godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Sarapan Ala Orang Indonesia? Cek Kalorinya di Mari, Gan!


Indonesia memang terkenal dengan keaneka ragaman makanannya, tidak terkecuali menu sarapan. Dari banyaknya pilihan makanan yang dapat dikonsumsi di pagi hari, kebanyakan dari Agan dan Sista mungkin akan memilih nasi kuning, ketoprak, nasi uduk, atau bubur ayam sebagai menu santap favorit.

Sarapan sendiri merupakan waktu makan yang paling penting karena energi yang didapatkan oleh tubuh kemudian akan digunakan untuk memulai aktivitas seharian. Namun, pada kenyataannya, banyak di antara kita yang memilih menu santap pagi yang tidak seimbang; karena hanya kaya akan karbohidrat, namun rendah kandungan protein, serat, dan vitamin. Kebiasaan ini tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat memicu obesitas dan gangguan medis yang berkaitan dengan berat badan lainnya.

Jadi, apa dong langkah yang bisa Agan dan Sista lakukan untuk meminimalisir kemungkinan tersebut? Mudah saja, cukup kenali menu sarapan Gan-Sis dengan baik! Berikut daftar menu santap pagi favorit beserta kalori dan kandungan gizinya yang harus kalian ketahui:


1. Nasi uduk



Orang Indonesia yang tinggal di Jawa sudah pasti tidak asing lagi dengan menu sarapan yang satu ini. Nasi uduk yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah biasanya dilengkapi dengan telur, tempe, semur jengkol, kentang, dan kerupuk. Nikmat bukan? Perkiraan kalori yang terkandung pada nasi uduk untuk satu porsinya (±160 gr) adalah 260 kkal (32,84 gr karbohidrat, 12,5 gr lemak, dan 4,07 gr protein).

2. Nasi kuning



Nasi kuning yang dimasak dengan kunyit, santan, dan rempah-rempah akan disajikan dengan tambahan tempe, ikan teri, atau telur. Perkiraan kalori yang terkandung untuk satu porsinya (105 gr) adalah 110 kkal ( 21,9 gr karbohidrat, 0,18 gr lemak, dan 1,98 gr protein).

3. Bubur ayam



Karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih karena dicampur dengan santan serta beberapa irisan tebal daging ayam, banyak orang yang lebih memilih bubur ayam sebagai menu sarapan. Kalori yang dikandung oleh bubur ayam adalah 372 kkal dengan 36,12 gr karbohidrat, 12,39 gr lemak, dan 27,55 gr protein.

4. Lontong sayur



Menu sarapan yang menambahkan ayam, telur rebus, nangka dalam penyajiannya merupakan menu sarapan yang sangat digandrungi setiap orang, khususnya penduduk pulau Sumatra. Kalori yang terdapat dalam lontong sayur adalah sebesar 357 kkal dengan 59,1 gr karbohidrat, 8,39 gr lemak, dan 11,11 gr protein, untuk satu porsinya sebanyak 400 gr. Hati-hati! Khusus bagi Anda yang sedang menjalani program diet, menderita penyakit jantung, atau mempunyai masalah dengan penyempitan pembuluh darah, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi menu yang satu ini karena tingginya kandungan lemak jenuh dalam satu porsi lontong sayur.


5. Nasi soto



Hampir setiap kota di Indonesia mempunyai menu sotonya masing-masing. Soto yang biasanya disajikan dengan tambahan ayam, kol, toge, tomat, dan taburan bawang merah mengandung setidaknya 327 kkal. Kok, sedikit sih jumlah kalorinya? Eit, jangan salah! Kalori tadi hanya untuk konsumsi sotonya saja, tidak termasuk nasi putih. Jadi, jika Anda menyenangi menu sarapan yang satu ini, ada baiknya untuk mengurangi pemasukan kalori di waktu makan selanjutnya. Mudah, bukan?

6. Nasi pecel




Makanan yang berasal dari Jawa tengah ini biasanya disantap di pagi hari. Nasi yang dilengkapi dengan sayuran rebus yang disiram dengan bumbu kacang dan dicampur dengan telur, tempe becem, atau mie memang menggugah selera. Dari kandungan gizi, makanan ini mengandung 276 kkal dengan 38,09 gr karbohidrat, 11,2 gr lemak, dan 7,9 gr protein. Ditambahkannya sayuran rebus dan saus kacang menjadikan menu sarapan ini ideal untuk dikonsumsi karena mengandung serat dan protein yang tinggi.

Jadi, mau makan apa esok pagi?

Nah, jikalau Agan dan Sista butuh informasi kesehatan lain yaang terpercaya, langsung aja cek di SUMUR!emoticon-Ngacir2

Spoiler for BOCORAN TKP!!:


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya, gan! Ente soalnya bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang nggak cuman ramah, tapi juga informatif dan membantu!

emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!
0
52.1K
349
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan