesehatan semakin buruk karena WC adalah sesuatu yang sangatlah langka. Jikapun ada, kondisinya tidaklah lebih baik daripada kondisi sebuah tempat sampah. Tidak mengherankan jika wanita pada zaman ini kerap mengalami masalah seperti keputihan, bau badan, dan masalah-masalah lain yang jumlahnya tidak dapat dibayangkan.

Jika boleh disebut, zaman pertengahan adalah zaman yang lebih buruk daripada zaman lainnya, khususnya bagi para wanita.

Zaman Modern

Kondisi zaman modern tidak menjadikan wanita lepas dari berbagai masalah, terutama masalah kewanitaan. Padahal sejatinya, zaman modern ini sudah memberikan berbagai fasilitas bagi para wanita. Beberapa fasilitas tesebut antara lain:

- Akses pendidikan
- Akses jaminan kesehatan
- Akses sosial dan pekerjaan

Beberapa masalah kewanitaan di era modern di antaranya adalah:

- Masih adanya diskriminasi
- Masalah virus, bakteris, kuman, dan jamur yang semakin berbahaya dan mengancam kesehatan

Untuk masalah kesehatan sendiri, beberapa masalah kesehatan yang dialami wanita biasa disebabkan oleh banyak faktor seperti:

1. Pola makan yang buruk

Banyak sekali wanita sekarang ini memiliki pola makan yang buruk dan sembarangan. Entah itu terlalu banyak, ataupun kurang makan karena diet. Untuk itu, memperbaiki pola makan sangatlah perlu.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki pola makan antara lain mengatur jam makan, mengatur porsi makanan, dan mengatur diri agar tidak tergoda mencemil makanan di luar jam dan porsi makan.

2. Kuman, bakteri, virus, dan jamur

Dengan semakin tingginya kemajuan kedokteran, ternyata kuman, bakteri, virus dan jamurpun semakin berkembang dan kebal terhadap berbagai jenis obat ataupun produk kebersihan.

Kuman, bakteri, virus dan jamur ini bisa di basmi dengan mencuci bersih area kewanitaan kita dengan sabun khusus. Aku sendiri lebih memilih membersihkan dengan sabun sirih purbasari manjakani whitening. Karena kandungannya bisa menyeimbangkan pH pada area kewanitaan dan membasmi kuman, jamur, virus dan bakteri jahat.

Zaman berubah, waktu berjalan, kenali perubahannya pada diri kita, Ladies!
0
2.2K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan