akulatorAvatar border
TS
akulator
Flat Earth, Pembantaian Sains Dan Logika
selamat malam gan

kali ini mumpung gak ada tugas sekolah gue mau buat thread bermutu lagi semoga berguna yah

pembantaian sains dan logika.

Spoiler for 1:

Tulisan kali ini merupakan kritikan informasi tambahan dari video ke 2 dari channel Flat Earth 101

sebenernya udah ada yang buat thread ini di forum sains tapi gue masih belum "mudeng" semoga penjelasan ini berguna


Tidak Menggunakan GPS atau Tidak Menggunakan Satelite?

Spoiler for 2:

Isu kontroversial pertama dari video ke 2 ini ialah pernyataan bahwasannya GPS tidak menggunakan satelite. Kemudian ditampilkan di video pernyataan dari Google bahwa akses My location(beta) pada Google Map tidak menggunakan GPS, sehingga handphone hanya akan mengakses tower sinyal telepon saja.

Saat mendengar dua pernyataan ini, sebenarnya ada yang aneh. Kenapa? Karena pernyataan pertama ialah "GPS tidak memerlukan satelit" artinya, GPS itu ada tetapi tidak menggunakan satelit. Berbeda sekali dengan pernyataan (yang katanya dari google) "My location tidak memerlukan GPS, sehingga mengakses tower" artinya, Google tidak menggunakan GPS, atau GPS tidak pernah ada. Tetapi pembuat video mengarahkan agar kita berfikir bahwa GPS tidak menggunakan Satelit, makanya dia mengulang-ulang kata "tidak menggunakan satelit".

Spoiler for 3:

Ini informasi pentingnya, video dari google yang dipotong itu ialah keterangan google tentang fitur My Location(beta) yang terdapat dalam Google Map. Jadi fiture My Location tidak menggunakan GPS dan hanya akan mengakses tower telepon. Tetapi penggunaan my location hanyalah lokal saja, untuk menunjukkan alamat/lokasi ketika kita sedang berada di suatu wilayah. Bagaimana kalau kita memerlukan informasi tempat yang sangat jauh (non-lokal)? Misalkan kalian hari ini akan jalan-jalan ke Jepang, sementara kalian nggak tahu lokasi mana yang akan kalian datangi itu? Maka yang kalian butuhkan ialah fitur seluruhnya dari Google Map karena kalian harus cek peta Jepang, nah apakah kalian bisa menggunakan tower terdekat? Jelas nggak bisa, karena ini bukan lagi cakupan yang lokal.


Asal Muasal Minyak Bumi ?

Spoiler for 4:

Ini salah satu pembahasan yang paling keren di video2 menurutku. Karena sudah menjadi paham pakem dan bisa dikatakan doktrin bahwa minyak bumi itu berasal dari Fossil. Aku nggak nyangka kalau Flat Earth Theory juga akan membahasnya.

Karena ini sangat erat kaitannya dengan ilmu kimia, maka ini menarik buatku. Yang pertama terkait bukti bahwa memang fosil adalah benda padat dan minyak ialah benda cair. Ini bukti yang sangatlah lemah, karena memang di dalam bumi dengan tekanan temperatur yang sangat tinggi, fossil sekalipun akan bisa meleleh dengan mudah. Begitu pikirku, tapi pernyataan berikutnya yang membuat aku berfikir ulang. Bahwasannya fossil ditemukan pada kedalaman 2.3km sedangkan minyak ditemukan hingga kedalaman 10km. Nah fakta ini membuat aku berfikir ulang dan menkonfirmasi.

Kata fosil berasal dari bahasa inggris fossil yang berarti;

any remains, impression, or trace of a living thing of a former geologic age, as a skeleton, footprint, etc.

Maka yang dimaksud dengan fosil pada pengertian minyak bumi ialah semua jasad renik yang sudah mati ratusan tahun yang lalu. Pembuat video dengan cerdas menggambarkan dinosaurus pad videonya, agar pikiran kita hanya berfikir bahwa fossil itu dinosaurus, dan fossil dinosaurus itu adalah batu padatan dan ada dikedalaman 2.3km. Padahal yang dimaksudkan fosil pada pengertian minyak bumi, bukan hanya dinosaurus, tetapi semua organisme hidup (termasuk bakteri, lumut, ikan, dll) yang telah mati ratusan atau jutaan tahun yang lalu.
Spoiler for 5:

Kalau sudah benar pemahaman kita tentang fosil maka bukan suatu yang aneh kalau minyak bumi berada di kedalaman 10km. Karena pada zaman dahulu banyak sekali makhluk di lautan, nah makhluk ini mati kemudian menjadi jasad renik dan membentuk minyak bumi, ini juga menjadi alasan yang kuat mengapa minyak bumi banyak ditemukan di lautan.


Siapakah NASA?
Spoiler for 6:

Dalam sebuah diskusi sains, saintis yang tergabung di NASA, Neil De Grease Tyson, pernah mengatakan "Ironis sebenarnya, bahwa NASA dan Eksplorasi ke bulan, didanai oleh pemerintah AS karena kepentingan militer" Jadi ketika video 2 ini mengatakan bahwa NASA dibentuk untuk kepentingan politik, aku sudah tidak lagi heran.


Lagian apa ada sih yang mengira NASA itu badan eksplorasi dunia? No way! Singkatan dari NASA aja kan National Aeronautics and Space Administration, kalau udah ada national maka pasti milik satu negara. Lagian NASA juga berdiri dari dana Amerika, blass nggak ada hubungannya dengan uang di Indonesia, apalagi kantong kita.

Kembali ke sejarah. Jadi NASA(1958) dan Eksplorasi ke bulan(1969) itu dilakukan sebenarnya bukan atas dasar eksplorasi, tetapi kepentingan politik dan militer. Eksplorasi ke bulan dilakukan Amerika untuk mengecek apakah langit sudah sudah dikuasai oleh Rusia atau belum? Karena Rusia telah meluncurkan Sputnik 1 (1957). Dari situlah sebenarnya NASA didirikan, tetapi sekarang NASA sendiri bergerak untuk eksplorasi sains. Itulah sebabnya Neil sendiri mengatakan, mereka sulit mendapatkan dana eksplorasi karena para politikus tidak menemukan keuntungan militer dan politik dari eksplorasi sekarang ini.

Tapi yang pasti tidak mungkin NASA menipu karena sumber dana NASA sendiri berasal dari pemerintah Amerika Serikat. Kalau NASA menipu, pasti dari dulu sudah dihentikan oleh pemerintah AS sendiri.

Roket Tak Pernah Terbang Ke Atas ?
Spoiler for 7:

Mungkin buat kalian ini adalah alasan masuk akal bahwa NASA cuma berbohong, karena kenyataanya roket-roket NASA tidak pernah terbang lurus vertikal ke atas menembus langit. Calm down.. Santai.
Spoiler for 8:

Perhatikan yang pertama, itu adalah peluncuran roket saat masih dekat, terlihat jelas vertikal ke atas, sedangkan yang disebelah kedua ialah peluncuran roket saat sudah sangat jauh sekali, terlihat melengkung.
Spoiler for 9:

Tetapi dua gambar ini tidak sepenuhnya menjelaskan tentang beloknya lintasan roket, terkadang NASA meluncurkan roketnya dengan lintasan yang memang melengkung.
Spoiler for 10:

Tapi toh bumi kita bulat, kita bisa keluar angkasa dengan terbang ke atas, kesamping ataupun kebawah sekalipun. Kebetulan banget aku menemukan animasi dibawah ini, ini adalah lintasan roket yang membawa JUNO, satelit yang dikirimkan ke Jupiter. Inilah lintasan terbangnya:
Spoiler for 11:

Sederhananya, kalau memang roket NASA nggak pernah melampaui LEO (Low Earth Orbit), maka kemana roketnya pergi? Pernah roket NASA jatuh didepan rumah mu? atau nyangkut di tiang listrik depan sekolahanmu? Oke. Sedikit lebih serius. Pernah lihat berita roket NASA jatuh di negara lain? Dari ratusan roket yang telah dikirimkan oleh NASA ke luar angkasa, kalau benar mereka tidak keluar angkasa maka setidaknya, ada 50% roket yang jatuh di bumi kembali. Tapi itu semua nggak akan ada, because this is a real deal!

Ngerti gimana cara pembuat video menggiring opini? emoticon-SmilieKeren banget..emoticon-siul

kesimpulan

BUMI ITU BULAT

gue bukan orang pintar dan tidak sok pintaremoticon-Roll Eyes (Sarcastic) , jadi saran dan kritik sangat diperlukanemoticon-shakehand

jangan lupa comment dan rateemoticon-thumbsup

boleh juga cendolnyaemoticon-Angkat Beer

SUMBER
Sumber:
wikipedia.org
Universetoday.com
Physicscentral.com
http://curious.astro.cornell.edu/abo...n-intermediate
http://eaae-astronomy.org/WG3-SS/Wor...ngulation.html
http://www.space.com/17683-earth-atmosphere.html
http://ds9.ssl.berkeley.edu/solarwee...Y/history.html
https://www.quantamagazine.org/20150...s-cant-be-cut/

Gambar:
http://eospso.nasa.gov/files/EarthSat_sm.jpg
http://www.eagleburgmann.com/media/a...s/image_xlarge
http://www.jaredlog.com/images/mino2.jpg
http://www.jpl.nasa.gov/images/msl/2...111126-640.jpg
Diubah oleh akulator 18-10-2016 12:37
0
23.6K
166
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan