bedaksalicylAvatar border
TS
bedaksalicyl
Fenomena Lebah Ganteng si pembuat Subtitle Bahasa Indonesia Untuk Film Hasil Download


Selamat siang agan dan sista semuanya.

Kali ini ane mau sedikit bercerita tentang Lebah Ganteng, itu tuh pembuat subtitle bahasa indonesia yang tenar di Subscenedan bermarkas di Forum IDFL. Ane sendiri adalah salah satu pengagum dari agan Lebah Ganteng ini, sedikit cerita katanya doi adalah orang Surabaya dan sedang menempuh pendidikan S2.

Bagi agan dan sista yang suka nge download film lewat internet, pasti tidak lupa juga akan langsung mencari subtitle bahasa indonesia, agar film tersebut lebih nyaman ditonton dan lebih dimengerti, nah Lebah Ganteng ini adalah salah satu legenda didalam pembuatan subtitle berbahasa Indonesia, hanya saja untuk sekarang ini doi tampaknya udah jarang membuat subtitle, masih ada sih, cuma tidak seaktif dulu.

Sebetulnya di Subscene dan Forum IDFL sendiri sangat banyak sekali para pembuat subtitle, tidak hanya agan Lebah Ganteng saja, tapi karena agan Lebah ini seringnya membuat Film Hollywood maka dari itu doi lah yang paling terkenal, yang ane tau ada banyak pembuat subtitle berbahasa indonesia yang bermarkas di Forum IDFL, sebut saja namanya Ackiel Khan, doi aktif didalam membuat subtitle bahasa Indonesia untuk Film India. atau ada juga Kakek Salto, agan ini sama seperti Lebah Ganteng lebih banyak membuat subtilte untuk film Hollywood.

Selain nama tenar seperti Lebah Ganteng, Ackiel Khan dan Kakek Salto, ane juga tau ada beberapa pembuat subtitle bahasa Indonesia lainnya yang tidak kalah tenar, dan masih bermarkas di Forum IDFL, nama-nama itu antara lain BACK IDs, faridusman, mumetndase, Fathur IDFL, Abhimanyu, xoartharegina, Baalth dan lain-lain.

Ane yakin kok buat agan dan sista yang suka nonton Film melalui Streaming atau Download pasti tidak akan asing mendengar nama-nama itu. Ane sempat penasaran dan mencoba menelusuri kenapa sih mereka ini mau susah susah membuat subtitle? Apakah mereka mendapatkan penghasilan dari membuat subtitle tersebut?

Setelah ane cari sana sini, akhirnya ane nemu Account Facebook salah satu pengurus Forum IDFL bernama Erix Putra. Karena ane pengen cari tau soal para pembuat subtitle akhirnya ane coba nanya ke doi melalui PM di Facebook, lama bener jawabnya, setelah 2 hari baru dijawab, tapi untunglah dijawab dan dia minta maaf karena memang katanya jarang memeriksa PM.

Lalu ane mulai deh tanya2 ke agan Erix Putra. Seperti ini kira-kira pertanyaannya.

Hai Agan Erix, pengen nanya nih, sebetulnya para pembuat subtitle ini apakah mendapatkan Profit dari hasil karya mereka?
Ga ada yang dapat profit om, mereka berkarya karena berdasarkan hobi saja, tapi memang terkadang ada tawaran untuk membuat subtitle berbayar, tapi itupun tidak besar kok. atau dari titipan Link Promosi biasanya.

Subtitle Berbayar Itu Yang Seperti Apa Gan?
Jadi begini, misalnya ada sebuah film, tapi belum ada subtitle indonesia, yang ada hanya English Subtitle saja, biasanya mereka berani membayar para IDFL Subscrew (sebutan untuk para pembuat subtitle) dengan harga tertentu, tidak mahal kok, tidak pernah lebih dari 1 juta untuk per subtitlenya.

Lalu maksudnya titipan link promosi itu apa gan?
Terkadang suka ada sponsor yang ikut menitipkan Link atau nama website mereka ditengah-tengah subtitle, itu maksudnya om, jumlahnya juga tidak besar kok, dan maaf saya tidak bisa menyebutkan berapa-berapanya, karena setiap pembuat subtitle memang berbeda-beda soal menarifkan harga untuk sponsor ini.

Apakah subtitle buatan tim Forum IDFL ini pernah dipakai secara profesional oleh TV atau Bioskop?
Pernah dan Sering

Bayar gak tuh gan?
tidak

Loh kenapa? Dicuri dan copy gitu sama mereka?
something like that

Saya pernah liat subtitle bahasa indonesia nya dipakai oleh Blog Streaming, apakah itu ada izin?
Tidak ada

Jadi mereka ngambil tanpa permisi gitu?
begitulah

Gak marah tuh gan?
Awalnya sih iya, tapi makin kesini kita juga sadar kok, apapun yang di share di Internet, artinya adalah konsumsi publik, terlepas itu untuk kepentingan pribadi atau untuk kepentingan bisnis semata, ya sudahlah.

Nah itu sekilas obrolan ane dengan salah satu pengurus Forum IDFL, sebetulnya panjang sih, cuma sebelum saya posting disini saya permisi dulu dan doi meminta ada hal-hal yang tidak dibeberkan ditempat umum, semua demi kenyamanan para pembuat subtitle juga.

Ane cuma berharap mudah2an para pembuat subtitle ini terus berkarya, demi nyamannya nonton film terutama untuk orang yang bego berbahasa inggirs seperti ane, subtitle bahasa indonesia tersebut sangat membantu sekali.

maaf klo bikin threadnya berantakan, maklum cuma seseorang yang pengen menulis tanpa tahu etika menulis yang baik, heheheh

Salam


0
52.5K
219
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan