antihoax2017Avatar border
TS
antihoax2017
Tjahjo Angkat Bicara Soal Kasus Kematian Batu Debora
Tjahjo Angkat Bicara Soal Kasus Kematian Batu Debora
10/09/2017 20:29

Sumber

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ikut angkat bicara terkait kasus kematian bayi Debora yang diduga tak mendapat pelayanan maksimal dari RS Mitra Keluarga Kalideres. Kemendagri akan menyurati pemda untuk memberikan penyuluhan ke RS agar tidak menolak pasien yang membutuh penanganan darurat.

Tjahjo mengatakan, Sekjen atau Dirjen terkait di Kemendagri pada Senin (11/9) akan membuat surat untuk kepala daerah. Tujuannya, agar pemda memonitor dan memberikan penyuluhan kepada rumah sakit, termasuk RS swasta untuk tidak menolak pasien yang dinilai berada dalam kondisi kritis

“Baik RSUD dan RS swasta wajib memberikan pengobatan kepada pasiennya yang memerlukan emergency,” kata Tjahjo dalam pesan singkatnya, Minggu (10/9) pagi.

Ia meminta RS tak selalu memikirkan masalah keuangan dalam menolong pasiennya. Kalau seperti itu sikap RS sangat tidak manusiawi, maka harus ada sanksi sosial dari publik, cara paling tepat, ia mengajak agar warga jangan lagi berobat di RS yang lebih mengedepankan uang dari pada rasa kemanusiaan

“Mari beri sanksi sosial ke RS tersebut, paling tepat, jangan berobat ke RS yang tidak manusiawi, yang hanya berfikirnya soal uang uang, tanpa rasa kemanusiaan,” tambah Mendagri Tjahjo.

Hal ini perlu dilakukan agar tidak sampai terulang kasus seperti bayi Debora di RS Mitra Keluarga Kalideres. Saat dalam kondisi kritis, bayi (pasien) tersebut malah enggan untuk di proses lebih lanjut lantaran masalah keuangan, malah menyarankan pasien dirujuk ke RS lainnya.

“UU memang lemah dalam mengontrol rumah sakit yang tidak manusiawi. Pihak dokter dan perawat di sana tahu kalau bayi Debora sakit parah harusnya ada emergency, tapi malah disarankan dirujuk ke RS lain. Harusnya kalau sudah stabil baru dirujuk,” tambah dia.

Sebelumnya, bayi bernama Debora ini meninggal dunia karena tak mendapat penanganan medis lanjutan dari RS Mitra Keluarga Kalideres. Pihak RS menyarankan Debora masuk ke ruangan PICU, dengan syarat keluarga pasien membayar uang muka terlebih dahulu.⁠⁠⁠ (ryu)
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
5.3K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan