alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
[Share & Diskusi] Bisnis Fashion - Distro, Clothing, Tempat Produksi DLL - EPS 4
4.9 stars - based on 21 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/569f851c50741011308b4567/share-amp-diskusi-bisnis-fashion---distro-clothing-tempat-produksi-dll---eps-4

[Share & Diskusi] Bisnis Fashion - Distro, Clothing, Tempat Produksi DLL - EPS 4

Tampilkan isi Thread
Halaman 69 dari 155
Quote:



Mungkin secara hitung-hitungan harga produksinya lebih murah di Bangladesh untuk jangka waktu kedepannya. Apalagi setiap tahun ada kenaikan upah buruh sebesar 7-10 persen (kawasan Jabodetabek, mungkin bandung juga), ditambah kenaikan listrik/gas/bbm dan sebagainya. Beda 2000/pcs kaos saja antara produksi di Bangladesh dengan Indo sudah sangat berasa apabila dengan kuantiti puluhan ribu pcs.

Saya hanya seorang trader pemula saja gan yang tertarik dengan dunia startup, fashion/distro/industri kreatif lainnya.. wkwkwk
Quote:


Setuju gan, ane di bandung makin lama makin berat bayar ongkos jahitnya. Denger2 UMR di Bangladesh masih 66.49$ per bulan.
Quote:


Iya kurang lebih sekitar segituan UMR disana dan juga banyak brand-brand besar dari USA atau Eropa yang juga buat di Bangladesh karena pemerintah Bangladesh telah bekerja sama dengan berbagai negara sebagai pensuplai pakaian ke negera mereka.
Quote:


Yang kena kendala saat red line sebenernya hanya impor yg biasa mengunakan system borongan/door to door saja. Kalau untuk impor resmi tidak ada masalah gan.

Quote:


Harga produksi di bangladesh pasti lebih murah, tapi sekarang harus faktor bea masuk cukai, freight cost, dan juga waktu perjalanan dari sana ke indonesia.

Mungkin bisa di bilang hpp nya setelah faktor2 tsb bisa mirip atau menurut saya masih sedikit diatas jika dibandingkan produksi dalam negri.

Menang nya bangladesh adalah jumlah kapasitas produksi nya.

Quote:


Setuju nih gan, bukan hanya ongkos jahit saja tapi jumlah operator nya juga susah nyari nya gan. Sepertinya produksi di jawa tengah adalah opsi terbaik kedepan nya.
Diubah oleh yarnspindle
Quote:


Quote:


Ia gan, Parahnya lagi naeknya upah ga disertai naeknya produktivitas juga di operatornya, sebaliknya client2 malah ga terima ada kenaekan harga. Akhir2 ini dihitung2 lebih untung kalo di outsource kerjaan2 yang padat karyanya. Galau juga jadinya. emoticon-Nohope
Benar sekali menurut agan yarnspindle
saya bandingkan biaya antara wilayah bandung dan sekitarnya dengan jawa tengah/ yogya
bisa sampai setengah selisihnya.
Tapi mungkin karena selama ini ada persepsi bahwa bandung dan sekitarnya tu pusatnya clothing ( persepsi ini kuat banget di belahan indonesia lain , seperti daerah saya Kalimantan ) sehingga banyak brand lebih yakin kalo produksinya percayain orang jabodetabek lah
Halo agan2 sekalian saya mau nanya aja sih
di beberapa page ( masih di trid ini ato part 3 ) pernah bahas soal e commerce seperti zalora dll. Nah cuman kurang mendalam kali ya.
Ada kah agan2 sekalian yg pernah mencoba join dengan e commerce / sirus jual beli?
kesampingkan zalora, terutama yg pernah jualan di BL atau tekpod
apakah efektif untuk penjualan clothing di situs tersebut?
di forum sebelah terkait e commerce isinya dagang barang elektronik / keperluan harian gitu.
terimakasih banget ya gan untuk perhatiannya
Quote:




Kalau menurut sudut pandang saya dan dari data-data yang saya dapat, dilihat dari harga kaos made in Bangladesh lain (Gildan) yang cukup murah dijual disini, bisa diasumsikan produksi 1 pcs kaos (jenis bodysize / tanpa jahitan samping) di Bangladesh sekitar = 1.0 - 1.3 USD / pcs dan ditambah dengan bea masuk + lainnya anggap 35% dari harga modal. Dan harga itu masih lebih murah dibandingkan dengan hasil produksi lokal.

Contoh = 1 pcs kaos build-up harga modal 1, 2 USD di Bangladesh. 1 USD = Rp 13.360

(1,2 USD x 13.360) = 16.032 + (35% x 16.032) = Rp 21.643,2/pcs (harga modal). Maka bisa dibayangkan keuntungan yang didapat dari selisih harga produksi made in Bangladesh dengan produk lokal.

Dan juga supplier New States Apparel tersebut juga mengeluarkan 2 lini produksi, yaitu = lini produksi made in Indonesia dan lini made in Bangladesh. Mereka sudah pasti telah melakukan hitung-hitungan dagang secara cermat, dan mengapa mereka pada akhirnya memilih produksi di Bangladesh ketimbang di Indonesia. Apabila memang hanya perbedaanya tipis, buat apa jauh-jauh untuk produksi di negara Bangladesh.

Diubah oleh anonymous1212
Permisi suhu, saya lagi cari vendor yang bisa buat belt nylon. Modelnya standar clothing aja, polos. Sudah ngubek online dan offline juga belum ada yang sreg, rata-rata cuma bisa kasih kualitas setara sabuk anak sekolah. Barangkali ada yang tahu atau pernah bikin, terima kasih kalau mau berbagi info.
Quote:


Untuk mengejar harga modal yang kurang lebih mirip dgn bangladesh bisa dan dibawah itu pun sangat bisa sebenernya. Namun ga semua pabrik di tanah air kami ada akses nya. Terutama yang paling penting adalah mempunyai akses fasilitas yarn spinning, knitting, dyeing, dan sewing nya sendiri. Kedua, mesin bodysize ada spesifikasi dan khusus untuk tipe bodysize. Dengan dua faktor tersebut saja, dan belum termasuk faktor lain seperti akses transportasi, kapasitas produksi, dll.

Setau saya tidak ada pabrik di Indonesia yang benar-benar ada fasilitas ini dalam 1 pabrik atau 1 parent company.
Dikarenakan faktor tersebut tidak bisa dalam 1 pabrik/source, proses produksi nya akan melewati lebih dari 1 pabrik.

Misalnya, beli kain ke pabrik kain A (jika pabrik kain A tidak ada yarn spinning atau dyeing, mereka harus outsource lagi ke pabrik B buat benang, pabrik C buat celup). Dari situ baru ke pabrik konveksi D untuk jasa jahit, baru hasil jadi nya bisa dijual. Dengan melewati berapa tahap ini, profit margin dari setiap pabrik sudah diambil, ditambah lagi faktor ongkos kirim dari pabrik ke pabrik sampai tujuan/warehouse, maka harga produksi khususnya kaos bodysize dalam Indonesia tidak bisa saing dengan pabrik Bangladesh yang punya fasilitas ini dalam 1 pabrik atau 1 group.

Sekedar informasi dari newbie, btw ini hanya pandangan saya saja ya. Semoga bisa bermanfaat dan kasih gambaran secara garis besar.



Diubah oleh yarnspindle
Quote:



Yap setuju :cheers

Quote:
hunting dong gan, pasti dapet koq yg bagus. itu profitnya kenceng jual gesper gitu

Quote:

Kalo untuk biaya produksinya sendiri gmn pendapat agan. Seandainya semua fasilitas tsb sdh dalam 1 grup juga apa bs bersaing sama umr mereka yg 1/3 nya disini? Jujur ane lg aga bingung sm industri garment indonesia buat kedepannya, misal 5-10 thn lagi. Gaji operator udh jauh banget dibanding bbrp taon kebelakang.
Quote:


Sangat bisa bersaing menurut saya gan. Untuk 5thn lagi, bisa di bilang bakal lebih banyak industri garment pindah ke jawa tengah atau jawa timur. Yang masih bisa produksi di bandung mungkin lebih fokus ke produk yang lebih high-end. Kecuali harga jual semua ikut naik juga, kita kayanya masih ada peluang di bandung gan. Hahaha
Quote:


Wah ia juga gan, kemaren itung2 kalo di daerah jawa barat 5 taon lagi sih susah bayar penjahitnya. Paling sablon sama finishing aja yang di sini , jahit lempar ke jawa tengah ya. Hrs mulai siap2 nihemoticon-Ngacir2
Diubah oleh apa kabar
Quote:


siap gan, ini ane lagi proses seleksi hehe...
Quote:
jait kaos mulai lari ke pekalongan, selama ini jin sama kemeja-an kan udah bnyk lari kesana
Misi gan. Sy mau tanyak lagi nih. Sy mau main kaos polos misty/twotone, lalu sy mau ambil kain dr bandung(ane dr sby). Nah karena sy pengen punyak kaos dgn banyak pilihan warna jadi sy ambil 8-9 kain dgn 1kain 4kg. Dengan estimasi 1kg bisa jdi 4 kaos jdi sy punya 16 kaos dgn warna yg berbeda.
[Share & Diskusi] Bisnis Fashion - Distro, Clothing, Tempat Produksi DLL - EPS 4
apakah ada makloon yg bisa menerima order sprti sy diatas. Mksud sy begini apakah si makloon mau menerima order sy menjahit 16 kaos dengan warna yg berbeda? Atau ada masukan lain dr agan dimari? makasih
Diubah oleh rizkydusky
Quote:

mau jual algi apa mau di pake? 16 kaos jait doang kayaknya gak ada yg mau gan. hpp tinggi itu.
Quote:


Mau dijual lagi gan. Apakah hitungan makloon perkain atau gmna ya gan. Jadi ane klo ditotal produksi 16kaosx9 jadi 144 kaos gan
Halaman 69 dari 155


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di