godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
5 Manfaat Tauge untuk Kesehatan Tubuh


Tauge alias kecambah, merupakan tumbuhan (sporofit) muda yang baru saja melewati tahap embrionik dari dalam biji. Berasal dari berbagai macam tanaman, manfaat tauge sebenarnya bisa Gansis dapatkan dengan menyelipkan tauge di antara jenis makanan yang disajikan.



Mengingat manfaat tauge yang sangat banyak bagi kesehatan, bijak rasanya jika Gansis sesekali menyajikan tauge -terlepas dari suka atau tidaknya anggota kelaurga dengan makanan berbahan dasar tumbuhan ini. Tidak tanggung-tanggung, dalam tauge terkandung banyak vitamin essensial, seperti B, C, B1, K, dan A. Selain itu, tauge juga mengandung sejumlah nutrisi lainnya, sebut saja magnesium, fosforus, kalsium, potasium, zat besi,omega 3, dan seratnya yang tinggi. Mengingat fakta tersebut, tidak berlebihan rasanya utnuk menyebut bahwa manfaat tauge sangatlah berlimpah bagi tubuh.

Berikut Go Dok 5 manfaat tauge untuk kesehatan yang harus Gansis ketahui:


1. Memperlancar pencernaan



Memiliki kadar enzim yang tinggi merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh tauge. Hal ini dapat membantu berbagai proses metabolisme dan reaksi kimiawi dalam tubuh. Selain itu, enzim juga penting untuk menghancurkan makanan secara efektif dalam proses pencernaan. Tak hanya itu, serat yaang dikandungnya juga penting untuk memperlancar proses pembuangan makanan dari dalam tubuh. Karenanya, tauge juga dikenal baik untuk mengatasi sembelit dan diare.


2. Menurunkan berat badan



Tahu nggak sih bahwa tauge merupakan salah satu makanan dengan kadar nutrisi tinggi, namun sangat rendah dalam kalori? Hal ini otomatis akan mencegah Gansis agar tidak gemuk, meskipun terlalu banyak mengonsumsinya. Lebih-lebih, kandungan serat dalam tauge juga membantu Gansis cepat merasa kenyang, sehingga peristiwa kebanyakan makan dan mengemil -dua penyebab obesitas- dapat Gansis hindari. Hebat, bukan?


3. Mencegah dan menangani anemia



Jarang yang tahu bahwa tauge memiliki kandungan zat besi yang amat tinggi. Jangan salah, zat besi ini penting sekali lho, untuk pembentukan hemoglobin dalam tubuh. Karenanya, rutin mengonsumsi tauge dikatakan dapat menurunkan risiko Gansis terkena anemia. Tak hanya itu, tauge juga kaya akan asam folat, yang berguna untuk memperlancar proses produksi asam amino dan sel darah merah. Kebanyakan jenis kecambah juga dipadati oleh kandungan vitamin C yang membantu penyerapan zat besi lewat usus sebagai guna mengobati dan mencegah anemia yang biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi.


4. Menurunkan risiko penyakit jantung



Dengan kandungan omega 3-nya yang tinggi, tauge mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam di dalam arteri dan pembuluh darah. Omega 3 inilah yang berperan sebagai anti-peradangan alami dan meredakan tekanan dalam sistem kardiovaskular. Selain itu, kandungan potasium dalam tauge juga membantu dalam mengurangi tekanan darah Gansis dan dapat melepaskan ketegangan dalam pembuluh darah dan arteri. Hal ini meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi dalam darah, sekaligus memperkecil kemungkinan Gansis terkena stroke dan serangan jantung.


5. Meningkatkan kesuburan



Terakhir, tauge ternyata dapat pula memperbesar kemungkinan Gansis memiliki buah hati, lho! Pertama, kandungan vitamin E di dalam tauge dapat meningkatkan kualitas sperma. Jika kualitas sperma baik, tentu mereka akan lebih cepat mencapai dan membuahi sel telur sebelum menjadi letal. Selain itu, bagi wanita, kandungan di dalam tauge dapat pula memperlancar menstruasi dan mencegah datangnya penyakit sehingga rahim tetap terjaga sehat.


Nah, itu tadi 5 manfaat tauge yang bisa Gansis dapatkan, jika mengonsumsinya secara rutin. Semoga bermanfaat!

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
0
33.4K
209
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan