alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / All About Design /
Desain otomotif - tanya !?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52110819a2cb171751000000/desain-otomotif---tanya

Desain otomotif - tanya !?

gan hallo sebelumnya , mohon maaf bila salah kamar tapi kok saya ga liat yah orang yang share desain otomotif disini , sorry gan sebelumnya kalo berani bikin thread soalnya ada beberapa yang ane mau tanyain ( ane belum kuliah , tapi passion udah nyantol banget sama bidang desain otomotif emoticon-Sundul Gan (S) ) nah pertanyaannya simple , disini ada ga agan agan yang emang bergelut sama bidang ini ? boleh minta masukan apa apa aja basic basic yg bagus buat desainer otomotif ? prospek kerjanya gimana gan ? soalnya desain otomotif kan ga seheboh desain yang lain kalo di Indo ..
dan mau tanya aja nih sebenernya basicnya itu untuk kuliah desainer ..
sebagai anak masih sekolah lebih baik apa yg lebih ane utamain buat bekel entar ? apa belajar teknis ? seperti software dll ? apa lebih bagus mikir terus dan asah imajinasi ide ide ane ? makasih sebelumnya , mohon maaf kalo sembarangan bikin thread , ga laku minta di close aja sama mimin , yg bisa kasih penjelasan paling bagus ane coba kasih cendol deh satu ajah xixixixiixxemoticon-Cendol (S)



UPDATE 12/06/17


4 tahun berlalu setelah membuat thread ini ...
guess what ? i am on the right track ! thanks semuanya yg udah reply
Desain otomotif - tanya !?

Desain otomotif - tanya !?
Diubah oleh LuthfiSukaSuka
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Quote:


Desain otomotif emang gak se heboh bidang desain lainnya gan, belum banyak orang kita yang kenal dengan desain otomotif pada taunya kan baru jurusan otomotif aja kayak yang ada di smk-smk.
Tapi share pengalaman aja dari temen2 yang bergelut di bidang otomotif
- Belajar teknis penting untuk basic pengetahuan kita
- Software penunjang bisa digunain autocad yang udah familiar buat orang kita ada juga sooftware bimota yang bisa juga untuk uji aerodinamika, terowongan angin, pengaruh titik beban dan lainnya
- Cari referensi dari desainer manca untuk mengasah imajinasi plus menambah pengetahuan dari mode hinggasofware rancang bangun yang digunain
Mungkin itu yang biasa di lakuin ma temen2 bengkel modif ane, jadi kesimpulannya mungkin tidak jauh bedadari yang sudah terjadi selama ini
Untuk prospek kalo di negara kita masih sebagian besar perjuangan sendiri, jadi jangan banyak berharap jadi PNS ganemoticon-Ngakak, bidang kerja biasanya modifikator dan sejenisnya
Permasalahan kenapa gak ada yang ngetread desain otomotif karena orang desain otomotif udah sibuk ngulik kerjaannya sendiri ganemoticon-Matabelo
, udah gak sempat ngaskus lagi....
Mungkin itu share pengalaman dari temen2 ane gan...
So tetap semangat aja gan, semua aktifitas pasti ada hasilnya biar waktu yang menjawab aja
Diubah oleh babanbe
cuma mau nambahin aja gan,,, kalo software yang digunakan kaya SW,, INVENTOR,, CATIA,,, nihh gan contoh desain ane pakai sodtware SW & inventor
Spoiler for :
Diubah oleh ketek.bersahaja
Quote:


wuih ciamik ciamik banget , makasih yah gan udah ngasih refrensi ane nih , ane sebenernya minatnya ITB berhubung di bandung , nah pas konsultasi ke guru BP katanya gaapa apa masuk IPS tapi ya itu ane kalo gambar dipendem gan , jarang ikutan perlombaan jadi minim sertifikatnya itu yg buat jalur undangan emoticon-Berduka (S)

tapi gpp deh makasih banyak infonya , sabar yah untuk sementara ane tampung dulu jawabannya , nah yang lain ada yang mau ngasih infoh juga ? butuh banget nihh ... buat reprensi tambahan emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh babanbe

Share pengalaman

Mau kasih pengalaman aja, bagus banget udah punya niat k jurusan design, design otomotif masih masuk ke Design Engineer.,.
Ane dulu anak Ipa, waktu lulus bingung mau kuliah kemana, dan takut salah ambil jurusan., ane coba spmb ITB ga masuk emoticon-Sorry , terus ane dikasih referensi sama guru fisika ane, "cobain kuliah ke POLMAN BANDUNG" , ane baru denger, dan katanya disitu lulusannya gmpang buat kerja.
Nah dari situ ane daftar ke POLMAN dan ke POLBAN., waktu daftar ke POLMAN ane bingung, ada 4 jurusan, Design Engineer, Mekatronika, Mekanik,Pengecoran Logam, ane tanya sama org yg kuliah disitu, org itu balik nanya hobi kamu apa, katanya, ane jawab apa ya, gagambaran.,kata ane, dy jawab, ambil design aja.
ane kebetulan bawa temen sama sama bingung dan ambil jurusan Design Engineering sama Mekatronika., terus ane lanjut daftar ke POLBAN, ambil jurusan Tekmes sama Aero.
Hari test pertama ane di POLBAN keadaan kaki lg bengkak abis jatoh,ya terpaksa ane harus ikutan dengan keadaan ga konsen,hari itu beres..
selanjutnya ane test POLMAN udah baikan kaki ane emoticon-Ngakak dan bisa konsen full.
Akhirnya ane lolos ke POLMAN jurusan Design Engineer, ane sama sekali ga tau masalah masalah teknis, gambar gambaran (hoby ane) beda jauh, ini bukan seni rupa, tapi untuk masalah Teknis (Mechanical) , ane ikutin dan sempet ga sejalan gara gara banyak rumus untuk tiap rancangannya, hari hari dilalui ane jadi suka ama jurusan ini, semua berbau teknologi dan inovasi, hasil imajinasi kita bisa di aplikasikan untuk merekayasa sesuatu yg kita inginkan, ane jadi inget pak B.J Habibie, beliau waktu tk aja udh pngn merekayasa suatu produk yg berguna untuk banyak orang., ane baru dpt feelnya waktu kuliah.
Di jurusan ini , kita harus bisa mempelajari proses pembutan suatu benda kerja (produk), perhitungan kekuatan bahan, perhitungan teknis (mekanika teknik), dll, banyak aspeknya tergantung tuntutan produk., setelah itu kita mulai mendesain produk berdasarkan data data yg sudah diperhitungkan dengan menggunakan software, seperti Autocad,Pro-Engineer,Catia,Solid Works,Autodesk Inventor,Solidedge,Unigraphic banyak deh tergantung apa yg kita kuasai.

Jadi intinya, coba kuliah ke situ, dan prospek kerja ya Insya Allah ada aja jalannya, dan alhamdulilah seorang Engineer banyak dibutuhkan., ane juga sekarang udh kerja.
emoticon-Blue Guy Cendol (L) semangattt....
Quote:


nah itu gans ituuu !!!
ane juga demen masalahnya sama teknologi , tapi isi otak ane dalam mendesain lebih bisa survive kalo pake seni , trus bikin motor mobil gitu ya baru jago bikin shape " body " aerodinamis masih belajar dll ..
tapi intinya otak ane lebih jalan di seni , mangkanya ane masuk ips soalnya ipa takut sama fisika nya emoticon-Takut (S)

Tapi okedeh gan , membantu banget komentarnya , makasih banyak sharenya , pasti masuk daftar juga , apalagi polban mah deket darirumah .. hehehe emoticon-Big Grin trus kebetulan bokap juga engineer sih tapi bokap mah mesin mesin pabrik gitu ..

oke gan ditahan dulu cendolsnya yah , masih spread nih emoticon-Big Grinemoticon-Cendol (S)
Quote:


Brarti lebih cenderung ke car designnya yah, klo di indonesia keknya ga ada deh jurusan yg fokus kek car konsep design, modeling kek diluar gitu, setau ane sih paling jatohnya klo di kita ke design product ato design industri yah. ga jauh sih basicnya harus bisa manual drawing, modeling clay, software2 cad, 3d karena lebih fokus ke shape dan visualisasi ya itu aja klo buat mulai2 belajar ma.

ane sih belajar scale modelling car aja iseng2 seru emoticon-Big Grin

tambahan lagi

Nah, satu lagi temen ane ada dari IPS masuk ke POLMAN yg mayoritas dari teknik , fisika abis, tp dy berhasil lulus dan bekerja sebagai Engineer juga ko, ga usah takutlah, ilmu fisika ada bisa dipelajari, yang nemuinnya juga kan manusia juga,hehehe... ane juga ga jago fisika nilai juga ga bagus tapi asiklaahhh....
emoticon-Ngakak

kl kita udah dapet dasarnya mah tinggal pengembangan diri, di software juga banyak feature yg bisa di ulik buat body shape, contohnya , Catia softwrare resmi untuk design Aero (pesawat)..,, udah dapet dasarnya dan ingin mendalami ilmunya terusin ke design product, dijamin Engineer berkelas...

Teknologi + Seni punya nilai plus banget, sok atuh semangat, bawa nama negara kita ke Internasional, ditunggu nama agan ada di media dehh, sebagai Engineer yg memadukan seni, mantappp,,,,

Ane mah terinspirasi pak B.J Habibie banget, dan ingin ke German,,, hehhe....

contoh design

Ane kasih gambaran design.
Ini design org pake SW
Spoiler for :
Diubah oleh ketek.bersahaja

lagi

Spoiler for :
Diubah oleh ketek.bersahaja
wah lagi mau belajar desain otomotif juga ni.,
ijin nyimak disini.,
Asik jadi banyak yg mau jadi design engineer nihh emoticon-I Love Kaskus (S)
Post ini telah dihapus oleh babanbe
Post ini telah dihapus oleh babanbe
Post ini telah dihapus oleh ketek.bersahaja
Gan Numpang nanya.... Desain Otomotif itu desain mesinnya atau exteriornya(kayak desain mobil gitu)?? Lagi minat juga sama bidang itu juga nih..
^^^^ atas ane ^^^^



setau ane kalau di industri

secara desain ada engineering sama styling
engineering itu yg bikin bisa dibilang kajian dari mesinnya , ranahnya pasti dari kuliah teknik
sementara dari jurusan art/design ranahnya lebih ke styling - exterior dan interior dan pendekatannya lebih dekat kepada Art karena sense tentang styling dan model yang bagus diperlukan buat bikin konsep yg cihuy soalnya di bidang ini ada 2 macem designer , ada yang namanya product designer ( kasarnya bikin desain udah realistis , teknis teknis fungsionalitas udah di perhitungkan ) lalu ada yg namanya Stylish disini sense elu harus bener bener mantep untuk mengembangkan style si vehicle tersebut

kalau diluar negri ada jurusan langsung vehicle / automotive design , kalau di indonesia kita lewatnya dulu design produk / DP nanti ambil konsentrasinya ke vehicle design
nah untuk exterior dan interior mobil biasanya dari jurusuan vehicle design / product design / industrial design dll
tapi untuk interior anak DI juga bisa masuk kesini

cmiww selebihnya kurangnya mungkin bisa direvisi sama master yg numpang masuk sinih
Diubah oleh LuthfiSukaSuka
Quote:


Halo gan.. mau tanya
Ane sekarang masih SMA udah kelas 3.. kebetulan ane punya passion yg sama seperti agan.. sekarang saya hobby banget sama design otomotif dan juga dunia otomotif itu sendiri.. ane mau minta saran sama agan.. bagusnya ane lanjut kuliah jurusan desain produk atau yg mana?? dan juga minta tips-tipsnya.. ane lebih suka exterior mobil sih.. saya suka ngeliatin design pabrikan german sama pabrikan jepang yg sekarang udah punya ciri khas masing".. thx u gan
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Balasan post kipodii
Masuk desain produk bro nanti ambil konsentrasinya vehicle design , kalo modal mencukupi kuliah diluar negri ada programnya khusus vehicle design apalagi les les online juga sekarang banyak kaya car design academy , nah bagus banget tuh kalo udah punya sense bisa bedain eropa ama jepun asah lagi aja
Lihat 1 balasan
Balasan post LuthfiSukaSuka
Halo gan mohon maaf sebelumnya mau minta saran nih, ane kelas 11 sma jurusan ipa dari kecil suka sekali desain otomotif terutama mobil dan sesuatu yang berbau otomotif,dan tertarik masuk jurusan desain otomotif. Ane baca2 diatas disaranin masuk jurusan desain produk, mau minta saran desain produk yang bagus di univ mana ya? Minta info dan masukan juga soal beasiswa ke luar negeri, ane si minat ke jerman karena menurut ane otomotif jerman itu maju dan katanya kuliah di sana gratis. Lalu menurut agan yang sudah bergelut di bidang ini prospeknya bagaimana untuk kerja apakah menjanjikan terutama di Indo yang otomotifnya kurang dipandang, makasih sebelumnya yang sudah mau share info dan pengalaman😊
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di