ngotabetuAvatar border
TS
ngotabetu
Cagub Sumsel, Dodi Reza Alex Meniti Karier Politik di Golkar
Cagub Sumsel, Dodi Reza Alex Meniti Karier Politik di Golkar


TEMPO.CO, Palembang - Partai Golkar mendukung Dodi Reza Alex sebagai calon gubernur Sumatera Selatan. Dodi Reza adalah politikus Golkar yang kini menjabat Bupati Musi Banyuasin (Muba).
Dodi Reza merupakan anak dari Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, kakeknya Noerdin Pandji merupakan salah seorang pejuang kemerdekaan sekaligus tokoh politik di Sumatera Selatan.
Dodi Reza lahir di Palembang 1 November 1970. Karier politiknya dimulai saat ia menjadi anggota DPR RI pada 2009. Ia saat itu juga menjabat sebagai Wakil Sekjen Partai Golkar.

Ia terpilih kembali sebagai anggota DPR periode 2014-2019 mewakili daerah pemilihan Sumatera Selatan I setelah mendulang 203.246 suara. Dodi kemudian menjadi Ketua Komisi VI yang membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi, investasi, dan BUMN.
Namun ia mundur sebagai anggota DPR pada 2016. Dodi mencalonkan diri sebagai Bupati Musi Banyuasin pada Pilkada serentak 2017. Ia kemudian terpilih menjadi bupati.

Sebelum terjun ke dunia politik, Dodi memegang jabatan senior manager di PT Citra Marga Nusaphala Persada. Dia kemudian juga mendirikan perusahaan media yang menerbitkan Koran BeritaPagi.
Dodi hingga kini masih tercatat sebagai komisaris di perusahaan laundry 5a Sec Indonesia. Ridwan Tumenggung, salah seorang pimpinan di beberapa perusahaan yang dimiliki Dodi, mengatakan Bupati Musi Banyuasin (Muba) ini juga dikenal sosok yang mumpuni di bidang pendidikan baik formal maupun non formal.

Hal ini dapat dilihat dari catatan yang menunjukkan pada Juni 1997, ia menyelesaikan Master of Business Administration (MBA), Solvay Business School, Université Libre de Bruxelles, Brussels, Belgium dengan predikat Magna Cum Laude.
Di tengah kesibukannya di bidang politik, Dodi masih bisa melanjutkan studi hingga mengikuti program Doktoral di Universitas Boston, Amerika Serikat. Dijadwalkan, tahun depan ia akan mengikuti ujian disertasi terkait perpolitikan daerah dan Indonesia.
"Kenal sejak sama-sama bangun sirkuit dan venue di Sekayu tahun 2002," kata Ridwan, Kamis 2 November 2017.
Baca juga: Anaknya Unggul Pilkada, Gubernur Alex: Musi Banyuasin Bukan Kerajaan

Sementara itu Dodi Reza Alex mengatakan niatnya untuk mencalonkan diri sebagai gubernur bukan tanpa alasan melainkan telah melalui berbagai pertimbangan yang matang. Memiliki modal pengalaman dari berbagai bidang serta ditopang keinginan kuat menjadikan Sumsel lebih baik lagi, membuatnya tidak ragu lagi melangkah. "Bismillah, saya siap menjalankan penugasan partai," kata Dodi.

Suami dari mantan penyiar MetroTV Erini Mutia Yufada dan orang tua dari Alleta dan Attalie menambahkan bila terpilih menjadi gubernur priode 2018-2023 nanti, ia akan melanjutkan dan mengembangkan program pembangunan yang saat ini telah terlaksana seperti megaproyek LRT, Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-api, perbaikan infrastruktur jalan, jembatan, listrik dan air bersih. "Penting pula adalah peningkatan taraf hidup masyarakat," kata Dodi Reza Alex.

https://pilkada.tempo.co/read/103026...iUtama_Click_8

0
1.3K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan