mtx98Avatar border
TS
mtx98
Ekonomi Global Membaik, Ekonomi Domestik Masih Lesu
trotvnews.com, Jakarta: Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia memperkirakan perekonomian nasional tumbuh 5,2 persen pada tahun ini. Salah satu faktor pendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah ekonomi dunia yang memberikan sinyal positif terlihat dari peningkatan prediksi pertumbuhan ekonomi beberapa negara utama dunia.

Untuk 2017, ekonomi global diperkirakan pengalami percepatan pertumbuhan ekonomi dari 3,1 persen di 2016 menjadi 3,5 persen. Pertumbuhan global ditopang oleh perbaikan ekonomi negara-negara maju serta beberapa negara berkembang.

Ekonom CORE Indonesia, Mohammad Faisal mengatakan, kondisi ekonomi dunia tersebut semestinya dapat menjadi momentum untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih tinggi. Sayangnya ekonomi domestik pada semester I-2017 masih dilanda kelesuan meski lebih baik dibanding tahun lalu.

"Pertumbuhan konsumsi masyarakat melambat. Meskipun pemerintah gencar menggenjot investasi untuk pembangunan infrastruktur, antusiasme pemerintah ini belum diimbangi oleh investasi swasta secara sepadan," kata dia di kantornya, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis 27 Juli 2017.

Kondisi tersebut, lanjut dia, diperparah dengan kebijakan fiskal yang masih cenderung ketat. Meski pemerintah telah menempuh berbagai langkah agresif untuk menggenjot penerimaan, peningkatan penerimaan negara masih terlalu marginal untuk menutupi belanja APBN yang ekspansif.

"Akibatnya defisit anggaran pun semakin lebar dan beban utang yang sudah besar semakin bertambah. Untungnya ekspor mengalami lonjakan besar akibat kenaikan harga komoditas sehingga menyelamatkan pertumbuhan PDB kuartal I-2017 hingga di atas lima persen," jelas dia.

Untuk itu, dirinya menyebutkan jika dibutuhkan stimulus dan kebijakan yang tepat untuk mengatasi kelesuan ekonomi. Upaya ini juga dilakukan untuk mengejar pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen sebagaimana ditargetkan dalam APBN-P 2017.

http://ekonomi.metrotvnews.com/makro...tik-masih-lesu
0
1.1K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan