afa.1991Avatar border
TS
afa.1991
ANAK KOST JOGJA DULU DAN SEKARANG
Quote:


Spoiler for judul spoiler:


[img]

[/img]



ANAK KOST JOGJA DULU DAN SEKARANG



Jogja begitu Istimewa, tempat dimana ribuan mahasiswa merantau untuk menuntut ilmu. Selain menjadi pusat perkembangan pendidikan di Indonesia, Jogja juga merupakan saksi bisu sejarah Indonesia. Ada banyak tempat-tempat bersejarah yang bisa kamu datangi dan pelajari. Belajar sambil napak tilas tentang sejarah Indonesia mulai dari zaman pra sejarah hingga kemerdekaan, semua ada di Jogja.Istimewanya Anak Kost di Jogja kalian juga akan mengalami makan di angkringan, bertemu dengan orang-orang sederhana dan ramah, menikmati senja atau sekedar mendiskusikan efek-efek galau cinta di warung kopi dan kafe murah meriah yang buka 24 jam adalah sebagian benih rindu yang tanpa disadari ikut merasuki sendi-sendi kehidupan. 

Namun entah kenapa belakangan ini mulai terdengar nada-nada fals tentang "anak kost dan kost" baik dari pemilik kost maupun mahasiswa.
Nah dibawah ini ane selaku orang jogja asli hanya mencoba beropini tentang beberapa perbedaan kehidupan anak kost dijogja zaman dulu dan sekarang,yang mungkin jadi penyebab mengapa sekarang mendapat predikat agak miring..murni dari pemikiran saya dan apa yang saya lihat.



HUBUNGAN YANG TERJALIN ANTARA PEMILIK DENGAN ANAK KOST



Kebetulan ts asli wong jogja,dan rumah kakek dipakai buat kost-kostan daridulu.
Nah soal itu memang benar gan,ane ngerasain sendiri..hubungan yang terjalin antara pemilik kost dengn penghuni kost bukan cuma soal bisnis pada saat itu.
Anak kost pada saat itu dianggap sebagai anggota keluarga dirumah gan,kita makan bareng,gantian nyapu rumah,pokoknya sama seperti keluarga yg lain.
Sehingga mau aneh-aneh (bawa cewe masuk kamar,dll ) gimana orang di kost sama seperti dirumah.
Serius dulu setiap habis libur semesteran,rumah kakek ane penuh oleh oleh dari kampung gan,ada yang bawa hasil pertanian,baju,dll cuma ternak yang nggak dibawa (karena mahal gan).



HUBUNGAN ANAK KOST DENGAN LINGKUNGAN SEKITAR


Kalau yang ini kebetulan di tempat ane masih ada sampai sekarang gan,cuma di kebanyakan daerah lain udah nggak ada..
Jadi di dusun ane,anak kost wajib dateng acara dusun gan,rapat pemuda,kerja bakti,ronda,acara kepemudaan,sosialisasi apa kek dll (hukumnya sama seperti pemuda asli di dusun situ gan..bukan wajib tapi sunnah).
Mungkin berat bagi sebagian anak kost untuk mengikuti kegiataa seperti itu diluar aktivitas kampus yg maha berat..tapi kapan lagi belajar hidup di dusun dengan segala aktivitas kesehariannya.
klo udah gini mana mungkin mau nongkrong,mabok,rusuh di kampung.



SARANA DAN PRASARANA YANG SEADANYA


Ini juga salah satu faktor terpenting menurut ane gan.
fyi sekitar tahun '90an,anaka kost di jogja itu nyepeda gan,ngayuh..UGM kampus ane tersayang yang sekarang parkiranya penuh mobil dulu penuh sepeda kayuh gan..makanya dulu nggak ada tuh namanya "klitih" , nginep di kaliurang sama cewenya (ada pasti,tapi cuma segelintir orang),dll
Oiya,dulu mana ada tempat dugem sepanjang jalan magelang atau salon asik sepanjang jalan kabupaten atau bahkan warnet asoy demangan.
Adanya sarkem,tapi ya mikir mereka gan,jauuh dari tempat ane dan uang saku bulanan mereka tipis,nggak ada cerita uang habis minta transfer langsung dikirim.




FAKTOR KEPEMILIKAN KOST



Dulu kost kebanyakn rumah pribadi punya banyak kamar dijadiin kost gan,jadi yang punya kost tiap hari pasti nungguin.
beda cerita sama sekarang,kebanyakan kost orang luar kota yang punya,jadi ya cuma ada penjaga,makanya agak kurang bisa terpantau.
Pasti anak kost jam dahulu pernah yg namanya pura-pura rajin bantuin PR anak ibu kost,sok kelihatan rajin,paling depan klo soal bantu -bantu kerjaan rumah..jemur padi dll padahal modus.
Ada juga yang lebih tertarik sama MILF a.k.a ibu kost setau saya dulu banyak anak kost yang menjadikan ibu kost sebagai target operasi..dan memang banyak kejadian pada sekitar tahun 80-90
Dan dari lingkungan dan tahun itulah pula bahasa "kumpul kebo" berasal.



[img]

[/img]


Apapun itu tentulah setiap generasi punya sesuatu yang layak untuk dibaggakan juga dengan segala kekuragannya.
Dan setiap kota pun pasti ada sisi minus dan plusnya.
Nggak usah takut kuliah dan kost dijogja,jogja amaan gan...pinter-pinter aja pilih daerah kost dan tetap dipantau dari sana.

Buat temen-temen yang baca thread ane ini barangkali kost dijogja ayuk bareng-bareng kita jaga supaya kota tercinta kita ini tetap aman dan indah. Begitupun agan yg kost dikota lain.

P.s : ane bukan pemilik kost,dulu simbah ane yg punya kost..sekarang sih udah enggak..ane masih pelajar statusnya gan,tapi karena kesibukan usaha dan kerjaan makanya nggak kelar-kelar udah puluhan semester.

Barangkali ada yg mau tanya soal kost dijogja silahkan pm gan,aneh bantuin dengan senang hati dan gembira ria.



mohon maaf klo nggak rapi... thread pertama dari SR dan dibuat pakai esia hidayah gan.


salam
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
81K
437
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan