YutzpracachiaAvatar border
TS
Yutzpracachia
[Share Cost] LOB Labuan Bajo - Komodo April 2018
Changelog:
Update 1; 10 Okt: tanggal trip menjadi
• 12 - 15 April 2018, trip LOB 3 hari 2 malam
Update 2; 10 Okt:
• penambahan foto-foto dari trip sebelumnya
Update 3; 11 Okt:
• tanggal trip tetap 12 - 15 April 2018, tapi trip LOB nya menjadi 4 hari 3 malam
• biaya kapal dari 2.800.000 menjadi 2.500.000 per orang
• penambahan biaya sandar kapal


Hello teman-teman! Salam kenal, nama gw Sugie. Gw berencana mau LOB dari Labuan Bajo ke Komodo di tahun 2018 nanti bareng teman-teman gw juga, estimasi tanggal LOB tanggal 12 -15 April 2018.
Cuti hanya 2 hari di tanggal 11 dan 12 April saja, 13 tanggal merah, 14 Sabtu, 15 Minggu.emoticon-Traveller

Sebelum masuk ke detail trip, gw akan perkenalkan beberapa peserta pencetus trip ini dan juga background kami masing-masing:

1. Sugie from Jakarta, skrg stay di Bali (TS)
2. Hendy from Berau
3. Ferdi from Palembang
4. Yoshi from Jakarta
5. Deva from Jakarta
6. Chulix from Jakarta

Gw, Hendy, Ferdi, dan Chulix pertama kali kenal lewat trip ke Raja Ampat di bulan Mei 2015. Ternyata setelah saling kenal dan ngetrip bareng, , meskipun beda-beda umurnya (ada yang udah berkeluarga dan punya anak gan!) tapi kita semua cocok nih temenan.
Spoiler for Raja Ampat (Mei 2015, share cost):


Kemudian gw dan Hendy ngetrip lagi ke Derawan, Labuan Cermin, dan Talisayan di bulan Oktober 2015 dan lewat trip ini kita berkenalan dengan Yoshi, cewek cantik berkacamata dengan senyum khasnya yang lucu hahaha..
Spoiler for Derawan (Oktober 2015, share cost):


Satu tahun kemudian, tepatnya di bulan Mei 2016; Hendy, Ferdi, Yoshi ngetrip bareng overland dari Kupang menuju Flores sampai Kelimutu kemudian disambung dengan LOB Labuan Bajo - Komodo (gw batal berangkat karena faktor cuti gak diapprove dan sumpah gw iri mampus setelah liat foto2 trip mereka berempat T__T). Lewat trip kali ini, mereka berkenalan dengan Deva, cewek imut kecil tapi cantik, strong dan ternyata jam terbang travelingnya udah cukup tinggi.
Spoiler for Overland Flores & LOB Labuan Bajo - Komodo (Mei 2015, share cost):


September 2016, gw, Chulix, dan Yoshi ke Karimun Jawa bareng teman-teman lainnya yang waktu itu barengan ngetrip ke Raja Ampat.
Spoiler for Karimun Jawa (Oktober 2016, share cost):


Maret 2017, Yoshi dan Deva ngetrip hanya berdua ke Sumba! Gile seru banget ya cewek berdua ngetrip gitu, salut euy..
Spoiler for Sumba (Maret 2017, share cost):



Believe it or not, sampai sekarang kami semua masih saling kontak emoticon-Big Grin

Lah terus apa hubungannya dengan LOB 2018 nanti? Ini maksudnya mau pamer udah pernah traveling ke tempat-tempat tersebut? No no no, bukan pamer. Tapi yang mau gw sampaikan di sini adalah kami semua bisa traveling ke tempat-tempat hot destination tersebut dengan cara share cost.

Jadi kami tidak menggunakan operator tur atau travel agent. Kami semua saling berbagi dan melengkapi info satu sama lain. Cari tahu transportnya pakai apa, biayanya berapa, nginepnya di mana, semua itin disusun sendiri cuma modal informasi dari internet dan tanya teman2 yang sudah pernah ke sana.

Singkat cerita, mendadak Yoshi dan Deva cerita kalo mereka kangen suasana LOB di tahun lalu. Habis makan liat sunset, terus tidur lihat bintang, bangun tidur liat sunrise, laper tinggal minta dimasakin, habis makan berenang, terus trekking, habis trekking capek begitu sampe kapal eh udah disiapin makanan dan minuman. Asoy geboy dah pokoknya wkwkwkwkk..emoticon-2 Jempol

Kebetulan nih gw belum pernah ke Komodo dan juga belum pernah ngerasain LOB (Live On Boat, alias hidup di atas kapal). Akhirnya kita coba jadwalkan untuk berangkat LOB di tahun 2018 nanti.

Tahun lalu, mereka LOB dengan menggunakan kapal ukuran besar dan tahun ini kita memutuskan untuk menyewa kapal besar lagi. Kenapa kita memilih kapal ini?

1. Karena ukuran kapalnya besar (kapasitas 22 orang) sehingga tidak mudah goyang ketika ada ombak, terutama untuk yang mabok laut.
Spoiler for Kapal Besar:


2. Pada saat malam hari kita akan tidur di kapal dan kapal biasanya akan diikat bersebelahan dengan kapal lain. Kalo kapal kita kecil, terus nyenggol kapal yg lebih besar....yang ngerasain goyang ya si kapal kecil. Jadi daripada tidur gak nyaman, akhirnya pilih kapal besar.
Spoiler for Parkir kapal sore hari:


3. Prinsip kami dalam traveling adalah murah tapi tetap faktor keamanan dan kenyamanan nomor satu karena yang namanya liburan harus enjoy biar pulang liburan udah seger dan siap untuk bertempur di meja kantor emoticon-Smilie

4. Kapal besar yang akan dipakai nanti adalah kapal dengan fasilitas super lengkap seperti: AC, minum, makan, air panas, toilet duduk, shower, dapur, sunbath roof. ABK nya ramah2, kemudian ada sedia kapal kecil untuk explore pulau2 sekitar, dan yang terpenting lagi ada stok air tawar untuk keperluan bilas sehabis snorkling atau setelah pipis dan pup hehe emoticon-Wink
Spoiler for Fasilitas Kapal:


5. Kapten kapalnya lebih mengutamakan kepuasan pelanggan. Waktu itu kita mau book untuk 24 orang tapi kemudian dibatasi hanya 22 orang saja karena dengan jumlah ABK saat itu, sang kapten khawatir pelayanan mereka tidak akan maksimal kalo 24 orang. Bayangkan! Gw suka nih yang begini!

6. Terus nih ya....masakan kru kapalnya enak buangeeettt!! Malah ada 1 hari kita dimasakin ikan fresh dipancing hari itu terus dimasak di hari yang sama. Sedapppp! Semua peserta suka, Hendy, Ferdi, Yoshi, dan Deva super puas dengan pelayanan tim kapal ini. So, kita akan pakai kapal yang sama untuk LOB 2018 nanti.

7. Biaya yang dikeluarkan per orangnya hanya sedikit lebih mahal dari biaya travel agent / operator open trip tapi dapatnya kapal kecil dengan trip 3 hari 2 malam; sedangkan kita dapat kapal besar super nyaman dan lebih lama, 4 hari 3 malam emoticon-Smilie

Next, kita akan bahas destinasi.
Ini nih yang paling ditunggu-tunggu!

Hari pertama:
Mendarat di Labuan Bajo bebas jam berapa aja, makin pagi makin bagus jadi bisa explore kota Labuan Bajo nya dulu hehe.. Kemudian menginap 1 malam di sini.
Kalo gak mau nginep juga gpp yang penting besoknya jam 08.00 sudah kumpul bareng teman-teman yang lain.

Hari kedua sampai kelima (start jam 09.00 waktu setempat)
LOB 3 hari 2 malam:
- Loh Buaya / Pulau Rinca
- Loh Liang / Pulau Komodo
- Pulau Padar
- Pulau Kelor
- Gililawa
- Taka makassar / Pasir timbul
- Pulau Kanawa
- Sebayur
- Pulau Kalong
- Pink Beach
- Manta Point

Hari kelima:
Siang hari sudah merapat di Labuan bajo, disarankan untuk beli tiket pesawat pulang dengan keberangkatan pukul 14.00 WITA atau sesudahnya.

Starting point: Labuan Bajo
Finish point: Labuan Bajo

Estimasi biaya:
1. Sewa kapal phinisi besar kapasitas 24 orang untuk LOB 3 hari 2 malam (56.000.000 bagi 20 orang = 2.800.000)
*update setelah nego dengan pihak kapal: biaya sewa LOB 4 hari 3 malam dengan biaya per orang 2.500.000, syaratnya minimal booking 20 orang, maksimal 22 orang harga spesial untuk kita karena repeat customer emoticon-Big Grin

2. Fasilitas kapal AC, makan, minum, air tawar untuk bilas sehabis snorkling atau sehabis buang air kecil dan pup emoticon-Big Grin

3. Biaya menginap 1 malam di Labuan Bajo:
- Bajo View Rp 185.000 per kamar (1 kamar berdua)
- Tahun lalu kami nginep di sini, tapi nanti bisa kita bahas lagi mau nginep di mana

4. Biaya makan siang dan makan malam di hari pertama.

5. Biaya sarapan di hari kedua sebelum berangkat berlayar.

6. Tiket masuk terusan Loh Buaya dan Loh Liang 90.000 per orang.

7. Biaya ranger selama di Taman Nasional Komodo, 15.000 per ranger. 1 ranger untuk 5 orang.

8. Biaya sandar kapal totalnya sekitar 500.000 untuk 4 hari (tahun lalu)

9. Biaya makan siang di hari terakhir sebelum ke bandara. Kalo tahun lalu, kita ditawari suruh makan dulu di kapal sebelum berpisah. Ya buat jaga2 aja.

*Biaya di atas semua adalah biaya per hari ini 10 Oktober 2017, semoga biayanya masih sama di saat kita berangkat nanti, atau sukur2 kalo turun bwhahhaha emoticon-Big Grin

Total biaya trip per orang: ditargetkan maksimal di angka 3jt per orang (masih estimasi), tinggal ditambah biaya perjalanan dari kota masing-masing peserta (bebas mau pake pesawat, perahu, atau darat yang penting nyampe Labuan Bajo tepat waktu)

Daftar peserta sementara:
1. Sugie (TS)
2. Hendy
3, Ferdi
4. Chulix
5. Yoshi
6. Teman Yoshi
7. Deva
8. Teman Deva
9. Teman Deva
10. Dara
11. Mayang
12. Vera
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.

Peserta baru dinyatakan fix setelah pelunasan pembayaran biaya trip.

Masih ada waktu nih buat ngumpulin uang dan atur cuti. Tinggal nabung 1.000.000 per bulan sampai bulan April, udah bisa berangkat deh ke Komodoemoticon-Matabelo emoticon-Traveller

Yang minat liburan bareng yuk boleh hubungi ane via WA: O812.5748.5775 untuk dimasukin ke grup biar saling kenal emoticon-Big Grin
Diubah oleh Yutzpracachia 12-10-2017 10:10
1
12K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan