BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Serba-serbi menuju pelantikan Gubernur DKI Jakarta

Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan pakaian dinas upacara (PDU) melakukan sesi pemotretan di Jakarta, Kamis (12/10/2017).
Kurang dari 24 jam dari sekarang, DKI Jakarta akan punya Gubernur dan Wakil Gubernur baru.

Jika tak ada halangan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan melantik pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno, Senin (16/10/2017), pada pukul 16.00 WIB di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan protokol pelantikan untuk pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini pada prinsipnya akan mengikuti konsep pelantikan yang diatur protokol kepresidenan.

"Kecuali di luar Istana ya, kami enggak punya kewenangan," ujar Heru kepada KOMPAS.com.

Heru turut memastikan, tim protokol Pemprov DKI telah berkoordinasi dengan protokol Istana terkait prosesi pelantikan besok; beberapa di antaranya adalah waktu ketibaan Anies-Sandi, gladi bersih 20 menit sebelum pelantikan, dan prosesi jalan kaki dari Istana Negara ke Istana Merdeka.

Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono mengatakan, dalam acara pelantikan nanti, para kepala daerah menyatakan sumpah dan janji jabatan di depan presiden. Selanjutnya, akan dilanjutkan dengan tanda tangan pakta integritas.

Setelahnya, pria yang pernah menjabat sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, Gubernur DKI Jakarta yang baru dilantik akan melakukan serah terima jabatan dengan gubernur lama.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metropolitan, Komisaris Besar Argo Yuwono mengatakan, sekitar 7.000 personel TNI dan Polri akan ditugaskan untuk mengawal dua pasangan tadi selama satu hari penuh.

"Setelah dilantik di Istana, nanti ada kegiatan di Balaikota. Sebelum Balaikota, ada juga di DPRD. Lalu malamnya ada pesta rakyat di Balaikota," sebut Argo dalam CNN Indonesia.

Saat tiba di Balaikota, Anies-Sandi akan disambut dengan tradisi Betawi mulai dari tarian selamat datang hingga tradisi Palang Pintu.Anies-Sandi selanjutnya akan melaksanakan upacara Sertijab, setelah itu keduanya dijadwalkan menemui warga di halaman Blok G Balaikota.

Di sana akan disediakan sebuah panggung bagi Anies-Sandi untuk berkomunikasi dengan warga. Pada hari yang sama, pasangan yang diusung PKS dan Gerindra ini juga diagendakan untuk bersilaturahmi dengan segenap pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Acara selanjutnya adalah pidato Anies sebagai Gubernur DKI terpilih di hadapan anggota DPRD dalam sidang paripurna istimewa DPRD DKI Jakarta.

Banyaknya personel keamanan yang diturunkan dikarenakan ada ribuan relawan Anies-Sandi yang diperkirakan turut menyambut Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu.

Pada Kamis (12/10/2017), kedua pasangan ini juga telah melakukan pengepasan pakaian dinas upacara (PDU) yang akan dikenakan pada saat pelantikan besok.

Pengepasan atau fitting berlangsung di salah satu rumah posko pemenangan Anies-Sandi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Foto Sandi yang berpose kungfu "bangau" dengan pakaian dinas upacara sempat ramai saat itu. "Ini buat saya pribadi, pertama kali pakai baju dinas. Enggak membayangkan pakai seragam lagi. Terakhir pakai seragam waktu SMA," sebut Sandi, seperti yang dilaporkan Liputan6.com.

Dari gedung Balaikota DKI Jakarta, ruang kerja untuk Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru juga telah disiapkan.

Tidak ada pembersihan khusus untuk ruang Gubernur DKI Jakarta yang terletak di lantai satu gedung Balaikota Jakarta. Sebab, sejak ditinggalkan oleh Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama, ruang itu tidak pernah ditempati oleh Djarot Saiful Hidayat sebagai penggantinya.

Djarot, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta ini memilih untuk bertahan di ruangannya di lantai dua gedung Balaikota Jakarta.

Di sisi lain, Djarot juga telah melakukan pengosongan ruang kerjanya sejak Jumat (13/10/2017) petang. Djarot menugaskan seorang pekerja untuk mencopot bingkai-bingkai foto dan berkas-berkas pekerjaan miliknya untuk dibawa ke rumah pribadinya di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

Lantas, apa persiapan yang dilakukan Anies dan Sandi menjelang pelantikan esok?

Pemberitaan lain Liputan6.com menyebut pasangan ini tengah mempersiapkan tiga hal; berdoa, jaga kesehatan, dan menyiapkan program kerja.

Ketua Tim Pemenangan Anies-Sandi, menegaskan kedua pasangan ini tengah sibuk mempersiapkan program kerja keduanya.

"Sampai menjelang Oktober, keduanya ngejar merapikan program. Aman saja, bagi tugas. Mas Anies sedang mengunjungi beberapa lokasi di luar kota. Bang Sandi yang jagain (Jakarta)," sebut Mardani.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ur-dki-jakarta

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Jokowi di antara warga pengungsi Gunung Sinabung

- Dua TKI terpidana mati di Arab Saudi dipulangkan

- Kebijakan Tiongkok picu kenaikan nilai tukar Bitcoin

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
12.3K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan