alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5979de8c529a45c9768b4568/jokowi-jangan-pasrah-terhadap-inflasi
Jokowi: Jangan Pasrah Terhadap Inflasi
youtube-thumbnail

Quote: Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajaran menteri dan kepala daerah tak menganggap enteng inflasi. Pembiaran inflasi akan berdampak langsung kepada kesejahteraan masyarakat.

Daya beli masyarakat Indonesia akan sulit dan rendah apabila pemerintah daerah dan pusat abai terhadap inflasi. Sekecil apapun kenaikan inflasi akan berdampak kepada harga.

"Jangan pasrah terhadap inflasi. Kita tekan habis," ujar Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi, Hotel Sahid, Kamis (27/7).

Jokowi mengatakan, masyarakat Indonesia bahkan pemerintah menganggap wajar kenaikan sedikit harga barang terutama bahan pokok di pasar. Menurutnya, ini kekeliruan budaya organisasi di instansi pemerintah.

Bertahun-tahun lalu, inflasi Indonesia bahkan mencapai 8-9 persen. Tetapi tidak ada gerakan atau upaya riil pemerintah menekan hal itu. Jokowi menekankan, hal itu tak boleh lagi dibiarkan.

"Inflasi berapa pasrah, dianggap wajar dan biasa. Padahal bisa dikerjain. Negara lain bisa sangat rendah karena mereka melakukan sesuatu," mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan.

Saat ini, inflasi Indonesia terus menurun dari dua tahun lalu. Bahkan bisa dibilang terendah dalam tujuh tahun terakhir.

Inflasi Indonesia pada 2015 3,35 persen. Tahun lalu, angka itu menurun menjadi 3,02 persen.

Oleh sebab itu, ia meminta pemerintah daerah dan pemerintah pusat berkoordinasi dan berinovasi untuk menekan inflasi sehingga stabilitas harga di pasar terjaga.

Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah konsisten terus memotong biaya operasional setiap tahunnya. Persentase pemotongan akan besar jika dilakukan dalam waktu lama.

Contoh lainnya adalah memaksimalkan teknologi informasi saat ini. Pemerintah diharuskan bergerak cepat apabila harga suatu barang di daerah tertentu jauh lebih tinggi daripada daerah lain.

"Perhatikan hal detail. Itu bagian etos kerja displin. Hargai uang kecil. Itu tabunan efisiensi yang berdampak dramatis terhadap basis harga," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini. kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini..

Jokowi: Jangan Pasrah Terhadap Inflasi
Spoiler for Kepercayaan Masyarakat RI ke Pemerintah Tertinggi di Dunia:

Jokowi: Jangan Pasrah Terhadap Inflasi
Quote:Seiring dengan raihan itu, realisasi pertumbuhan ekonomi diperbandingkan dengan negara lain. Tentunya perbandingan berlaku untuk negara dengan kapasitas yang setara alias apple to apple.

Dalam hal ini, perbandingan dilakukan dengan negara-negara yang menjadi angota G20 atau Group of Twenty. Sebanyak 20 negara anggota yang mewakili dua per tiga populasi, 85% atas Produk Dometik Bruto (PDB) dan 75% perdagangan dunia.

Negara yang termasuk di antaranya adalah Amerika Serikat (AS), China, Jepang, Jerman, Inggris, Prancis, India, Italia, Brasil, Turki hingga Indonesia.

Berdasarkan data Bank Dunia yang dikutip detikFinance, Kamis (4/5/2017), peringkat Indonesia berada pada peringkat ketiga di bawah India dan China khusus untuk pertumbuhan ekonomi.

India, ekonominya tumbuh 7,5% dan China tumbuh pada posisi kedua yaitu 6,7%. Menjawab Pertanyaan RI Sebagai Ekonomi Tertinggi Ketiga di Dunia
Jokowi: Jangan Pasrah Terhadap Inflasi
Pusing Dah Pala Nasbung emoticon-Wakaka
Rakyat aja percaya. emoticon-Peluk
Jokita pemimpin terbaik asia, agan harus percaya ama bapak presiden kita emoticon-Ngakak (S)
Belum tentu 100 tahun lagi lahir presiden bisa main sulap
biji pler sungsang
Pertumbuhan ada tapi belum menggerakkan perekonomian, pasti ada yang salah prioritas
Trus tindakan konkret pemerintah apa jok? emoticon-Big Grin
Dana haji termasuk dalam hitung2an pertumbuhan ekonomi gak?
roketnya ada tinggal mau cari sumbunya atau tidak.. emoticon-Wakaka