c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Beberapa Matic Premium Di Atas 400cc


Salam c4punk gan kali ini kita kembali membahas info tentang otomotif, khususnya kendaraan roda dua jenis matic namun ber cc besar, diatas 400cc.

Jenis matic apa saja yang dikeluarkan oleh pabrikan roda dua di dunia apakah jenis matic ini ada yang di jual di Indonesia, yuk kita sama2 lihat info yang menarik ini.


SYM Maxsym 600i



SYM sendiri merupakan perusahaan otomotif asal Taiwan yang notabennya merupakan pabrikan baru di Indonesia. PT Sanyang Industri Indonesia (SII) selaku distributor motor SYM percaya diri kalau motor yang mereka pasarkan mampu bersaing melawan skuter sekelasnya yang berada di segmen premium. Bermodalkan skuter bertenaga 600cc, bisa dipastikan animo masyarakat Indonesia akan sangat besar, sehingga motor yang mereka pasarkan mampu mengalahkan Piaggio ataupun Peugeot yang sama-sama bermain di segmen premium.

SYM Maxsym 600i terlihat semakin stylish. Kemudian pada bagian belakang, sudah ada sandaran yang berpadu dengan jok berbalut material kulit. Di bawah jok tersebut, sudah ada ruang bagasi yang mampu menyimpan dua buah helm half face secara bersamaan. Selain itu, tersedia pula tangki bahan bakar yang mampu menyimpan BBM sebanyak 15 Liter.

Walaupun memiliki mesin bertenaga yang mampu mengeluarkan power maksimum mencapai 41.2 Horsepower pada putaran 6.500 rpm, dan torsi puncah mencapai 43.3 Nm pada 5.500 rpm, namun motor ini tetap memiliki konsumsi bahan bakar sangat irit, karena hanya membutuhkan satu liter bensin untuk menempuh jarak 40 sampai 45 Km. Kelebihan tersebut tak lepas dari pemakaian teknologi electronic fuel-injection system yang didalamnya sudah ada 12 sensor.

Lebih hebatnya lagi, SYM Maxsym 600i dilengkapi sistem pengeremana Anti Brake Lock System (ABS) yang dipadukan dengan rem cakram berdiameter 275 mm. Kemudian pada bagian suspensi, sudah suspensi teleskopik yang menghiasi sisi depan, dan suspensi monoshock dengan swing arm pada bagian belakang. Berbagai fitur canggih yang ada didalamnya, wajar apabila membuat harga SYM Maxsym 600i menjadi sangat mahal. Pasalnya menurut otomania.com, skutik ini dipasarkan dengan harga Rp 141.800.000 on the road Jakarta.



BMW C 650 GT



BMW C 650 GT mengusung model rangka yang sama dengan milik BMW C 650 Sport yakni Steel tube construction with alumunium die cast unit. Rangkanya kuat, kokoh serta lentur mampu memberikan handling serta riding yang menyenangkan. Matic ini masih mampu tampil stabil dan mulus meski dipacu dalam kecepatan yang relatif tinggi.

Kaki depan maupun kaki belakang BMW C 650 GT terkesan padat. Hal ini tak lepas dari penggunaan komponen nomer wahid di matic ini. Seperti suspensi depan mengusung suspensi tipe Upside Down 40 mm. Suspensi yang mana banyak digunakan di jajaran motor besar atau kita kenal moge. Suspensi yang kuat dan nyaman tentunya.


Menengok ke bagian belakang, BMW C 650 GT menggunakan suspensi belakang monshock dengan posisi horizontal. Kalau untuk matic ini bisa dilihat meskipun memang agak tertutupi dengan baik. Suspensi nya nyaman dan kemungkinan juga bisa diseting sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan dari rider. Swingarm nya keren pakai model 1 sisi dan letaknya di sebelah kiri.

Pelek 15 inci yang digunakan skuter matic BMW ini dibungkus dengan menggunakan tubeless ukuran 120/70 ZR 15 untuk area depan dan 160/60 ZR 15 untuk area yang belakang. Persenjataan motor BMW C 650 GT ini termasuk lengkap. Maxi premium BMW ini memiliki rem cakram ganda 2 kaliper piston 270 mm di depan dan cakram tunggal 2 kaliper piston 270 mm di belakang.

Beralih kesektor dapur pacu, BMW C 650 GT dengan tampilannya yang ekslusif serta menawan ternyata matic ini memiliki performa yang tak bisa diremehkan. Lihat saja, motor matic besutan BMW ini mengusung mesin 2 silinder berkapasitas 647 cc. Mesinnya memiliki ukuran bore dan stroke masing masing 79 mm x 66 mm. Menandakan mesinnya overbore dan memang tenaganya tinggi.

Rasio kompresinya 11,6 : 1 dengan menggunakan management mesin berupa BMS-E digital engine management. Tendangan power motor matic BMW C 650 GT mampu mencapai 44 kW ( 60 HP ) / 7,500 rpm dengan torsi maksimum sampai 66 Nm / 6000 rpm. Motor ini menggunakan CVT gearbox untuk bergerak.

Di indonesia PT Maxindo Moto menjual BMW C 650 GT dengan 3 pilihan warna yang menarik. Diantaranya adalah Fronze Bronze Metallic, Black Strom Metallic dan terakhir Light White. Ketiganya sangat keren dan juga menarik saat dilihat. Harga BMW C 650 GT sendiri dibanderol cukup mahal di indonesia.

Lalu harga yang ditawarkan karena ini merupakan CBU dan produksi eropa BMW C 650 GT sekitaran Rp.509.000.000 ( Off the Road Jakarta ).


Yamaha T Max



Yamaha pun tak mau ketinggalan, TMAX memang memiliki ukuran tubuh yang cenderung bongsor. Panjang tubuhnya mencapai 2200 mm, lebarnya 775 mm dan memiliki tinggi 1420 mm sampai 1475 mm ( windshield yang bisa disesuaikan ). Tinggi tempat duduk maxi scooter ini sampai 800 mm. Terbilang tinggi juga. Tapi ini wajar saja karena motor ini tiu motor global dan memiliki standar postur tubuh orang luar negeri yang tinggi.

Yamaha TMAX di bawa masuk ke tanah air oleh PT Yamaha Motor Manufacturing selaku ATPM resmi. Yamaha Motor Indonesia memasukkan motor maxi scooter ini dalam kelompok motor CBU, bersama dengan motor CBU Yamaha lainnya seperti Yamaha MT 09, MT 09 Tracer, Yamaha Grand Filano, Yamaha R1 dan Yamaha R6. Kenapa CBU? ya karena memang motor ini di impor secara utuh ke indonesia.
Skuter matic ini sendiri dengan mesin 2 silindernya di atas kertas mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 34.2 kW di putaran 6.750 rpm sedangkan torsi maksumalnya mencapai 52,3 Nm di putaran 5.250 rpm. Dengan mengandalkan sistem transmisi V belt otomatis, top speed Yamaha TMAX sendiri mencapai sekitar 187 km/jam. Hal ini wajar juga sih sobat mengingat TMAX lahir dengan menggabungkan kenyamanan dan kecepatan.

Maxi scooter ini menggunakan teknologi Fuel Injection di dalam mesin 2 silinder nya. Untuk konsumsi bahan bakar cenderung efisien untuk motor sekelasnya. Konsumsi BBM Yamaha TMAX 530 sekitar 5 liter per 100 km. Atau sekitar 20 km/liter. Untuk menyalakan mesin, motor ini menggunakan elektrik starter.

Untuk harga pun lumayan bersaing dengan matic sejenis sekitaran Rp.220.000.000 OTR Jakarta.


Honda NM4 Vultus



Inovasi tiada henti dilakukan oleh honda, dalam jajaran motor besar miliknya, ternyata Honda memiliki satu buah koleksi motor sport dengan sistem pengoprasian automatic manual atau bahasa kerennya DCT dengan nama Honda NM4 Vultus. Motor ini merupakan salah satu koleksi honda yang banyak di idam-idamkan oleh kebanyakan orang.

Bukan hanya gahar dalam bentuk tampilan, tetapi juga Honda NM4 Vultus Gahar dalam dapur pacu yang dimilikinya. Di perkuat adanya mesin tipe 4 langkah, 8 katup, di suguhkan dalam dua silinder pararel, yang di jalankan pada teknologi SOHC berpendingin Liquid, dengan kubikasi mesin sebesar 745 cc. Honda NM4 Vultus dapat menghasilkan power maksimum hingga 40.3 kW pada putaran mesin 6250 rpm, sedangkan untuk torsinya meraih angka 68 Nm pada setiap 4750 rpm.

Sebagai salah satu unit motor CBU, dirinya sudah bisa di pastikan memiliki tingkat keamanan international. Hal itu bisa sobat temukan pada bagian kunci kontak yang dilengkapi dengan teknologi HISS (Honda Ignition Security System), yang mana seperti sistem kemanan pada mobil, menjadikan honda NM4 Vultus hanya bisa di nyalakan oleh kunci kontak asli yang di bawakan sewaktu sobat membeli moge satu ini. Teknologi canggih tersebut menunjukan, bahwa sangat pantas jika Harga Honda NM4 VUltus di banderol mahal di pasaran karena fitur yang dimiliki olehnya.



Harga Honda NM4 Vultus yang mahal juga memberikan efek posistif pada sistem pengereman yang di bawanya, bagian ini oleh honda di lengkapi teknologi ABS 2-channel, yang di padu padankan besama rem cakram hidrolik 2 kaliper piston berukuran 320 mm di bagian depan, dan pada bagian belakang menganut rem cakram hidrolik berukuran 240 mm single kaliper, dimana dengan adanya semua itu, sobat otomotif selaku pengguna bisa melakukan pengereman lebih maksimal meskipun berada pada posisi kecepatan tinggi.

Untuk harganya sendiri masih dibawah BMW sekitaran Rp 430.000.000 OTR Jakarta.


New Suzuki Brugman Executive 650



Suzuki Burgman 650 Executive akan didukung mesin Intercooler 638 cc DOHC dipadu Suzuki Fuel Injection yang dikimpoikan dengan transmisi Continuously Variable otomatis. Sementara pengaturan power dapat dioperasikan dengan tombol di stang.

Suzuki Burgman terbaru ini memiliki panjang 2.265 mm, lebar 810 mm lebar dan jarak sumbu roda 1.585 mm. Ground clearance motor 25 mm dengan berat 278 kg. Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 15 liter yang sangat mensuport demi kebutuhan perjalanan jauh.



Untuk saat ini belum diketahui secara pasti harganya rencana di keluarkan tahun ini di 2017.

Mungkin itu saja beberapa matic dengan cc besar yang dibeli dengan cara import ( CBU ) adakah sobat kaskus yang tertarik untuk meminangnya.

Ahhh...kalau saya hanya punya keinginan daripada menghayal mending tak sruuppuuttt kopi dolo.



Referensi berbagai sumber otomotif.



Diubah oleh c4punk1950... 01-11-2017 12:29
0
35.4K
171
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan