ladahitam46Avatar border
TS
ladahitam46
Gempa 7,3 SR Guncang Pulau Jawa


VIVA – Gempa besar dengan magnitude 7,3 Skala Richter dikabarkan baru saja mengguncang Pulau Jawa. Lokasi gempa berada di laut Jawa Barat.
Berdasarkan informasi kegempaan yang dirilis Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui akun Twitter menyatakan, gempa terjadi pada pukul 23.47.57 WIB, Jumat malam, 15 Desember 2017. Pusat gempa berada di kedalaman 105 kilometer.



http://m.viva.co.id/berita/nasional/...medium=twitter

Ane lagi duduk di bangku sambil nonton TV berasa bangt selama 3 detik walaupun guncangannya kecil
=====================================
SUKABUMI, KOMPAS.com - Gempa kedua yang menggoncang selatan Jawa terasa lebih lama. Dua gempa di selatan Jawa terjadi berpusat di Sukabumi dan Tasikmalaya.

"Gempa yang kedua terasa besar dan cukup lama, kami pun berusaha keluar rumah. Namun yang pertama saya tidak merasakan, informasinya terasa di wilayah Jampang Tengah," ungkap Sulaeman (31) warga Kecamatan Cicurug kepada Kompas.com, Jumat malam.

Hal senada juga diakui Ilham Firdaus (42) warga Jalan Selabintana, Kecamatan Sukabumi yang merasakan gempa besar berlangsung cukup lama.

"Ya di Selabintana juga terasa goncangannya. Saya sempat keluar rumah, karena takut ada susulan," aku Ilham melalui pesan whats app.

Masyarakat Sukabumi, Jawa Barat, dikagetkan dua goncangan gempa yang dirasakan Jumat (15/12/2017) tengah malam. Pertama terjadi sekitar pukul 23:04 WIB dan kedua dirasakan besar terjadi sekitar pukul 23:47 WIB.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa pertama berkekuatan 4,3 skala richter (SR) dengan pusat gempa 7.29 Lintang Selatan 106.69 Bujur Timur berada di 48 kilometer barat daya Kota Sukabumi dengan kedalaman 50 kilometer.

Gempa kedua berkekuatan 7,3 SR pusat gempa pada 8.03 LS,108.04 BT di 43 Km barat daya Tasikmalaya dengan kedalaman 105 Km. Untuk gempa ini, BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami di Jawa Barat,Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

http://regional.kompas.com/read/2017...asa-lebih-lama
====================================
Sirene Tsunami Berbunyi, Warga Pangandaran Berlarian Selamatkan Diri

Bandung - Gempa yang mengguncang Tasikmalaya dengan kekuatan 6,9 SR membuat sirene early warning system di Pangandaran berbunyi. Seluruh warga di pesisir pantai pun berlarian menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi.

"Saya kebetulan di Jakarta, sedang ada rekarnas partai. Tapi saya sudah mendapat laporan kalau warga Pangandaran yang berada di sepanjang pesisir pantai semua menyelamatkan diri ke tempat tinggi," ujar Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/12/2017).

Menurutnya, warga menuju desa yang berada di ketinggian, yaitu Desa Purbahayu dan Pageurgunung.

"Mereka langsung berlarian menyelamatkan diri saat sirene early warning system berbunyi," kata Jeje.

Jeje mengaku saat ini masih mencari informasi terbaru. "Soal kerusakan bangunan, belum ada laporan. Saya sudah minta aparat kewilayahan terus memberikan laporan," katanya.

Begitu juga soal ancaman tsunami, ia mengaku belum mendapat laporan kondisi ketinggian ombak saat ini.

Jeje menyatakan akan terus memantau perkembangan. Apabila kondisinya parah, ia akan segera pulang ke Pangandaran. "Ini saya sudah siap-siap jikalau dampaknya parah," katanya.

Sebelumnya, BMKG melaporkan gempa berkekuatan 6,9 skala Richter terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat. Lokasi gempa berada di 7,75 LS dan 108,11 BT dengan posisi 11 km arah barat daya dari Tasikmalaya. Pusat gempa berada di kedalaman 107 km. (err/rvk)

https://m.detik.com/news/berita/d-37...ntent=detikcom
====================================











GEMPA SUSULAN



SEMOGA GA BEREFEK KE GUNUNG GALUNGGUNG
Diubah oleh ladahitam46 15-12-2017 18:44
0
69.4K
928
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan