alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57a87e4d1a997572268b4568/klik--komunitas-livina-kaskus----part-5

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus !

Tampilkan isi Thread
Halaman 116 dari 343
Quote:


brarti kudu nyiapin dana 2 jutaan ya gan.

sip..sip.. thx infonya emoticon-Big Grin
kira-kira ada yang punya info service alarm sekitar jakbar.?
kebetulan GL ane alrmnya udah mulai error. oy GL ane ngankat 2nd, dan untuk alarm udah bukan oem tapi aftermarket dan sekarang malah error. jadi suka rada susah buka/tutup pintubpake tombol, kalau pakai kunci malah teriak "berasa jadi maling ane" hheee.

mau beli alarm tapi sayang jadi mending maksimalkan alarm yang ada.
Helo gan...ane awam soal livina ..kbtlan lg mu nyri mobil second...dan dptlah yg jual grand livina sv cvt x-gear 2015 akhr, pemakaian 2016.

Kl blh ad bbrp pertnyaan mu ane tny (Grand Livina SV CVT X-gear) :

1.Apa uda ad rear camera (kamera mundur)?
2.Di HU ny apa bs koneksi k smartphone android?
3.Biasany utk service berkala (gnti oli, tune up etc) yg biasa it brp budgetny?
4.Kendala atau permslhan yg sering trjdi di mobil ini apa aj?
5.Konsumsi bahan bakar kira2 perbandinganny brp utk dalkot n luar kota?
6.Ane dgr di luaran apakah sukucadang livina it mahal ga ya gan?

Thx para suhu...
baru sadar headlamp depan sebelah kiri ane berembun, ini kalo di jakarta atau bogor tempat yang rekomen rapih kerjanya buat benerin sekalian bersihin headlamp di mana ya?
Quote:


kalau ane baru aja bulan kemarin dari kalibiru. Sebenarnya ane kesitu kali ke dua. yang pertama ketika ane honey moon tapi ane sewa motor matic dan kali keduanya ane nganter sepupu istri bulan madu sekaligus minta temenin jalan2 dijogja, karena ane asli situ juga.

Ketika perjalan arah kesana sempat diberhentiin di beberapa pos sama agen perjalanan sekitar bilang kalau jalan arah sana itu curam2, apa lagi untuk penggerak roda depan. akhirnya dengan pengalaman ane sebelumnya ane tetep lanjutkan dan tampang mas2nya agak asem hhee.

Dengan kontur jalan yang berliku dan langsung ketemu tanjakkan ane set dari awal masuk ke 2 dan kalau ktm curam banget baru ke 1. Sempet ketika ketemua yang curam banget hampir ilang power tapi gas ane tetep urut pelan dan ane tahan, ya walaupun ketika nanjak kalah sama org jalan kaki tapi
alhamdulillahnya sampe juga GL ane di lokasi parkiran rumah warga di sekitar objek wisata.

Kalau ketemu tanjakkan tergantung sikil dan gmn kita mengenal medannya aja sih hhee
Gan, kalo misalnya body and paint repair itu kenanya berapa ya? Rencana mau kinclongin lagi, ada baret2 trus ada yang lumayan dalem juga sampe bergelombang. Kira2 itu kena berapa ya kalo di jakarta?
Ane punya grand livina sv 2011 yang bawahnya masih plastik gan. Kira2 itu kalo kena ganti brp ya?
Trus buat kakinya nih gan. Shockbreakernya kyknya rusak, karena kalo misalnya jalan di jalanan yang ga rata, dari deket ban suka bunyi gratak2 gitu gan. Kira2 kalo itu kenanya berapa ya? Dan rasanya livina ane shocknya emang terlalu bouncy, kalo di beres bisa diganti ke shock yang kyk grand 2012 ga ya? Ada temen ane grand 2012 enak gitu gan.
Thanks gan semua emoticon-Smilie maaf banyak permintaan emoticon-Big Grin
Diubah oleh weldercast
Quote:


Sekarang per panel rata rata 400 - 600 tergantung kecanggihan alat bengkel tsb dan bahan cat yg digunakan.

Kaki kaki biasanya banyak yg kena, gak cuman shock doang. Penyebab utama shock lemah, akhirnya karet karet seperti support shock, bushing arm, bushing member ikut pecah. Lebih pasti cek dulu dibengkel

Quote:


Bearing shock depan udah seret, kalo dilumasin doang nggak terlalu awet tapi mendingan. Saran sih ganti bearing shock, orinya 450 an perbiji x 2 belum ongkos
Diubah oleh arek2504

ngelitik

Selamat pagi para suhu, ijin nubi mau nanya.
GL ane ngelitik mesinnya apa ada cara lain selain kuras oli mesin?
Mohon jawabannya.
Terimakasih
Quote:


Makasih gan solve, springnya ane copot trus paksa melarin. Mudah2an awet nyepring.
Quote:


Dalkot jkt 12km/l - Lukot bisa 20km/l kalo kuat nahan ga main bejek & steady di 80kpj.
Suku cadang ori smua mbl mahal gan. Tinggal kita yg pilih mau yg ori ato kw. Banyak yg blg spareparts toyota murah, smua jg murah kl KW. Yang ori semua mahal, ga ada yg murah.
mau tanya,
kalo beli headunit livina th 2011 ini kabel usb yg di lacinya bisa diambil jg ga ya ? apa harus beli kabel usb lagi? terus bentuk colokan yg dibelakang headunitnya sperti apa ya. tks �� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
Diubah oleh pertamaxjuragan
Quote:


prinsipnya ngelitik itu adalah 'ledakan' pembakaran di dalam ruang bakar yang terjadi 'terlalu duluan' sebelum TMA, titik mati atas piston. sehingga piston yang masih bergerak ke atas, 'dipaksa' melawan energi 'ledakan' pembakaran yang seharusnya mendorong piston ke bawah.

kenapa kejadian, banyak sebabnya :
1. pembakaran diset terlalu maju, solusi : mundurkan seting pembakaran.
2. titik bakar sendiri/self combustion bahan bakar terhadap tekanan, dikenal sebagai RON, terlalu rendah terhadap tingkat kompresi ruang bakar mesin saat TMA, sehingga belum TMA/timing pembakaran sudah 'metu'., solusi : pakai BBM RON tinggi.
3. Deposit kerak kepala piston sudah tebal, sehinnga mengurangi volume ruang bakar, lalu memperbesar angka kompresi, sehingga terjadi nomor 2., solusi : carbon clean, atau kalau parah harus turun kepala silinder untuk 'dikerok'.
4. Pendinginan mesin kurang baik, sehingga panas mesin memancing campuran bahan bakar 'meledak' sendiri sebelum waktunya seperti nomor 2, solusi : jaga kondisi radiator, pakai cairan coolant yang titik didihnya tinggi, jaga kondisi kipas pendingin serta sensor pemicunya (water coolant sensor).
5. Pelumas terlalu kental, baik dari awalnya salah spek atau kotor. Memperberat kerja mesin sehingga piston 'terlambat' mencapai TMA, pembakaran 'duluan' memantik ruang bakar. solusi : pakai oli seencer mungkin sesuai spek mesin.
6. Campuran bahan bakar terlalu miskin/lean, sehingga efek 'pendinginan sendiri'/self cooling dari campuran bahan bakar dan udara tidak efektif, akibatnya seperti nomor 4. solusi : seting campuran bahan bakar diperkaya, jaga kondisi sensor-sensor yang menghitung campuran; Air Flow sensor, o2 sensor.
7. Sensor 'ngelitik' tidak berfungsi. mesin modern dengan ecu, mengatur maju-mundur timing pembakaran berdasar bacaan knocking sensor, kalau 'mendengar' knocking, maka waktu pembakaran dimundurkan. biasanya baru berfungsi di atas 2000 rpm, tapi ini 'benteng terakhir' terhadap knocking, kalau 1-6 sudah parah, dan sudah seting mundur maksimal, ngelitik tetap terjadi. solusi : ganti sensor knocking.

demikian yang saya tau semoga bermanfaat. CMIIW dan pendapat lain dinantikan *mumpung lagi santai hari Minggu.
mau tanya. utk shock belakang apa ada saran pakai merk apa? bilstein atau sachs? ada info harga bagusnya?
Quote:


barang ori mnrt ane ada macem2 level
1. pertama, barang ori yg 'pasti ori'. bungkus resmi, ada stiker kode sesuai buku service manual, dsb.
- kalo beli di beres PASTI mahal. yg pasti beli di beres kena pajak.
barang beres 'pasti ori' ? seharusx.
tapi montir ane yg punya jaringan luas, kata dia gudang beres bs jg main samping. ane jg pernah main samping sm org beres nissan wkt beli paking karter matik. katax barang udah di pesen ga diambil2, di ksh separo harga. ane tau main samping dosa dan mendidik gak baik, tapi krn murah sikat lah...
- beli di toko. seharusx lbh murah dr beres, tapi gak selalu.
pasti ori ? pasti gak lah. pasti kw ? pasti gak jg.
toko bs dpt 'pasti ori' dr lelangan (ga tau lelangan apa). sialx kalo dilelang krn ga laku2, afkir lah dia...
toko bs dpt 'pasti ori' dr jaringan org beres yg nakal2 suka main samping
toko bs jg dpt 'pasti ori' dr suplier. kenapa itu suplier ga jual ke beres aja ? panjang ceritax
note : yg mnrk, onderdil 'pasti ori' fast moving nissan murah2. contoh filter oli murah bgt, cuma 35 rb.

2. kedua, barang ori krn dibuat di pabrik yg sama (istilahx OEM). bungkus pake nama pabrik, kode pake pabrik punya
- beli di beres pasti ga ada
- beli di toko. kalo toyota bnyk nih barang kaya begini. mulai metal duduk sampe master rem. merk aneh2
nissan blm ngalamin
contoh : radiator yg bikin biasax KOYO. toyota jg bnyk pake merk AISIN. belt biasanya BANDO. ac biasax ND/DENSO,

ngomong soal barang KW, lbh bnyk lg levelx
1. KW 1/jepang. toyota banyak nih. kenapa ane blg bagus, soalx dah liat sndr umurx bertahun2. harga jauh dr pasti ori
kw bagus biasax ane pake kalo OEM ga ada. nissan msh memantau
2. KW sampah. nah, kalo ini ngalamin bnyk di nissan he3. di toyota, lbh bnyk lg ha3. pengalaman ane beda nissan sm toyota, KW sampah nissan harga ga semurah toyota
3. barang aspal. ga jelas ori/kw tapi di ksh bungkus ori. yg aneh hargax murah. ini ane paling benci dan sialx dr pengalaman nissan bnyk barang begini

pertanyaanya, kenapa milih KW ?

beli KW bukan cuma mslh harga. sering onderdil pasti ori barangx assy/ segelondong. pdhl yg rusak cuma satu bagian, kan sayang
contoh : pompa bensin ori ga ada. mesti beli sama rumah, filter, dsb. ane pompa bensin lemah ganti yg bekas tau dr mobil apa cuma pekgo.
contoh lg : bushing arm ori ga ada. mesti beli sama besi swing. lah tu besi asal ga kepentok satu abad jg ga rusak kali. kasus crossmember jg begitu

kalo tersedia, ane bakal milih OEM. kualitas sama, harga murah.
barang KW sikat jg kecuali buat jeroan mesin
kalo mau puas, ya ke beres. minimal di beres dpt garansi onderdil dan pengerjaan
Quote:


Nambahin dikit gan dari yang ane tau waktu masih kerja di maintenance industri PMA Korea, jadi mobil dinesnya Korea semua, sebenernya onderdil OEM (yang dipasang ketika mobil dirakit) itu sub order ke mana-mana. Mobil Korea banyak onderdil OEMnya yg juga buatan Cina dan Indocina, biasanya perjanjian sama vendor, misal selama 3 tahun pertama mereka eksklusif cuma jual ke Merk, setelah itu boleh jual 'sampingan' sebagai aftermarket. Kalo mobil Korea dulu yang terkenal merk 'Mobis', kalo Nissan yang ane tau baru 'Niles'. Nah mereka ini juga bikin grade kualitas, OEM pasti paling mahal, biasanya bikin juga grade A, malah B, biasanya dibedain merk tapi punya ciri tertentu yang toko onderdil hapal.
Nha yang ane dikasitau lagi nih, kualitas paling bagus tentu OEM beneran, yang dikirim dari vendor ke merk untuk dipasang pas mobil dirakit. Kadang ada aja yang masuk pasar aftermarket, cirinya justru nggak pake dus/kemasan bermerk karena memang vendor kirimnya ke merk dalam dus kemasan isi banyak, bukan satuan macam aftermarket. Untuk dapetnya mesti bener2 kepercayaan sama toko, soalnya kadang cuma bungkus plastik doang emoticon-Big Grin kalo jaman mobil Korea sih ane ada pegangan toko sakura di kemayoran, nha nissan ini yang belum punya.
Quote:


lipina mah kendaraan gak populer gan jadi ya di maklumi lah klo barang OEM nya msh susah.

Klo menurut ane sparepart OEM/KW non beres yg bisa di jadiin patokan kayaknya yg dijual di bengkel2 non beres tapi udah terpercaya macem jasmin motor sunter, untuk magnet clutch ac ke rotary bintaro (dari pada ganti 1 set sama kompresor di beres)

Untungnya gerobak ane 4 tahun ini baru njajan link stabilizer doang, itu pun ambil di beres soalnya murah hehehe. Cuman kayaknya bulan depan abis gajian mau masuk ke rotary bintaro nih buat jajan magnet clutch emoticon-Frown

ac livina 2014

Halo gan suhu dimari.. ane baru angkut livina 2014 / 2015 ..ac livina ane kok anginnya kecil bgt ya gan.. dinngin sih lumayan.. padahal ane cek livina lain biasanya nomer 1 aja anginnya kenceng bgt..

Kenapa ya gan ? Mohon pencerahan..

O iya gan.. jasmine motor yg di fatmawati bagus ga ya gan ? Bisa ga servis disana ya gan

OEM

Quote:


Menurut ane OEM ga ngeluarin produk sendiri karena mungkin alasan sudah ada aggreement dengan ATPM utk tidak menjual bebas.

Karena secara desain OEM yg mengeluarkan produk sendiri mereka harus membayar royalti ke ATPM karena memang itu HAKI dari ATPM. Jadi ya OEM ga bisa seenaknya mengeluarkan produk sendiri.

Kalo secara OEM nissan sama banyaknya dg mobil laen, mengingat aturan pemerintah yg mengharuskan adanya kandungan domestik sebesar 70% tentunya ATPM yg punya pabrik di indoesia pasti punya OEM banyak.

Masalah ketersediaan part OEM mungkin juga strategi nissan entah itu untuk apa jg saya kurang tau. Kenapa OEM dibatasi.
Quote:


makanya saya kasih masukan klo mau barang yg OEM maupun KW mending ke bengkel third party yg udah terpercaya gan, contoh paling gampang magnet clutch.

klo di beres nissan kan ga bisa itu ganti cuman magnet clutch, harus assy segelondong ama kompresor.

nah itu barang punya nissan ori kan merek calsonic, nah daripada beli segelondong ane udah survey2 akhirnya dapet info di rotary mereka jual magnet clutch nya aja dengan merk yg sama dan dijamin orisinil keluaran merek yg sama ( calsonic )

Tanya Rekomendasi Toko Ban Di Denpasar

Salam kenal semua....
Saya baru disini...emoticon-Smilieemoticon-Smilie

Mohon bantuannya saya mau ganti ban grand livina saya...
Kalau di denpasar toko ban yang bisa direkomendasikan dimana ya? Plus harganya miring..hehehe

Ada temen yg rekomendasi merk accelera..bagus kah?
Mohon arahannya ya


Makasiih...emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
Halaman 116 dari 343


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di