iwan.sinagaAvatar border
TS
iwan.sinaga
Wali Kota: Kolong "Flyover" Asemka Dimanfaatkan daripada Jadi Belukar


JAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Jakarta Barat Anas Effendi tak mempermasalahkan dibangunnya sejumlah kios semi permanen di kolong tol Pasar Pagi Asemka, Jakarta Barat.

"Enggak apa-apa kan (kolong flyover) dimanfaatkan, daripada jadi semak belukar," ujar Anas saat ditemui di kawasan Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat, Minggu (22/10/2017).

Anas membandingkan pembangunan kios-kios semi permanen di Pasar Pagi Asemka dengan rencana pembangunan area parkir di kolong Tol Sedyatmo atau yang lebih dikenal dengan nama Kolong Tol Kalijodo.

"Kolong Kalijodo kan tadinya mau dibuat parkir, tempat bermain, jadi dimanfaatkan," kata dia.

Menurut dia, pemindahan pedagang ke lokasi sementara yang terletak di bawah kolong flyover tersebut merupakan wujud penataan pedagang pasca penertiban.

"Karena lokasi yang lama sedang dibangun filtrasi atau penjernihan air. Mereka kan kaki lima enggak boleh melanggar ketertiban, jadi harus ditata di sana," kata Anas.

(Baca juga: Menunggu Pasar Asemka yang Semrawut Benar-benar Ditata...)

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Perdagangan (KUMKMP), Nuraini Silviana mengatakan, pembangunan kios di bawah flyover Asemka telah melalui persetujuan Wali Kota Jakarta Barat.

Ia mengatakan, pembangunan kios-kios tersebut tak menyalahi aturan asal digunakan sebagai fasus-fasum (fasilitas khusus-fasilitas umum) pemerintah.

Padahal, aturan tentang ketertiban dalam berdagang tersebut telah tertuang dalam Perda 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Dalam Pasal 25 perda tersebut disebutkan bahwa setiap orang atau badan dilarang berdagang, berusaha di bagian jalan/trotoar, halte, jembatan penyebrangan orang dan tempat-tempat untuk kepentingan umum lainnya di luar ketentuan.

Menurut aim sih ada benarnya, asalkan diimbangi dengan adanya ruang parkir bagi mereka yang belanja disitu, kemudian tidak mengganggu pengguna jalan raya karena secara umumnya Flyover itu berada ditengah (sisi kanan jalan)
0
2.8K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan