alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pertamina Rugi Rp 12 T, Bagaimana Kelanjutan BBM Satu Harga?
2.33 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59b7f13431e2e659218b4567/pertamina-rugi-rp-12-t-bagaimana-kelanjutan-bbm-satu-harga

Pertamina Rugi Rp 12 T, Bagaimana Kelanjutan BBM Satu Harga?

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
katanya sudah kalahkan petronas?????masak tahun berikutnya langsung rugi....
petronas cikikikan ngeledek kayaknya..emoticon-Leh Uga:

satu harga????lol..ambisius ga jelas..
birokrasi dulu benerin, hukum mati koruptor....pns swastakan.....itu baru namannya harapan untuk indonesia maju dari ujung aceh sampe papua...

yg nanggung kerugian biar aksipipis98 saja....
.

rakyatt biasa dahh trlalu dikorbankan...kemakan janji manisnya..



emoticon-Ngacir
Quote:


Ada bumn yg engga "rugi" ?

Lihat saja pln,pdam sumut yg kacau balau emoticon-Big Grin
Dikira uang subsidi 1 harga mending buat infrastruktur yg lain. Goblok mmg, BBM dibakar jadi asap. emoticon-Marah
mengorbankan 200 juta orang yang sangat produktif demi seuprit pemalas di timur
Quote:
aneh lah bree padahal harga gak beda jauh ama tetangga

Gak becus ngurusnya mending jual aja hohoho
Quote:


bukan gan.. justru subsidi silang, keuntungan penjualan di Jawa dipake buat kasih subsidi di seluruh Indonesia

kebijakan yg tidak bijak, harusnya dicari energi alternatif yg harganya ga jauh berbeda dengan di Jawa
Quote:


itu istilah ekonomi gan

jadi ..kalo keuntungan menurun dibanding periode yg sama tahun sebelumnya termasuk kerugian
Quote:


Gini nih kalo pikirannya cuma bisa nyinyir.

Kalo ga mau rugi dulu (keluar modal awal) kapan daerah timur bisa dpt harga bbm yg sama? Namanya juga baru mulai ya mesti keluar modal dulu buat bangun infrastruktur. Lu buka toko beras aja ga langsung tokonya jadi dan lu langsung untung. Terlebih dulu lu mesti ngeluarin duit dulu buat bikin toko, gaji karyawan, beli mobil, dll. Ga bakal lu langsung untung. Lah ini pertamina mesti bikin infrastruktur di pedalaman, ya tentu aja ga bakal langsung untung. Pertamina itu BUMN, tugas utamanya bukan cuma nyari untung tapi ada fungsi pelayanan publik. Fungsi pelayanan kayak gini justru mesti ditingkatkan, bukan cuma ngasih pendapatan ke negara tapi juga ada pelayanan langsung ke masyarakat. Biarpun sementara ini rugi (keluar modal gede) di daerah timur tapi tetap bisa untung ke depannya.
Kebanyakan ngelonin sumur tua siemoticon-Traveller
secara korporasi pertamina tidak pernah merugi bray, dia untung terus emoticon-Big Grin

yang merugi hanya disektor penugasan saja, gara gara dia terkendala distribusi ke pelosok pelosok, akibatnya dibayar dari laba sektor lain
tapi secara korporasi dia tetep untung ,

intinya dari laba sektor lain dipake buat nutup kerugian di sektor penugasan

pertamina sektornya banyak dari hulu ke hilir , penugasan masuk ke hilir kayaknya
yg termasuk sektor hulu (eksplorasi, produksi dan transmisi) -
sektor hilir (pengolahan, penjualan, permasaran)

terima kasih atas penjelasan agan bimobimoz
buat ts berani gak taro pejwan ? emoticon-Big Grin

menjawab pertanyaan ts : kementrian esdm bilang tetep lanjut

Diubah oleh sthepcurry
Quote:


Benar sekali kawan
Quote:


Wih manteb pemikiran ente tong, ente punya data klo pertamini invest disana bakal untung? Klo ente punya datanya tlg di beberin disini tong, klo bs lengkap dgn perhitungan ROI nya yee



Ente pernah bertugas di pedalaman atau perbatasan ga?

Ente tau knp harga brg2 dsana mahal?

Trs fungsi pelayanan publik apaan yg mesti dilakukan pertamini ? jualan bbm murah cm krn dia bumn ?
Quote:


Up
Quote:


Dijawab sama agan dibawah ini, semoga otak ente sampe
emoticon-Shakehand2

Quote:
Diubah oleh Richadmaru
Quote:


saya sebelumnya nyinyir juga
tiap baca berita pertamina rugi terus ,
tapi gaji senior gue disono sebulan 11 juta pas fresh grad (sekrag udh lebih pasti), belum sama tunjangan segala macem, itu gaji dapet darimana kalo rugi terus ?

terus ada kaskuser yg mencerahkan,
media juga aneh bikin judul pasti bombastis negatif terus, ntah mereka tidak paham juga atau gimana, dari komentar org esdm sebagai narasumber juga sepertinya kurang paham,

tapi sebenernya kalo mau clear, bisa dijabarkan lagi sih yang ditalangin 11 triliun dari juni 2017, laba di sektor lain berapa dari jangka waktu yg sama ? laba keseluruhan berapa ?
sistem logistik masih kacau
susah mau untung emoticon-Hammer (S)

tapi kalau memang ingin daerah perbatasan maju harusnya memang harga bbm bisa sama seperti pulau jawa
Quote:


Banyakan nanya lu nyet. Lu aja yg beberin knp kalo pertamina invest di sana ga bakalan untung. Lu jelasin knp barang di sana mahal, baru adu argumen, jangan cuma sok nanya2 doang. Ketahuan banget lu ga punya pendapat cuma bisa nanya2 buat nyinyir. Keluarin pendapat lu, kalo emang lu ga bisa mikir ya lu duduk aja di pojokan.
Quote:


Kalau dari awal saya sih emang ga akan telen bulat bulat kalau pertamina rugi, kenapa? Karena harga minyak tetangga ga jauh dari pertamina.
Kalau pertamina rugi, apalagi shell dan kawan kawan? Udah bangkrut dari taun jebot emoticon-Big Grin

Kemungkinan paling masuk akal ya kerugian karena mereka membuat subsidi silang (untuk papua contohnya) tapi dari segi penjualan ya untung besar. Apalagi pas minyak dunia turun kemaren
Halaman 2 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di