uclnAvatar border
TS
ucln 
[EVENT SEJARAH] Uniknya Budaya Matrilineal di Sumatera Barat




Selamat pagi, siang, sore, malam buat kalian dimanapun berada. Kali ini ane ingin sedikit berbagi info tentang sebuah keunikan budaya yang terdapat di Ranah Minang.

Matrilinealadalah suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ibu. Kata ini seringkali disamakan dengan matriarkhat atau matriarkhi, meskipun pada dasarnya artinya berbeda. Matrilineal berasal dari dua kata bahasa Latin, yaitu mater yang berarti ibu, dan linea yang berarti garis. Jadi, matrilineal berarti mengikuti garis keturunan yang ditarik dari pihak ibu.

Sebagai salah satu suku yang mendiami bagian barat pulau sumatra, dan mayoritas penduduknya beragama islam maka adat istiadatnyapun berpatokan kepada kitab sucinya umat islam tersebut. Sebagaimana yang tersebut dalam pepatah Minang: “Adaik basandi syara’, syara’ basandi kitabullah” (adat bersendikan agama, agama bersendikan kitabullah –Al Qur’an).

Suku Minang atau Minangkabau sendiri selain terkenal dengan masakan Padangnya juga terkenal dengan masyarakatnya yang sangat menjaga hukum Islam. Tapi meski begitu ada suatu sistem di Minangkabau yang unik dan kontroversial karena bertentangan dengan hukum Islam itu sendiri. Sistem yang telah menjadi suatu tradisi ini bernama Matrilineal dan sistem ini sangat menjunjung tinggi perempuan di atas kaum adam.

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Saat ini sistem matrilineal di Minangkabau sudah mulai terkikis oleh perkembagan zaman. Padahal sistem matrilineal ini sudah menjadi bagian dari budaya Minangkabau yang perlu dilestarikan. Pada tahun 2013 lalu, sistem matrilineal di Minangkabau sudah didaftarkan dalam Warisan Budaya Tak Benda oleh Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya. Semoga sistem ini bisa diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia.



S E K I A N
Terima Kasih Sudah Berkunjung

emoticon-terimakasih

Quote:


Referensi
Referensi

Quote:
Diubah oleh ucln 16-09-2017 04:57
falin182
falin182 memberi reputasi
1
46K
253
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan