abee.Avatar border
TS
abee.
Mesin motor agan cepet panas/overheat? Mungkin ini penyebabnya, Gan! (+ solusinya)


Halo Semuanyaaa!
emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2

Kali ini ane mau ngomongin tentang overheat pada motor!
Overheat atau panas berlebih ini sering terjadi pada mesin motor yang kita pake, Gan!
Udah tau kan, Gan? Mesin motor yang kita pake bekerja dengan prinsip perubahan energi dari energi panas menjadi energi gerak. Energi panas ini bakal tercipta karena adanya pembakaran kemudian panas yang dihasilin bakal diubah jadi energi gerak berupa putaran.



Proses pembakaran pada mesin ini dapat terjadi karena ada bahan bakar, itulah sebabnya mesin motor menggunakan bahan bakar bensin. Tanpa bensin, tidak ada pembakaran artinya tidak ada perubahan energi.

Dari proses perubaan energy diatas, kita jadi tau kan kalau mesin motor kalau kita pake pasti panas. Tapi, apakah overheat itu suatu yang wajar?

Gak wajar, Gan! Karena overheat itu mengarah pada kondisi komponen mesin yang punya temperatur diatas suhu kerja mesin. Artinya, panas mesin juga ada batasnya jadi kalo panas hasil pembakaran ditransfer ke komponen mesin secara berlebihan itu malah bakal menyebabkan peningkatan suhu pada komponen mesin secara berlebih yang kita sebut kondisi overheat.

Apa akibatnya kalo mesin mengalami overheat? Overheat ini bisa bikin mesin mati, suara mesin jadi berisik parah, sampe tenaga mesin yang berkurang. Terus, penyebab mesin motor overheat ini apa sih? Dan solusinya apa juga? Nah, cekidot, Gan!

emoticon-Request emoticon-Request emoticon-Request



1. Sirkulasi Oli Yang Kurang Baik

Fungsi oli bukan cuma buat melumasi komponen mesin, tapi juga biat mendinginkan, Gan. Oli ini bisa mendinginkan dengan menyerap panas mesin dan menyalurkannya ke seluruh komponen mesin. Kalo ada sumbatan didalam radiator maka sistem pendinginan mesin bakal terganggu. Pada oil cooler juga demikian, kalo ada sumbatan pada saluran oli otomatis penyerapan panas dan daya pelumasan komponen bakal terganggu. Nah, hal itu bikin komponen mesin gak terlumasi oli dan temperatur mesin bakal meningkat drastic yang akhirnya bikin mesin motor overheat.

Solusinya gimana?
Buat solusi masalah ini kita perlu membersihkan sumbatan saluran yang tersumbat lebih dulu, Gan. Biasanya sumbatan ini disebabkan oleh kerak, cara termudah yakni dengan memakai bantuan engine flush. Sebelum agan ganti oli, tuangin sebotol engine flush ke mesin lewat lubang pengisian oli, terus idupin mesin sekitar 15 menit, biasanya kerak bakal rontok terus lakukan penggantian oli mesin. Buat pemilihan oli mesin sendiri, karena motor ane matic, disaranin sama montirnya pake Eni Oil i-Ride 4T Matic. Kata montirnya Eni oil ini dulu namanya Agip. Waktu ane pake vespa dulu emang udah pake Agip sih, tapi sekarang baru tau ada yang buat matic. Pas dipake, tarikannya jadi lumayan enteng.



2. Sirkulasi Air Pendingin Yang Kurang Baik

Selain sirkulasi oli, sirkulasi air pendingin juga bisa jadi penyebab mesin motor jadi overheat, Gan. Skemanya juga mirip kayak penyebab sirkulasi oli, air pendingin yang harusnya penyerap panas mesin mengalami penyumbatan aliran.
Biasanya penyumbatan ini susah ketauan karena lokasinya didalam saluran, terus biasanya gak nunjukin tanda yang keliatan langsung. Tapi, kalo mesin ente tiba-tiba panas dan kecium bau sangit, coba deh pemeriksaan sistem pendingin motor ente, Gan.

Solusinya gimana?
Kalo udah gini kita kudu menguras air pendingin dan melakukan pembilasan sistem pendingin buat ngeluarkin semua kerak dan kotoran yang menyumbat saluran pendingin.



3. Kipas pendingin rusak

Ada beberapa motor yang menggunakan pendingin radiator dan dilengkapi coolung fan. Letak cooling fan ini ada dibelakang radiator dengan ukuran yang kecil dan digerakan oleh energi listrik. Kipas ini, bakal berputar hanya ketika suhu mesin mulai melebihi batas normalnya.
Kalo mesin baru diidupin kipas gak bakal menyala, kipas bakal nyala kalo mesin udah terasa panas. Tapi ketika mesin panas dan kipas gak muter, mesin bisa berpotensi overheat, Gan. Apalagi kalo mesin bekerja pada kondisi yang cukup berat.
Kenapa kipas gak nyala? Nah, kalo kipas gak nyala, biasanya ada dua kemungkinan, kipas mati atau rangkaian kipas yang terputus.

Solusinya gimana?
Buat masalah ini kita perlu melakukan pengecekan tahanan dari output ECM sampe input kipas, Gan. Sama lakukin juga pengukuran tahanan terminal pada terminal positif dan negatif.



4. Motor Membawa Beban Berat

Ketika motor bekerja cukup keras, contohnya sedang naik gunung, ini bisa bikin overheat mesin, Gan. Banyak mesin yang tiba-tiba ngebul dan mati mendadak. Ini bukan tanpa alasan, saat motor menanjak maka beban piston untuk bergerak naik turun akan semakin besar.
Hal itu membuat penurunan RPM mesin meski katup gas kita buka pada posisi yang sama. Ini membuat panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran mesin lebih banyak terlepas kearah blok mesin karena perubahan energi itu seolah terbebani.

Solusinya gimana?
Kalo kayak gini, jangan panic, Gan. Coba pinggirkan motor agan dan tunggu beberapa waktu hingga suhu mesin hangat. Kalo kayak gini, jangan di banjur air ya gan, kalo kita banjur air malah bikin logam komponen mesin retak karena perubahan suhu secara drastis.



5. Mesin Hidup Dalam Waktu Lama dan Posisi Jalanan Macet

Overheat bisa terjadi juga kalo kita touring keluar kota atau saat mudik, Gan. Kondisi lalu lintas yang macet ditambah jarak tempuh mencapai ratusan kilo membuat kinerja mesin jadi lebih ekstra.
Kalo pendinginan mesin berlangsung normal sebenarnya ini bukan masalah, tapi pendingin pada motor biasanya banyak memanfaatkan laju motor itu sendiri. Dengan kata lain semakin cepat laju sebuah motor maka pendinginannya bakal semakin baik.
Tapi kalao lalu lintas macet, gak mungkin untuk mempercepat laju kendaraan. Dan karena mesin terus hidup maka suhunya akan semakin meningkat, sehingga potensi overheat.

Solusinya gimana?
Mau gak mau kita perlu berhenti sejenak, Gan. Ini buat mendinginkan mesin secara alami sama supaya kita juga istirahat.



Nah, itu dia beberapa yang mungkin jadi penyebab mesin motor overheat, Gan!
Sekarang udah tau kan apa yang perlu dilakuin kalo mesin agan overheat? Ane sempet ngalamin juga mesin overheat, penyebabnya di nomer 1. Jadi, sekarang ane jadi rajin ganti oli deh. hehehe



Komentar Kaskuser


Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:




Diubah oleh abee. 20-12-2017 14:48
0
33.3K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan