unongggAvatar border
TS
unonggg
Tak ingin bangkrut di masa tua? lakukan dulu 5 jurus menabung ini
Kalau kita membicarakan tabungan, pasti kita juga akan membicarakan perencanaan keuangan. Saat kita tua nanti, pemasukan mungkin akan lebih besar dibanding dengan pemasukan saat ini dimana kita masih bekerja sebagai karyawan.



Maka dari itu penting untuk kita mempersiapkan diri menuju masa depan yang masih rahasia ini. Hal yang harus kita lakukan salah satunya adalah menyiapkan tabungan untuk menunjang kebutuhan hidup kita dan keluarga di masa yang akan datang. Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menabung persiapan hari tua nanti.



1. Dimulai dari hari ini



Jika kita sudah berniat untuk mempunyai tabungan hari tua, jangan pernah ditunda lagi untuk segera memulainya sejak hari ini. Mulailah fokus untuk menyisihkan sejumlah uang setiap bulannya. Sisihkan sekitar 20% dari gaji bulanan kita sebagai tabungan masa tua nanti.
Kendalikan pengeluaran sehari-hari.



2. Kendalikan pengeluaran sehari-hari



Kalau kita adalah seorang anak kos yang bekerja jauh dari rumah dan biasanya makan di restoran, cobalah untuk mengganti kebiasaan tersebut dengan makan makanan dengan harga terjangkau namun tetap bergizi, contohnya makanan warteg yang enak dan murah. Kalo udah terbiasa hemat dengan biaya hidup sehari-hari, kita jadi punya kelebihan uang yang bisa dijadikan uang tabungan masa tua.



3. Buatlah tujuan menabung



Setelah mulai menabung, kita juga harus mengetahui untuk apa uang tabungan terssebut hendak digunakan. Kita bisa membuat daftar impian yang kita inginkan dari uang tabungan tersebut. Misalnya uang tabungannya ingin dijadikan investasi. Ya kita harus menabung sampai uangnya benar-benar cukup untuk membeli apartemen, lalu membelinya dan menyewakannya ke orang lain.

Jika ingin investasi di bidang property carilah apartemen yang perusahaan pengembangnya sangat terpercaya dan aman, seperti Lippo Group yang sekarang ini sedang membangun apartemen baru di Kota Baru Meikarta, yang berlokasi di Cikarang. Karena belum launching, kita bisa mendapatkan apartemen ini dengan harga murah loh. Atau kita bisa lakukan booking dulu, booking fee hanya sebesar 2juta. Harga mulai 7juta per-meter. Melihat dari lokasinya yang strategis (keluar pintu tol Cibatu Cikarang) dan dekat dengan kawasan industri, apartemen ini sangat potensial untuk dijadikan lahan investasi yang menguntungkan.



4. Miliki Asuransi



Asuransi dapat meringankan beban kit ajika sewaktu-waktu kita mengalami sakit yang cukup serius dalam waktu dekat. Atau di hari tua nanti bisa saja kita masuk rumah sakit karena penyakit yang lebih serius dan membutuhkan biaya banyak. Tidak ada salahnya jika kita mulai mendaftarkan diri dalam layanan asuransi dari sekarang, karena sedia paying sebelum hujan itu jauh lebih baik ketimbang kehujanan dulu baru beli payung. emoticon-Big Grin



5. Jangan mudah tergoda hal-hal konsumtif




Tergoda dengan hal-hal yang konsumtif, seperti belanja, makan-makanan enak dan mahal, akan membuat kita kesulitan menyisihkan uang untuk menabung. Bersenang-senang boleh tapi kita harus tau batasannya, jangan selalu tergoda sama hal-hal yang sifatnya boros dan gak ada manfaatnya.



Mumpung masih muda, sehat dan bersemangat bekerja, mari kita mulai kebiasaan menabung ini sejak dini. Tabungan hari tua ini diharapkan bisa membuat hidup kita lebih tenang dan nyaman tanpa ada beban pikiran apapun.


Diubah oleh unonggg 15-07-2017 01:04
0
18.7K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan