travelaround
TS
travelaround
5 Spot Wisata Tersembunyi di Jakarta, Udah Pernah ke Sini Gan?
“Abis ini lo mau jalan-jalan ke mana lagi?”
“Ah kayaknya gue mau jelajah Jakarta aja deh, biar hemat”
“Lah emang ada apaan aja di Jakarta?”


emoticon-Bingung

Wah wah wah, buat agan sista yang masih mikir kalo jalan-jalan plesiran kudu ke luar kota, harus baca thread ane sampe habis nih. Ane juga nggak bisa nyalahin sih kalo di Jakarta itu terkesan minim tempat wisata mungkin karena kurangnya promosi dan kita yang malas mencari tau. Ya palingan Monas, Museum Fatahillah, Ragunan dan tempat mainstream lainnya.


Foto: Twitter/@agassiadam_

Quote:



Foto: jakarta-tourism.go.id

Ngomong-ngomong tentang tempat wisata, ini dia beberapa spot wisata tersembunyi di Jakarta yang bisa jadi agan baru tau dan harus masuk daftar yang harus agan kunjungi di weekend ini.

Pelabuhan Sunda Kelapa


Foto: Klikhotel

Namanya kota pelabuhan, pastinya ada pelabuhan dong. Ternyata, Pelabuhan Sunda Kelapa ini adalah salah satu pelabuhan tertua di Indonesia yang udah ada sejak abad ke-5 dan berada di wilayah Kerajaan Tarumanegara. Di pelabuhan ini, agan bisa naik kapal kecil buat sampai ke ujung luar pelabuhan dan melihat kampung nelayan. Serasa lagi nggak di Jakarta gansist.

Gedung OLVEH


Foto: tripadvisor.co.uk

Mau ngerasain kayak apa rasanya gedung peninggalan Belanda? Ini dia gedung OLVEH (Onderlinge Verzekeringsmaatschappij Eigen Hulp) yang merupakan bekas kantor perusahaan asuransi zaman Hindia Belanda yang dibangun di tahun 1921. Gedung ini memang kurang terkenal dibanding bangunan di sekitarnya, meski lokasinya berada di selatan Stasiun Jakarta Kota. Kalau berkesempatan jelajah Kota Tua, Gedung OLVEH harus masuk jadi tempat yang harus agan datangi.

Gereja Santa Maria de Fatima


Foto: Mapio.net

Selain Gereja Katedral yang terkenal, ternyata ada Gereja Santa Maria de Fatima yang merupakan bangunan gereja tertua di Jakarta karena sudah ada di abad ke-19. Namun, baru digunakan sebagai gereja di tahun 1950-an. Gereja ini juga dikenal dengan nama Gereja Toasebio dan berlokasi di Glodok, Jakarta Barat. Arsitektur gereja ini khas Fukien (Tiongkok Selatan) dan bahkan ada 2 patung singa di bagian depannya.

Rumah Mayor - Candra Naya


Foto: jakarta.panduanwisata.id

Masih di kawasan Jakarta Barat, ada Gedung Candra Naya atau yang sering disebut Rumah Mayor. Ternyata bangunan kuno ini dulunya adalah milik mayor Batavia, Khouw Kim An, yang didirikan pada musim gugur tahun kelinci api yakni antara tahun 1807 atau 1867. Meski lokasinya di Jalan Gajah mada yang banyak gedung-gedung modern, Rumah Mayor yang bergaya Cina kuno ini masih terus bertahan.

Masjid Cut Meutia


Foto: Panoramio

Buat agan yang sering lewat daerah Menteng-Cikini, pasti sering ya lewat Masjid Cut Meutia yang punya arsitektur khas Belanda dan dipadu dengan kaligrafi Islam. Sebelum jadi masjid, bangunan ini dulnya adalah kantor perusahaan pengembang milik Belanda dan pernah juga menjadi kantor pos milik Belanda, kantor Jawatan Kereta Api Belanda, dan Kantor Angkatan Laut Jepang. Sebelum jadi masjid, gedung ini hampir dirobohkan sampai akhirnya diresmikan jadi masjid di tahun 1987. Hampir semua bagian gedung dibiarkan kayak aslinya, makanya arah kiblat di masjid ini agak menyerong ke kanan karena nggak searah kiblat.


Foto: Learn Tourism

Ternyata masih banyak juga ya tempat wisata di kota kita sendiri yang belum kita kunjungi. Coba deh agan inget-inget lagi, apa ya tempat wisata yang ada di kota tempat tinggal agan tapi belum pernah agan datangi.

emoticon-Traveller

Mulai eksplor dari sekeliling kita dan temukan cerita menarik dari tiap perjalanan agan. Ingat gan, perjalanan yang bermakna itu nggak hanya didapat dari perjalanan jauh. Temukan sesuatu yang baru dalam cerita perjalanan agan dan ceritakan ke seluruh dunia lewat #ReinventMyStoryID Challenge yang diadakan oleh HP Indonesia!

Hanya dengan upload foto di Instagram agan plus caption semenarik dan sekreatif mungkin tentang cerita agan dalam mengeksplor tempat-tempat yang belum pernah agan kunjungi. Jangan lupa untuk cantumkan hashtag #ReinventMyStoryID dan tag HP Indonesia ya Gan.

So, what are you waiting for? Yuk temukan makna baru dari tiap cerita agan!

emoticon-I Love Kaskus

“Make your life a story worth telling”
-Adam Braun
0
25.7K
76
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan