bungfad
TS
bungfad
CUMA NGINGETIN AJA!!MULAI BESOK BAYAR TOL GA PAKAI UANG .......TAPI E-MONEY


Jakarta - Pelaksanaan transaksi non tunai atau penggunaan uang elektronik di gerbang tol secara penuh akan diterapkan besok, 31 Oktober 2017. Artinya hari ini adalah hari terakhir masih adanya gerbang tol yang melayani transaksi tunai. Besok, seluruh gerbang tol sudah 100% non tunai.

Ini sesuai dengan Pasal 6 ayat 1a Peraturan Menteri PUPR Nomor 16/PRT/M/2017 tentang transaksi tol non tunai di jalan tol, yang menyebutkan penerapan transaksi tol non tunai sepenuhnya di seluruh jalan tol per 31 Oktober 2017.

Seperti dikutip detikFinance dari aturan tersebut, Senin (30/10/2017), untuk mendukung aturan ini, semua badan usaha jalan tol (BUJT/operator tol) diminta meningkatkan proporsi gardu tidak terima tunai paling sedikit 60% terhadap total jumlah gardu, paling lambat pada September 2017.





Adapun pada minggu lalu, jumlah gardu otomatis atau GTO transaksi non tunai di gerbang tol sudah mencapai 70%. Meskipun nantinya masih ada gerbang yang bersifat hybrid (semi otomatis), namun dipastikan transaksi nantinya tak ada lagi yang menerima tunai.

"Di situ (gerbang tol) masih ada 30% (hybrid), secara peralatan. Tapi program kita kan menuju tanggal 31 (Oktober) untuk 100% (non tunai). Kalau peralatannya mungkin masih (ada hybrid), tetapi transaksi tadi kan ada kaitannya udah enggak ada uang kembalian. Badan usaha sudah enggak nyediain uang kembalian," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, beberapa waktu lalu.

Seiring dengan kebijakan ini, pengguna tol diharapkan bisa melakukan beberapa kebiasaan baru. Misalnya sebelum melakukan perjalanan, pastikan cek kecukupan saldo uang elektronik yang dimiliki. Pasalnya, selain tak semua gerbang tol menyediakan fasilitas top up, pengisian ulang uang elektronik di gerbang tol juga tak disarankan karena bisa menyebabkan macet.

"Top up di gerbang itu dilematis sebetulnya. Itu bisa bikin antrean, padahal tujuan kita buat ngurangin antrean. Tapi kebutuhan yang banyak tadi juga harus kita addressed terutama di masa transisi seperti ini. Sehingga memang kita akan menambah jumlah fasilitas top up tadi, dengan imbauan bahwa untuk top up bukan hanya di jalan tol. Tapi ada juga di luar. Makanya kalau kita kalau mau pergi itu kan mikir dulu, mau lewat mana, pergi ke mana kan mikir dulu. Itu juga satu pilihan," jelas Herry. (eds/wdl)

SUMBER BERITA:
:
https://finance.detik.com/berita-eko...967.1507768433

Diubah oleh bungfad 30-10-2017 02:04
0
12.7K
130
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan