banyakmikirAvatar border
TS
banyakmikir
Ahok Khataman Alquran, Kiai Maman: Itu Hak Prerogatif Allah
TEMPO.CO, Jakarta –  Anggota Komisi Agama Dewan Perwakilan Rakyat KH Maman Imanulhaq mengapresiasi kegiatan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membaca Alquran untuk mengisi waktu luang selama 5 bulan terakhir menjalani hukum penjara di Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

“Hak prerogatif Allah untuk memberi hidayah kepada siapapun yang dikehendakiNya,” kata Maman kepada Tempo hari ini, Rabu, 30 Oktober 2017.


Kiai Maman, begitu dia biasa disapa, menuturkan bahwa Alquran menyebut dirinya sebagai petunjuk untuk semua manusia, bahkan petunjuk untuk seluruh mahluk. Maka tidak heran bila Alquran menarik banyak kalangan untuk dibaca, dipelajari, atau bahkan dikritisi.

Kiai muda yang juga politikus PKB tersebut menanggapi cerita Ahok kepada sepuluh penulis tentang aktivitasnya selama menjalani hukuman perkara penodaan agama itu. Menurut Ignatius Haryanto, salah satu penulis yang menyambangi Ahok pada Selasa lalu, 24 Oktober 2017, Ahok mengisi waktu dengan banyak membaca banyak buku, termasuk Alquran.

Bahkan, Ahok nyaris menyelesaikan isi kitab suci umat Islam itu. “Di sini gua juga hampir khatam baca Al Quran, loh. Gua kan SD sama SMP di sekolah Islam, jadi gua inget-inget dikit, lah,” ucap Ahok kepada para penulis tadi seperti yang ditulis Ignarius Haryanto dalam akun Facebooknya dengan judul ‘Sebuah Selasa Siang Bersama BTP.’

Menurut Kiai Maman, melanjutkan komentarnya, beberapa tafsir Alquran seperti The Massage of Quran Muhammad Asaad mampu menjadikan Alquran sebagai kumpulan Kalam Allah “yang hidup” dan masuk akal sehingga relevan dengan konteks kekinian. Alquran ketika dibaca oleh orang yang mau berpikir dan pernah bergumul dengan realita kehidupan politik yang rumit dan komplek seperti Ahok, akan menyajikan sebuah pahamaman yang konprehensif atas ajaran Islam dan peradaban yang terbuka.

“Makanya, saya mengapresiasi siapapun yang mau membaca Alquran atau tafsirnya, termasuk Ahok,” kata pengasuh pesantren di Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, ini.


https://metro.tempo.co/read/1027753/ahok-khataman-alquran-kiai-maman-itu-hak-prerogatif-allah#pfSrqEaJtmes8s4p.99

Semoga mendapat Hidayah Allah, makin santun dan rendah hati emoticon-Cendol (S)
0
5.4K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan