KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d74efc1bcb17c9538b48b5/serba---serbi-ban

Serba - Serbi Ban

Tampilkan isi Thread
Halaman 123 dari 239
Permisi Suhu dan Agan semua

Mao tanya kalo Ban ukuran 185/60-R16 ada yg tahu ngga ya merek apa saja yg punya, ane google cuma dapet tipe
Dunlop SP Touring R1 185/60 R16

Ada yg punya rekomen ngga ya selain tipe ini , yg penting lebar max nya 185 aja, pengen yg lebih tebal. buget mentok 6jt buat 4 ban.
Minta tolong masukannya ya..emoticon-Malu
Quote:


sepemahaman saya sih ban beda ukuran harus nya ttp pakai rekomendasi pabrikan, kan bobot kendaraan nya ttp sama
lagi pula naik nya ngga jauh juga..
tp terserah jg sih, ada jg yg pake profil tipis dinaikin tekanan ban nya, biar lebih keras jadi waktu hajar lobang lebih kecil kemungkinan kena velg nya
profile-picture
husny83 memberi reputasi
Quote:


Ukuran std pabrik berapa?
Ukuran ban aneh wajar jarang ada (yg bikin aneh ukuran velgnya 16). Lihat di achilles yg rajanya ukuran ban abnormal jg gada.

Seperti mobil di garasi ban std pabrik ukuran 195/70 r15 dulu hanya ada di bs, pas diskontinue ganti ke 205/65 r15 banyak pilihan
Diubah oleh FaCa_Bdg
Quote:


Velg Jazz RS gan.. Standar nya 185/55 R16

ane cobain punya temen yg 195/60 R16 ko berasa kurang lincah ya. Nah mao cari yg 185 aja tp ngga ketemu2 yg bagusan untuk ukuran 185/60 atau 185/65.
btw cwk kulkas ya gan..

ada saran lain ngga ya?
Quote:


Pakai ukuran std sj gan. Jadi pilihannya ada di banyak merk. Bs ada, dunlop ada, hankook ada, di merk lain pun pasti ada.

Velg makin besar profilnya makin tipis itu lumrah. Velg besar profil tebal susah carinya. 185/60 ane lihat di web jual ban sm spt agan di dunlop sj. Ga tahu kalau merk luar.

Tapak makin lebar stir pasti tambah berat dikit. Profil makin tinggi mobil jadi lebih empuk, mgkn karena tapak lebar profil tebal jd lebih empuk dan mengurangi kestabilan.

Cmiiw...

Para master ban mau tanya donk... Ban yang cukup senyap dan awet, sama harganya bersahabat utk R17 kira-kira pakai merek apa ya ? ukuran ban yg mo dipake 205/45 R17.
Ada yang pernah pakai ban maxxis ngga ya? Pengen nyoba maxxis ma-p3. Nyari2 reviewnya di gugel engga nemu2, adanya yg pake bahasa inggris, padahal kondisi di indo beda sama diluaran sana. Reviewnya dong gan kl ada yang pernah atau sedang makai ban merk ini.
Avanza ane mw ganti ban dunlop LM704 185/70 R14 sebanyak 2 biji, bagusnya itu ban baru d tarok d depan apa belakang ya? Trs kata penjualnya gak sekalian coba upgrade jd 195/65?

Menurut suhu2 sekalian gmana?
Ban saat ini depan dan belakang kanan Dunlop sp10m 185/70R14, ban belakang kiri Dunlop sp70e 185/70R14(beda krn ini aslinya ban serep bawaan avanza, baru 1minggu pakai).
Quote:


ban baru taro di belakang..

bener nya ban ngga bole beda tapak di 1 sumbu (kiri dan kanan beda), trs mau digabung lagi sama ban beda ukuran, makin gado2 itu,,
uda mendingan pakai ukuran standar aja, dan klo bisa itu ban nya disamain merk dan tipe nya
Quote:


nanggung yah gan, ane pake 205 gan, karna klo ane maen sumatra utara jalannya hancur2an. klo kurang lebar sering nyangkut bannya. cuma ya itu boros bensin. hehe
Quote:


Iya gan, krn beda ukuran itulah ane mw ganti ban belakang ane ama dunlop lm704 sekali dua, biar sama kanan kiri (kl ban depan sama2 dunlop sp10m, cuma yg belakang beda kanan ama kiri, satu sp10m satunya sp70e).
Mksd ane ganti ukuran 195/65 itu utk kedua dua ban barunya, bukan satu aja. Nah ini yg ane bngung tarok d depan apa belakang.
Tp kq yg jual ban nya bilang kl ban baru bagusnya tarok d depan?
Kl boleh tau agan kenapa pertimbangannya ban baru tarok d belakang?
Diubah oleh spideynafis
Quote:


ban baru / tapak lebih dalem taro di depan itu mitos uda dari jaman belanda om
dulu kan dibilang nya klo ban meletus jd setir masih bs di kontrol kalo pake ban bagus di depan
pdhl persentase ban meletus brapa banding berapa sih (kalo ban di rawat ya) sama ban tiba2 kehilangan grip

nah klo ban baru ditaro di depan, ban blakang pake yg lebih lama yg arti nya grip nya sudah ga bagus, klo sampe kehilangan grip si ban belakang, driver awam umum nya sadar waktu pantat nya uda ngepot (sideways / oversteer)
kl ban baru ditaro di belakang, brati ban depan lebih sedikit grip nya, biasa nya lebih berasa di setir klo ban depan udah mulai ilang grip, kita lebih gampang kontrol nya, tinggal kurangin gas kalo understeer, secara teori sih begitu

buat baca2 aja
http://www.popularmechanics.com/cars...nked-10031440/ --> poin no 2
https://www.tirerack.com/tires/tiret....jsp?techid=52
https://www.google.co.id/url?sa=t&rc...nzvp5Ildi-8ZGg
http://www.michelinman.com/US/en/saf...ing-tires.html

nah sy uda kasi jawaban dan data pendukung soal ban baru kenapa sebaik nya ditaro di belakang
skrg coba tanya yg jual kenapa ban baru sebaik nya ditaro di depan menurut dia emoticon-Peace
Quote:


Gampang nya gini om emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

ane cuman mempermudah penjelasan om aka di atas.... ban yg nahan mobil biar bisa brenti kalo pas ngerem ama belok tetep stabil itu ban blakang emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

kalo ga percaya, cobain aja pasang ban baru di depan trus tes ngebut abis itu belok2 ama ngerem, cobain juga ban baru nya di blakang, pasti nanti kerasa kok lebih pakem ama belok nya lebih enak kalo ban baru di blakang (kalo bisa di jalan agak licin skalian nyobanya)... apalagi agan pake avanza yg emang penggerak roda belakang, makin kerasa nanti bedanya emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Logika yang sama kalo liat orang2 punya motor harus ganti ban dan dana mepet, yg diganti pake ban bagus atau diganti duluan pasti ban blakang kan, bukan depan? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin soalnya kalo ban blakang lebih bagus itu lebih enak bwat ngerem ama jagain kestabilan kendaraanya

yang bilang ban baru taro depan biasanya pake logika "kalo baru taro depan soalnya ban depan yg buka jalan" emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Quote:


biasanya yg make maxxis banyakan jip (jip beneran ya yg bwat offroad, bukan jip metrosexual), atau yg beli nissan march generasi awal ban bawaanya maxxis tuh... review ane soal ini ban sih di nissan march biasa aja, ga ada istimewa nya soalnya dikasih yg versi low end (dan emang harganya juga murah bgt, hampir sama kyk ban lokal), ga tau kalo pake yg tipe bagusan... emoticon-Big Grin

Quote:


Baru tau gw alasanya ini.... kalo ban meletus ga yakin gw setir masih bisa di kontrol, kecuali mobilnya emang sasis nya ngedukung bwat dikontrol pake cuman 3 roda macem sasis2 mobil jerman emoticon-Hammer2 soalnya temen ada yg pernah ngebut tengah malem sekitar 140-160 pake w203 ban blakang meledak sebiji, abis meledak cuman ngerem terus mobil di parkir di bahu jalan tol, kata dia cuman rasanya kyk lewatin jalan rusak.... lah kalo mobil yg sasis nya ga di bikin bwat kyk gt gimana nasibnya? yg ada langsung melintir atau kebalik kali.....

selama 15 tahun gw ngurusin mobil toko ban yg bilang ban baru taro di blakang bisa diitung pake jari 1 tangan.... itu mekanik ama yg punya bengkelnya ga pernah nyobain ngetes posisi ban baru kali makanya pada bilang gt....
Diubah oleh hulabalo
Quote:


Terimakasih sangat gan. Trs pertanyaan berikutnya, kira2 berasa banget gak beda atau manfaatnya kl ane naikin dr 185/70 ke 195/65 utk ban barunya?
Quote:


eh ada om hula, uda lama ngga liat emoticon-Big Grin

ya ane pun ngga yakin om klo model mpv gt klo ban meledak msh bs di kontrol hahaha cm dr dulu orang2 pada blg nya begitu, plg ngga yang sy kenal
sy malah blm pernah ketemu toko ban yg klo ganti 2 pcs suruh pasang belakang, semua suruh pasang depan, sampe ada yg ngotot2an sm mekanik ny emoticon-Hammer

Quote:


secara diameter luar sih cm beda 0.2" lebih kecil kalo 195/65 harus nya sih ngga ada masalah
lebar jg cm beda 0.4", ya klo mau dicoba sih gpp juga

tapi klo sy pasti saya samain ukuran nya, gatel aja liat nya gitu klo ada yg beda ukuran nya hahaha..
Quote:


Numpang nimbrung..
Kalau soal stabil dari pada mobil jerman kok gw lebih prefer mobil perancis ya, peugeot. Babe pernah pengalaman pakai peugeot jalan di tol pakai 3 roda doank, dan itu pun dia ga sadar padahal sudah di klakson-klakson mobil belakang, baru tau waktu di stop sama orang.
Lalu ada juga pengalaman pengguna peugeot yang ngehajar rel kereta di pantura, jalan beberapa puluh km dengan ban pecah ga sadar juga.
Quote:


Ane pikir kalo lebaran dikit tapaknya bakal lbh oke gripnya...gtu gak sih gan?

Trs dari sumber referensi agan yg di atas td nih:
Buy a quality tire gauge and set your tire pressure to at least the vehicle manufacturer's recommendation, which is found on the driver's door jamb. I'd rather you set your tires 3 or even 5 psi high rather than 1 low. Tire-pressure gauges can be inaccurate, and tires leak as much as 1 psi per month. Higher pressure improves hydroplaning resistance and, if you're like many folks, you may not bother to check your tires again for six months.

Berarti sebaiknya kita isi angin 3-5psi d atas tekanan yg d rekomendasiin d mobil ya? Ane kira yg d mobil itu udh batas maksimal, malah orang2 toko ban sering suruh turunin 1psi.
Terakhir ane d suruh buat 31depan 35 blakang (rekom d body avanza nya 33 depan 36 belakang padahal).
Menurut suhu2 gimana?

Tentang pilihan ban ane yg jatuh ke Dunlop LM704 gimana? Sementara sekarang aslinya sp10m. Apa gpp jadi beda gtu alur ragi depan belakangnya? Atau harus sp10m lagi?
Dari ane baca2 LM704 ini udh oke banget utk R14. Dan ane dpt lumayan murah, 570 utk 1 ban LM704, rata2 jual d atas 600 soalnya.

Maaf banyak nanya, ane emang orgnya haus akan ilmu gan, ampe skrg aja sekolah belum selesai2..hehe.
Diubah oleh spideynafis
Quote:


masih sering buka kok om emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin cuman banyakan silent reader aja skrg... emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

ane justru pernah malah kaget pas ganti ban e36 minta di pasang di blakang, yg punya toko ama mekanik malah kaget kalo gw jg ngerti masalah itu emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin dia bilang jarang ada orang yg tau kalo ban baru dipasang di blakang apalagi bwat mobil gerak roda blakang penting bgt... kalo di mobil roda depan mungkin masih ketolong gerak roda depanya jadi ga akan se signifikan mobil gerak blakang kalo di kasih ban baru di blakang emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


Quote:


Jangankan peuegot om, citroen lama jg ada yg di desain bisa jalan pake 3 roda emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Cuman skrg dua2 nya lg berusaha bangkit lg abis sempet dark age nih sejak peugeot ganti transimis ZF ke AL (dan skrg pake ZF lg gara2 AL nya banyak masalah emoticon-Wakaka ) ama reliabilitas nya pug sempet ancur bgt di seri yg blakang 7, baru bener di seri blakang 8 (kecuali 3008 mpv) padahal di yg seri blakang nya 6 terkenal bagus reliabilitas nya ama spare partnya murah....

Quote:


kalo mau beda ukuran, yg lebar taro blakang ya... grip emang bakalan kerasa lebih bagus apalagi gerak roda blakang... mobil2 sport ama mewah (yg pasti gerak roda blakang) banyak kok yg belang blakang nya lebih lebar... cuman kalo lebih lebar nya cuman naik dari 185 ke 195 ga bakalan kerasa bgt sih emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin terus inget juga om, kalo tinggi ban di ubah dari 70 ke 65 bakalan lebih tinggi depan nanti , bakalan jelek kliatanya.... kecuali kalo blakang nya sama tingginya 70 jg.....

om aka : yg bikin males biasanya mobil dibikin belang , ban blakang lebih lebar tp mobilnya gerak depan emoticon-Wakaka

Itu naikin tekanan fungsinya biar kalo lupa/males ngecek terus tekananya turun bakalan masih dpt tekanan ideal... atau kalo ternyata yg ngisi pake alat yg cuman kyk sendok itu bwat ngukur tekanan nya jadinya tekananya ga bener... tp kalo rajin cek tekanan ban ama yakin kalo alat ngukur tekananya beres sih ya ga usah dilebihin gpp.... kalo mau yg dilebihin ya ban serep aja, secara pasti jarang di cek... ane aja ban serep di kasih 40 psi, daripada ga pernah dipake nanti pas mau dipake malah angin nya abis emoticon-Wakaka

Untuk tekanan maksimum ban itu kalo itu ban bener ( bukan merek abal2 yg ga perlu ane sebutin namanya emoticon-Big Grin ) pasti diatas 40 psi kok, dan ada tulisan max pressure nya di dinding ban nya kok emoticon-Big Grin paling kalo di tinggiin tekanan nya ya terima aja jadi keras dan ga nyaman mobilnya....
apalagi kalo udah pake ban yang emang bukan tipe "empuk"

kalo cuman beda alur ya emang baiknya alur nya sama biar optimal grip nya tp kl emang mau upgrade depan blakang beda ya gpp tp jangan kenceng2 bawa mobilnya sama cepet2 diganti jg yg ga sama... soalnya yg bikin ban grip nya enak bukan cuman alurnya ada faktor2 lain macem umur ban ama ramuan campuran bahan dari ban itu sendiri, banyak merek ban murah yg nyontek sama persis alur ban mahal tp tetep aja pas di pake beda bgt rasanya emoticon-Wakaka
Diubah oleh hulabalo
Ane isinya nitrogen, jd utk tekanan anginnya langsung dari alat tyre inflator nitrogennya yg segede kulkas itu.

Trs kl utk ban LM704 nya sendiri udh oke gak tuh? Dan utk harga 570 include bongkar pasang + nitrogen udh pas gak tuh?
Trs Ane baca2 dibelakang katanya hankook kinergy lumayan oke juga, d bandingin LM704 bagusan mana?
Quote:


Hankook kinergy ok jg kok, tp kl dibanding lm704 uda beda kelas om
Halaman 123 dari 239


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di