komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Putrajaya “The Intelligence Garden City” di Malaysia
Menyambangi Malaysia belum lengkap rasanya jika belum melihat salah satu kotanya yang cantik dan juga dikenal dengan julukan “The Intelligence Garden City”.

Kota tersebut adalah Putrajaya. Putrajaya adalah pusat administrasi Malaysia yang baru, menggantikan Kuala Lumpur. Putrajaya terkenal dengan julukan “The Intelligence Garden City” karena suasananya yang hijau dan juga ramah lingkungan sehingga mampu membuat siapapun yang menyambangi Putrajaya akan merasa nyaman ketika berada di sana.

Kota ini berjarak sekitar 30 kilometer dari Kuala Lumpur. Wilayah Putrajaya menjadi wilayah persekutuan Malaysia yang ketiga (setelah Kuala Lumpur dan Labuan). Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera menyambangi Putrajaya?

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam melihat lebih dekat Putrajaya “The Intelligence Garden City” di Malaysia berikut ini.


Sekilas tentang Putrajaya

Putrajaya via Static Asia Web Direct

Tidak banyak orang mengetahui bahwa sejak tahun 1999, pusat administrasi pemerintah Malaysia telah dipindahkan ke Putrajaya. Sementara itu, pusat bisnis dan ekonomi Malaysia tetap berpusat di Kuala Lumpur.

Kota ini begitu cantik, indah dan futuristic. Malaysia sendiri memindahkan pusat pemerintahan ke kawasan Putrajaya karena Kuala Lumpur sudah terlalu macet dan padat.

Putrajaya merupakan sebuah kota yang indah dan sangat terencana. Kota ini memiliki arsitektur bangunan yang indah, jalanan yang tertata serta pemandangan yang indah. Tidak heran jika kota ini menggunakan slogan “The Intelligence Garden City”.

Tata kota Putrajaya memang telah direncanakan dengan sangat baik dan memperhatikan keseimbangan lingkungan. Di kota ini terdapat bangunan, taman, dan juga danau yang sangat indah dan tertata dengan baik.


Dari Kuala Lumpur Menuju Putrajaya

Menaiki KLIA Transit via Wikimedia

Untuk menyambangi Putrajaya, salah satu langkah yang dapat kamu lakukan adalah dengan menaiki KLIA Transit yang satu ini. Kamu dapat menaiki transportasi umum atau kereta dengan tujuan KL Sentral.

Biaya yang harus kamu keluarkan jika kamu menaiki KLIA Transit ini adalah sekitar 9.50 Ringgit. Lama waktu tempuh yang kamu butuhkan untuk mencapai Putrajaya dari Kuala Lumpur adalah sekitar 20 hingga 30 menit.

Biaya yang kamu keluarkan tersebut memang agak mahal namun sebanding dengan kenyamanan yang akan kamu dapatkan. Di dalam kereta ini, kamu dapat menikmati fasilitas full AC, wifi, serta suasana ruangan yang bersih. Kereta ini melaju dengan cukup cepat yaitu sekitar 130 kilometer/jam.

Selain menaiki KLIA Transit, kamu juga memiliki alternative lain dalam menentukan transportasi yang akan kamu gunakan untuk mencapai Putrajaya.

Kamu dapat menaiki transportasi umum yaitu Bus Sri Indah atau Rapid Bus nomor U42, U43 serta E1 dari kawasan Pasar Seni. Transportasi ini akan berhenti di Stasiun Putrajaya. Kamu dapat menentukan sendiri alternative transportasi mana yang akan kamu gunakan untuk mencapai Putrajaya.


Transportasi di Dalam Putrajaya

Putrajaya Sightseeing Tour via Castpel

Sesampainya di Putrajaya, kamu dapat menentukan sendiri jenis transportasi umum yang akan kamu gunakan selama berada di sana. Di Putrajaya Sentral, kamu dapat melihat papan peta kota Putrajaya beserta rute-rute bus umum yang tersedia di Putrajaya.

Penyediaan informasi memang disediakan dengan cara yang sangat baik sehingga memudahkan para pengunjung khususnya turis dalam mengetahui transportasi umum manakah yang akan digunakan.

Selain itu, jika kamu tiba di Putrajaya pada waktu masih siang, kamu dapat mencoba untuk menaiki Putrajaya Sightseeing Tour. Paket bus wisata ini ditawarkan kepada pengunjung setiap hari dengan dua kali jadwal keberangkatan, yaitu pada pukul 10.30 dan 14.30. Tetapi, sebelumnya kamu harus mengecek terlebih dahulu sebab kabarnya tour ini hanya tersedia pada hari Sabtu dan Minggu.

Biaya yang kamu keluarkan jika kamu ingin menaiki bus ini adalah sekitar 20 Ringgit Malaysia untuk dewasa dan 10 Ringgit Malaysia untuk anak-anak.

Objek-objek bangunan arsitektur menarik yang dapat kamu nikmati di dalam paket ini adalah Dataran Kemerdekaan Putrajaya, Heritage Square, Jembatan Putra, Jembatan Seri Perdana, Istana Darul Ehsan, Istana Keadilan, Istana Kebangsaan Melawati, Masjid Putra, Tugu Alaf Baru Millennium Monument yang berbentuk seperti roket, Perdana Leadership Foundation, Putrajaya Convention Centre, Putrajaya Landmark, Putrajaya Ministry of Finance, Putra Perdana, Seri Perdana, Taman Selatan, Taman Wetlands Putrajaya, Tasik Putra dan Wisma Putra.

Selain itu, ada alternative lainnya jika kamu ingin menaiki bus dan berkeliling di Putrajaya. Alternatif tersebut adalah menaiki bus Nadi Putra nomor L03 dan L04 yang memiliki jadwal keberangkatan 15 dan 9 menit sekali di platform 9 dan 10.


Bus 101 via Mudhitho

Sementara itu, untuk menyambangi kawasan Perdana Putra yang merupakan kantor Perdana Menteri Malaysia, kamu dapat memilih untuk menaiki bus dengan nomor rute 101.

Sistem pembayaran bus sendiri tergolong cukup menarik. Kamu dapat memasukkan uangnya terlebih dahulu. Setelah itu, sopir akan memverifikasi dan mencetak bukti pembayaran melalui mesin itu. Jika kamu tidak ingin rugi, maka sebaiknya kamu membayar dengan uang yang pas. Biaya yang kamu keluarkan adalah sekitar 0,5 sen atau sekitar 1500 rupiah.


Menyambangi Kawasan Perdana Putra

Perdana Putra via Bigblue

Untuk mengawali perjalanan wisatamu selama berada di Putrajaya, kamu dapat memulainya dengan menyambangi kawasan kompleks Perdana Putra yang satu ini. Kawasan ini merupakan kawasan pemerintahan terutama tempat perdana menteri Malaysia.

Konstruksi bangunan ini mulai dibangun pada tahun 1997 dan akhirnya selesai pada tahun 1999. Bangunan ini pertama kali ditempati pada tahun 1999 tepat setelah pusat pemerintahan Kuala Lumpur akhirnya dipindahkan ke kawasan Putrajaya.

Bangunan ini memiliki arsitektur yang terinspirasi dari arsitektur dengan gaya Malaysia, Islam dan juga Eropa. Bagian dari arsitektur Eropa yang menjadi inspirasi bangunan ini adalah arsitektur bergaya Neoklasikal.

Banyak wisatawan datang menyambangi tempat ini untuk berfoto persis di depannya karena memang bangunan ini sangat menarik untuk difoto. Selain itu, kamu juga dapat berjalan kaki untuk mencapai Masjid Putra yang terletak tidak begitu jauh dari kawasan bangunan ini.


Menyambangi Masjid Putra

Menyambangi Masjid Putra via Shughal

Selanjutnya, kamu dapat menyambangi destinasi wisata yang satu ini. Destinasi wisata ini adalah Masjid Putra yang terletak di kawasan Putrajaya.

Untuk mencapai Masjid Putra ini, kamu dapat berjalan kaki dari kawasan Perdana Putra tersebut. Hal ini dikarenakan Masjid Putra ini berlokasi tidak begitu jauh dan masih terletak di dalam satu kawasan dengan Perdana Putra.

Masjid ini dibangun sekitar tahun 1997 hingga 1999. Dan mulai beroperasi pada tahun 1999.

Masjid Putra ini dibangun untuk tempat beribadah bagi pegawai pemerintah, pegawai kantor perwakilan negara sahabat di Putrajaya, duta besar, korp diplomatic serta masyarakat yang tinggal di kawasan Putrajaya.

Masjid megah ini memang merupakan salah satu masjid yang dibuat oleh pemerintah Malaysia untuk Putrajaya. Masjid ini sangat indah sehingga masuk dalam kawasan bangunan yang indah yang berada di Putrajaya.

Masjid Putra diambil dari nama Mantan Perdana Menteri Malaysia pertama, Almarhum Tunku Abdul Rahman Putra Al Haj, merupakan salah satu bentuk penghormatan rakyat dan pemerintah Malaysia kepada beliau.

Sebelum memasuki Masjid Putrajaya, biasanya kamu yang tidak mengenakan hijab akan diberikan semacam jubah besar berwarna merah marun. Jubah ini persis seperti jubah Harry Potter. Peminjaman jubah ini sebagai bentuk penghormatan suci bagi para wisatawan yang ingin memasuki masjid agar menutupi aurat.

Nah, ketika menyambangi masjid ini, jika kamu merasa kelaparan kamu dapat mencoba untuk mencicipi kuliner yang terdapat di foodcourt masjid ini di bagian lantai dasar. Kamu dapat menikmati kuliner sambil melihat pemandangan indah berupa Danau Putrajaya yang merupakan danau buatan yang cantik.

Di foodcourt tersedia fasilitas wifi dan harga yang ditawarkan untuk kuliner yang dicicipi pun tergolong standar sehingga kamu akan merasa betah berlama-lama ketika menyambangi masjid yang satu ini.

Untuk melengkapi perjalanan wisatamu ketika menyambangi Putrajaya, jangan lupa sempatkan waktumu untuk melihat lebih dekat masjid dengan kubah berwarna merah muda yang satu ini.


Danau Putrajaya

Menyambangi Danau Putrajaya via Travel Detik

Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu sambangi ketika kamu berada di Putrajaya. Destinasi wisata ini adalah Danau Putrajaya yang merupakan danau buatan yang cantik di Putrajaya.

Danau Putrajaya merupakan danau yang terletak di pusat kota Putrajaya, Malaysia. Danau ini merupakan danau buatan yang memiliki luas mencapai sekitar 650 hektar.

Danau ini dirancang sebagai fasilitas pendingin kota. Selain itu, danau ini juga berfungsi sebagai fasilitas rekreasi, memancing, olahraga air, dan transportasi air.

Nah, untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama menyambangi Putrajaya, jangan lupa untuk menyempatkan waktu dengan menyambangi danau buatan cantik yang satu ini.


Jembatan Seri Perdana

Menyambangi Jembatan Seri Perdana via Malaysia Panduan Wisata

Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata di Putrajaya yang tentunya dapat kamu sambangi. Destinasi wisata ini adalah Jembatan Seri Perdana.

Dengan adanya danau seluas 650 hektar, berarti pemerintah juga harus menyiapkan jembatan untuk menjadi sarana penghubung danau tersebut. Nah, salah satu jembatan yang menarik perhatian tersebut adalah Jembatan Seri Perdana.

Jembatan ini memiliki panjang total 375 meter yang menghubungkan antara Precint 1 dengan Royal Palace dan kantor Perdana Menteri untuk Precint 8.

Jika kamu memiliki ketertarikan pada dunia arsitektur, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan waktu untuk melihat jembatan cantik yang satu ini.

Jembatan Seri Perdana merupakan jembatan yang paling sering digunakan oleh perdana menteri untuk pergi ke kantornya. Jembatan ini dibangun dengan gaya Moorish.

Nah, jika kamu menyempatkan diri untuk berjalan di atas jembatan ini, kamu tentunya dapat melihat berbagai pemandangan indah dari jembatan ini.

Beberapa destinasi wisata terkenal di Putrajaya yang dapat kamu lihat jika kamu berjalan di atas Jembatan Seri Perdana adalah Perdana Putra, Masjid Putra serta kediaman Perdana Menteri.

Di sepanjang jembatan ini, terdapat 8 paviliun untuk beristirahat sehingga hal ini akan mampu membuatmu maupun para pejalan kaki dapat merasa nyaman ketika berjalan kaki di atas jembatan yang satu ini.


Mengunjungi Dataran Putra

Mengunjungi Dataran Putra via Wikimapia

Masih terletak tidak begitu jauh dari kawasan ikon di Putrajaya, selanjutnya kamu dapat mencoba mengunjungi Dataran Putra. Dataran Putra sendiri terletak berdekatan dengan Masjid Putra dan juga Perdana Putra.

Dataran Putra ini biasanya digunakan pada saat menyambut Hari Kemerdekaan Malaysia. Dataran Putra ini seringpula dijadikan sebagai alun-alun Putrajaya.

Jika terdapat tamu dari negara sahabat, maka acara penyambutan juga sering dilaksanakan di Dataran Putra ini. Tempat ini terinspirasi dari adanya transisi antara lapangan dan juga tempat seremonial.

Di tempat ini, kamu dapat melihat elemen air, flower beds dan masih banyak lainnya. Tempat ini dibagi menjadi 11 segmen dengan menunjukkan bentuk layaknya sebuah bintang.

11 segmen bagian terluar menunjukkan jumlah negara bagian Malaysia pada waktu Malaysia pertama kali merdeka yaitu pada Agustus 1957. 13 segmen di dalamnya menunjukkan jumlah negara bagian Malaysia. Sementara itu, 14 bagian lainnya menunjukkan jumlah negara bagian di Malaysia termasuk dengan kawasan federal teritorialnya.

Sementara itu, bagian bulatnya menunjukkan tujuan utama dari kesatuan elemen yang terdapat di Dataran Putra ini.

Di sekitar Dataran Putra, terdapat tiang-tiang dengan bendera bergambarkan negara-negara bagian Malaysia. Nah, untuk melengkapi perjalanan wisatamu ketika menyambangi Putrajaya, jangan lupa sempatkan waktu untuk melihat destinasi wisata yang satu ini.


Mengunjungi Putrajaya Botanical Garden

Putrajaya Botanical Garden via Malaysia Travel

Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata lainnya yang dapat kamu sambangi selama kamu berada di Putrajaya. Destinasi wisata ini adalah Putrajaya Botanical Garden.

Kawasan ini menempati areal seluas 92 hektar dan merupakan kebun raya terbesar yang berada di Malaysia. Koleksinya sendiri cukup lengkap karena di tempat ini terdapat sekitar 700 tanaman yang berasal dari sedikitnya 90 negara dari kawasan Asia Pasifik hingga Afrika.

Tidak ada biaya masuk yang dikenakan jika kamu ingin memasuki Putrajaya Botanical Garden ini alias gratis. Nah, jika kamu ingin menyewa tram untuk mengelilingi kebun raya ini, biaya yang harus kamu keluarkan adalah sekitar 4 ringgit.

Kebun raya ini dibuka untuk umum dan setiap hari dari pukul 7 pagi hingga pukul 9 malam. Selain berwisata, kamu juga dapat mencicipi wisata kuliner di tempat ini yaitu di restoran Putrajaya Seafood.

Untuk mencapai tempat ini dari Putrajaya Sentral, kamu dapat menaiki bus Nadi Putra 900. Tetapi, untuk lebih meyakinkan, kamu dapat mencoba bertanya kepada pihak petugas loket dengan mengatakan tujuanmu adalah menuju ke Kebun Raya Putrajaya ini.

Kebun raya ini cukup bagus dan menarik untuk kamu kunjungi. Ya, untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama berada di The Intelligence Garden City ini, tentu akan lebih menyenangkan jika kamu melihat langsung seperti apa taman atau kebun raya yang terdapat di tempat ini.

Jika kamu ingin mengunjungi destinasi wisata yang satu ini, sebaiknya pastikan kamu menyambangi tempat ini pada waktu pagi hari. Atau, kamu juga bisa menyambanginya pada waktu sore hari. Hal ini agar kamu dapat merasa sejuk saat berkeliling di kebun raya ini sebab jika siang hari, cuaca dapat berubah menjadi sangat panas dan membuatmu tidak nyaman.


Nah, itulah dia pembahasan mengenai melihat lebih dekat Putrajaya “The Intelligence Garden City”. Tentu sebagai sebuah kota yang dirancang secara sedemikian apik, kota ini masih memiliki berbagai destinasi wisata lainnya yang menarik untuk kamu kunjungi.

Letaknya yang tidak begitu jauh dari Kuala Lumpur tentu dapat menggugah keinginanmu untuk bisa berwisata di kota ini. Untuk itu, sempatkanlah waktu untuk menyambangi kota cantik yang satu ini.

Happy traveling!


SUMBER
0
13K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan