iskrimAvatar border
TS
iskrim
Inilah Alasannya Obeng Memiliki Mata Plus dan Minus (Termasuk Jenis 'Obeng Rahasia')
Inilah Alasannya Kenapa Obeng
Memiliki Mata Plus dan Minus (Termasuk Jenis Obeng 'Rahasia')





[ HT# 129 ]

Ketika kita lagi sibuk dengan peralatan elektronik atau kelistrikkan penah nggak ente mengalami sedikit 'kekesalan' karena kesulitan membuka baut bermata minus, padahal obeng yang kita pegang untuk membukanya bermata plus? Yah ini baru satu alasan kenapa hal ini menjadi pertanyaan Iskrim, dan pssst..ternyata ada loh obeng nggak sembarang obeng diciptakan! 'Obeng rahasia' yang nggak sembarang orang bisa memakainya akan ane infokan juga disini.

Kenapa mata obeng memiliki 2 jenis 'Plus dan Minus'? Tentu saja, pasti ada alasannya kenapa dibuat lebih dari satu model, dan ternyata jenis mata obeng dan baut didunia ini nggak cuma ada 2 jenis, ternyata ada 17 jenis mata obeng (mungkin lebih) dan baut gan! Obeng dan baut memang 2 sejoli yang nggak akan pernah terpisahkan. Nggak percaya? Check in shoow deh dibawah ini buat cari tahu alasannya! emoticon-Cool



Obeng, Pa'an Sih?



Kalau kita liat di laman oom wiki Obeng adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut. Ada beberapa model obeng yang digunakan di seluruh dunia. Jenis yang sangat umum di Indonesia adalah model Phillips yang populer disebut obeng kembang atau plus (+) dan slotted yang sering disebut obeng minus (-). Jenis obeng lain yang digunakan di negara-negara lain antara lain Torx (bintang segi enam), hex (segi enam), dan Robertson (kotak).




Kilas Balik



Obeng dalam sejarah diperkirakan lahir di abad pertengahan Kastil Wolfegg, antara tahun 1475 dan 1490. Nama asli Obeng dalam bahasa Jerman dan Prancis adalah Schraubendreher (screwturner) dan Tournevis (turnscrew). Baru kemudian di tahun 1723 di Perancis ditemukan obeng mulai difungsikan secara benar untuk melepas dan mengencangkan sekrup dan baut. Sedangkan di Mamarika obeng baru digunakan secara masal tahun 1800an, dengan model yang modern seperti sekarang (obeng 'Plus'/ + ) ini ditemukan dan dipatenkan di American Screw Company oleh Henry F. Philips, kemudian digunakan oleh General Motors tahun 1936 baru kemudian tahun 1940, 85% perusahaan manufaktur lain membeli lisensi design dari Philips ini dengan merek lain. Merek dan tipe lain beredar dipasaran adalah Robertson, PoziDrive, Torx, namun Philips menjadi pionir dan brand paling dikenal diseluruh dunia.




Beragam Tipe Obeng



Dalam perkembangan 'per-obengan' dilapangan banyak mekanik maupun teknisi mengalami kesulitan untuk mengoperasikan obeng pada baut, maka diciptakanlah bermacam-macam model mata baut dan obeng, juga bentuk pegangannya (kemudian dikenal dengan pegangan model buah pir oleh HD Smith & Company tahun 1850) dan berkembang variasi model pegangan lainnya. Berbagai jenis model mata obeng menyesuaikan bentuk baut yang ada, tujuannya adalah agar pengerjaan menjadi lebih presisi, mencegah ke-gagalan penggunaan (anti slip), tujuan model dibuat diperuntukkan untuk objek apa (mencakup design sesuai fungsi), dan tentu saja karena pertimbangan biaya produksi perusahaan manufakturnya. Pozidriv, Supadriv, Reed, Prince, Frearson, JIS, dan Philips adalah diantara model obeng yang ada di pasaran, lebih detilnya kita lihat dibawah ini, gan.





Obeng 1

Spoiler for :




Obeng 2

Spoiler for :




Obeng 3

Spoiler for :




Obeng 4

Spoiler for :




Obeng 5

Spoiler for :




Obeng 6

Spoiler for :




Obeng 7

Spoiler for :




Obeng 8

Spoiler for :




Obeng 9

Spoiler for :




Obeng 10

Spoiler for :




Obeng 11

Spoiler for :




Obeng 12

Spoiler for :




Obeng 13

Spoiler for :




Obeng 14

Spoiler for :




Obeng 15

Spoiler for :


Obeng 16

Spoiler for :




Obeng 17

Spoiler for :









Nah gimana man-temans, gan and sista, sekarang udah tahukan kalau ternyata mata obeng itu nggak sekedar 'plus' dan 'minus' aja. Dalam fungnsinya yag sederhana tapi keberadaannya sangat-sangat dibutuhkan. Saran dari ane adalah mulai saat ini lengkapilah beberapa obeng jenis yang umum diatas agar disaat mendesak kita tidak lagi dipusingnya untuk mengencangkan atau membuka bau atau skrup dirumah. Salah dan kurangnya Iskrim mita maaf dan koreksiannya. Terimakasih... SALAM ISKRIM emoticon-Peace

guk




sumur: ref I, ref II, ref III, ref IV, ref V, | sotosop: iskrim | sumur gambar: oom gugel



>> Rekomendasiin HT, gan <<

Main ke koleksi HT iskrim dan thread lainnya
>> klik disini gan <<

emoticon-Nyepi emoticon-Leh Uga emoticon-Nyepi


Diubah oleh iskrim 17-07-2017 12:15
0
55.9K
256
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan