jujui
TS
jujui
Penampakan Gerhana Bulan Sebagian di Indonesia


Foto kolase fase gerhana bulan sebagian yaitu awal gerhana (kiri), puncak gerhana (tengah) dan akhir gerhana (ketiga kanan) yang terpantau dari Kota Gianyar, Bali, Selasa (8/8/2017). Gerhana bulan yang berlangsung sekitar 1 jam 55 menit tersebut dapat dilihat dari seluruh kepulauan di Indonesia. (ANTARA FOTO / NYOMAN BUDHIANA)


KOMPAS.com- Gerhana bulan sebagian akan terjadi pada Senin (7/8/2017). Seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikannya.

Menurut astronom amatir Ma'rufin Sudibyo, saat puncak gerhana, 24,6 persen piringan bulan akan hilang sebab masuk ke area umbra atau bayang-bayang inti bumi.

Lantas, akan seperti apa penampakan bulan? Situs astronomi Sky and Telescope mengungkap, bagian bulan yang menghilang adalah kiri bawah.

Sementara bagian bulan lainnya tetap bersinar terang menampakkan warna putih, 24,6 yang tertutup akan berwarna merah.

Gambaranpenampakan bulan saat puncak gerhana terlihat dalam fase mid eclipse pada gambar di atas.

Bulan akan menampakkan diri dengan wajah tersebut pada Selasa (8/8/2017) pukul 01.20 WIB dini hari, saat terjadinya fase puncak gerhana.

Bulan dengan wajah itu bisa dilihat dengan mata telanjang, tak perlu alat bantu. Selain itu, tak perlu juga pelindung untuk mengamatinya.

Bagi yang ingin menyaksikan semua tahapan gerhana, pengamatan bisa dimulai pada pukul 22.50 WIB. Total periode gerhana adalah 5 jam 1 menit.

Gerhana malam ini adalah gerhana terakhir pada 2017. Tahun ini, ada 2 gerhana matahari dan 2 gerhana bulan.

Tak satu pun gerhana matahari tahun ini yang bvisa disaksikan dari Indonesia. Sementara, satu gerhana bulan lainnya cuma gerhana penumbra sehingga tak kasatmata.

Karena merupakan satu-satunya gerhana yang bisa dilihat tahun ini, jangan lewatkan gerhana bulan sebagian malam nanti. YUNANTO WIJI UTOMO



Foto kolase proses gerhana bulan parsial terlihat di kawasan Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/8/2017). Fase gerhana bulan parsial berlangsung selama 1 jam 56,6 menit, dari pukul 00.22 WIB hingga 2.18 WIB.. (ANTARA FOTO / ZABUR KARURU)



Gerhana bulan parsial terlihat di kawasan Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/8/2017). Fase gerhana bulan parsial berlangsung selama 1 jam 56,6 menit, dari pukul 00.22 WIB hingga 2.18 WIB.. (ANTARA FOTO / ZABUR KARURU)



Foto kolase fase gerhana bulan sebagian yaitu awal gerhana (kiri), puncak gerhana (tengah) dan akhir gerhana (kanan) yang terpantau dari Kota Gianyar, Bali, Selasa (8/8/2017). Gerhana bulan yang berlangsung sekitar 1 jam 55 menit tersebut dapat dilihat dari seluruh kepulauan di Indonesia.. (ANTARA FOTO / NYOMAN BUDHIANA)



Puncak gerhana bulan sebagian sekitar pukul 02:20 Wita yang terpantau dari Kota Gianyar, Bali, Selasa (8/8/2017). Gerhana bulan yang berlangsung sekitar 1 jam 55 menit tersebut dapat dilihat dari seluruh kepulauan di Indonesia.. (ANTARA FOTO / NYOMAN BUDHIANA)



Foto kolase gerhana bulan sebagian di Indramayu, Jawa Barat, Selasa (8/8) dinihari. Fenomena Gerhana Bulan Sebagian (GBS) yang terjadi selama 5 jam 52 detik tersebut, 20 persen permukaan bulan berada dalam bayang-bayang bumi dan terjadi pada pukul 00.22 WIB hingga puncaknya pada pukul 01.20 WIB. . (ANTARA FOTO / DEDHEZ ANGGARA)



Warga bersiap menunggu dan menikmati gerhana bulan sebagian, di Padang, Sumatera Barat, Selasa (8/9) dini hari. Gerhana bulan di kota itu terlihat mulai pukul 00.22 WIB, dengan puncak gerhana pukul 01.29 WIB, dan berakhir sekitar pukul 02.18 WIB.. (ANTARA FOTO / IGGOY EL FITRA)



Sejumlah umat muslim melaksanakan salat gerhana bulan di Masjid Al-Falah Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/8/2017) dini hari. Salat tersebut bertujuan untuk bersyukur dan selalu mengingat kebesaran Allah SWT, pencipta alam semesta. . (ANTARA FOTO / M RISYAL HIDAYAT)
0
31.7K
93
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan