bhekaAvatar border
TS
MOD
bheka
Keajaiban Goa Boki Moruru Misteri Tanpa Akhir di Perut Bumi Halmahera.
Menjelajah Goa Boki Moruru Sagea Weda Utara – Pulau Halmahera merupakan salah satu pulau terbesar di Maluku Utara Indonesia. Pulau ini menyimpan keindahan wisata alam yang belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Populasi di Halmahera pada tahun 1995 tercatat sebanyak 162.728 sedangkan mayoritas penduduk Pulau Halmahera beragama Muslim sisanya Kristen. Pulau Halmahera juga kaya akan hasil tambang seperti emas, nikel dan kobalt. Sayangnya pertambangan tersebut dimiliki oleh perusahaan Australia. Selain hasil tambang yang melimpah, pulau ini memiliki banyak sekali wisata alam yang wajib untuk dikunjungi. Salah satu wisata alam yang menarik di Halmahera adalah Goa Boki Moruru. Berikut ini adalah informasi yang penting untuk Anda ketahui sebelum menjelajah Goa Boki Moruru Sagea Weda utara:


Goa Boki Moruru merupakan goa yang eksotik dimana letaknya berada di hulu Sungai Sageyen, Desa Sagea di Kecamatan Weda Utara. Desa tersebut tepatnya memiliki jarak kurang lebih 5 kilometer dari Desa Sagea dengan lama perjalanan sekitar 30 menit dari Desa Sagea. Rute yang bisa ditempuh untuk menuju Goa tersebut adalah jalur darat maupun menyusuri Sungai Sageyen. Namun kebanyakan pengunjung yang ingin datang ke Goa Boki Moruru lebih menyukai menggunakan jalur perairan yaitu menyusuri Sungai Sageyen hal itu dikarenakan pengunjung bisa menikmati indahnya Sungai Sageyen bersama dengan kicauan burung di atas pohon di bantaran sungai. Oleh sebab itu menjelajah Goa Boki Moruru Sagea Weda Utara tidak akan terasa lengkap jika tidak disertai dengan menjelajah arus Sungai Sageyen juga.

Dibalik keindahannya ternyata nama Goa Boki Moruru memiliki arti putri yang menghanyutkan diri. Menurut cerita yang berkembang dulunya ada Putri yang berasal dari kesultanan Tidore sedang mandi dan juga main di sungai, putri tersebut juga menghanyutkan diri mengikuti arus dari Sungai Sageyen sampai ke hilir sungai. Oleh sebab itulah goa tersebut disebut dengan Goa Boki Moruru. Menurut sumber lainnya mengatakan Goa Boki Moruru menjadi bukti cinta seorang suami bernama Mon Takawai kepada istrinya. Mon Takawai adalah pemuda Suku Sawai yaitu suku adat yang tinggalnya nomaden. Saat itu Mon Takawai tinggalnya di tepi muara Sungai Kobe.
Pada suatu hari Mon Takawai meminta izin kepada keluarganya untuk mencari tanah subur yang bisa digunakan untuk berkebun. Di perjalanannya Mon Takawai menemukan tempat yang cocok untuk pindah yaitu di muara sungai yang diberi nama Geplun. Suatu hari Mon Takawai menyusuri pinggir sungai sampai ke bagian hulu, setelah lelah dia beristirahat di bawah pohon yang letaknya dengan goa. Mon Takawai dikejutkan dengan suara orang yang sedang mandi.


Video TERNATE TO MOROTAI (vlog) by Barry Kusuma



Karena penasaran Mon Takawai pun akhirnya mencari asal suara itu yang jika ditelusuri berasal dari dalam gerbang goa. Ketika mendekat dia melihat perempuan tengah berendam di sungai tersebut dan ketika didekati sosok tersebut menuju ke dinding batuan cadas dan menghilang. Karena penasaran Mon memutuskan untuk tetap berada disitu sampai dua hari berikutnya, sosok itu pun muncul lagi. Akhirnya Mon Takawai memutuskan untuk membawa gadis jelita yang bernama Sari Madago itu pulang. Sehabis menikah, dua pasangan tersebut kembali menyusuri sungai yang sama dengan sampan. Sampai di depan gerbang goa sang istri meminta izin untuk mandi di dekat goa sama seperti pertama kali mereka bertemu. Suaminya pun mengiyakan dan mengatakan bahwa gerbang goa tersebut menjadi saksi cintanya kepada sang istri yang suka menghanyutkan diri di sungai jadi goa tersebut diberi nama Goa Boki Moruru.

Goa Boki Moruru disebut juga sebagai goa tanpa ujung karena pengunjung yang pernah mencoba untuk mencari ujung Goa Boki Moruru tersebut tidak pernah menemukan ujungnya. Pernah suatu ketika ada tim ekspedisi dari Perancis menyusui Goa Boki Moruru dengan waktu tiga hari tiga malam, dalam waktu tersebut tim ekspedisi tetap tidak berhasil menemukan ujung Goa. Dinas Pariwisata setempat pun pernah mencoba untuk menjelajah Goa Boki Moruru dengan jarak tempuh sepanjang 7,8 km. Dengan jarak tersebut tim dari dinas tetap tidak bisa menemukan ujung goa padahal mereka mengungkapkan jarak tersebut adalah yang terjauh yang pernah mereka tempuh selama ini.


Sebelum Anda menjelajah Goa Boki Moruru Sagea Weda Utara sebaiknya Anda sudah menyewa jasa pemandu. Hal itu dikarenakan Anda belum tahu benar dengan kondisi goa, Anda juga harus mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di goa ini. Sebagai pendatang tentunya Anda harus mematuhi aturan-aturan tersebut. Berikut ini adalah beberapa keunikan yang bisa Anda temukan ketika menjelajah goa ini:

Sebagai tanda Anda sudah memasuki kawasan goa adalah Anda akan menemukan gerbang goa yang bentuknya sendiri terbentuk dengan alami bukan dibantu oleh tangan manusia. Gerbang inilah yang menjadi saksi cinta Mon Takawai kepada istrinya Sari Madago. Gerbang tersebut terbentuk dari susunan batu cadas yang terbentuk secara alami. Karena terdapat dua buah susuan batu cadas maka sangat mirip dengan pintu gerbang. Gerbang tersebut sangat kokoh dan juga berwarna-warni. Sebelum masuk ke Goa pengunjung bisa beristirahat terlebih dahulu di depan goa yang diberi nama dengan Buleu. Buleu merupakan dataran di tengah sungai sehingga bisa digunakan untuk bersantai setelah menempuh perjalanan air dengan sampan yang lumayan sulit.


Goa Boki Moruru dipercaya memiliki banyak makhluk halus di dalamnya, oleh sebab itu ketika berkunjung ke goa tersebut jangan sampai berkata tidak sopan atau melakukan hal-hal yang tidak pantas. Selain itu Anda harus menyiapkan bekal makanan dan alat yang memadai sebab medan di dalam goa yang lumayan sulit dan gelap. Anda juga harus membawa senter maupun obor untuk menerangi diri Anda di dalam goa hal itu dikarenakan di dalam goa sangat minim pencahayaan. Ketika menjelajah Goa Boki Moruru Sagea Weda Utara Anda juga diwajibkan untuk membawa masker sebab di goa ini bau kotoran kelelawar akan sangat menyengat.


Video TERNATE TO MOROTAI (vlog) by Barry Kusuma



Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
http://instagram.com/barrykusuma(Inspiring Photos through the Lens)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)

tata604
nona212
nona212 dan tata604 memberi reputasi
2
15.9K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan