godok.indonesia
TS
MOD
godok.indonesia
Agan Sering Ngecek E-mail? Hati-Hati Bahayanya, Gan!


Apakah Agan dan Sista termasuk orang yang sering mengecek e-mail baik di telepon genggam atau komputer pribadi? Jika ya, mungkin artikel ini bisa membuat Gan-Sis sekalian mengubah kebiasaan tersebut.




Sebuah penelitian yang melibatkan 124 subjek dari berbagai kalangan dan rentang usia, mulai dari pelajar, pialang saham, ahli medis, hingga ibu rumah tangga, dilakukan untuk meneliti hubungan antara tingkat stres dengan kebiasaan membuka e-mail. Subjek tadi kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu mereka yang hanya membuka e-mail3 kali sehari dan mereka yang diberi kebebasan untuk membuka e-mail sebanyak mungkin. Setelah 1 minggu, kedua kelompok ditukar untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif.



Hasilnya, terungkap bahwa kelompok yang membuka e-mailhanya 3 kali sehari mengalami tingkatan stres yang lebih rendah dibandingkan mereka yang membuka e-mail sesuka hati.

Masih belum percaya? Penelitian lainnya yang dilakukan oleh UC Irvine dan US Army membuktikan bahwa mereka yang sering memeriksa e-mail di waktu senggang lebih sering mengalami stres dibanding mereka yang beristirahat total tanpa diganggu kegiatan apapun. Lho, kok bisa? Ternyata, seringnya mengecek e-mail dapat membuat detak jantung Anda terus menerus dalam keadaan konstan. Hal inilah yang sering diasosiasikan dengan munculnya stres berat.



Selain berakibat buruk pada kesehatan mental, keseringan mengecek e-mailjuga dapat merusak hubungan Anda dengan kerabat atau keluarga. Sebuah survei yang dilakukan oleh Good Technology menyimpulkan bahwa dari 1000 orang yang menjadi subjeknya, 68% terbiasa untuk membuka email sebelum jam 8 pagi, 50% mengeceknya saat tidur, 57% melakukannya saat beraktivitas bersama keluarga, dan 38% mengeceknya di saat makan malam. Dari penelitian tersebut, terlihat bahwa 2 waktu utama yang digunakan untuk mengecek e-mail merupakan waktu yang seharusnya digunakan untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan erat dengan anggota keluarga atau kerabat.




Lalu, bagaimana caranya agar kebiasaan mengecek e-mailtidak berpengaruh buruk pada kondisi psikologis dan hubungan dengan keluarga? Salah satu alternatif yang efektif adalah dengan membatasi porsi waktu yang digunakan untuk membuka e-mail. Anda tetap boleh membuka e-mail, tapi hanya di jam-jam kerja. Di luar waktu tersebut, relaksasi tubuh dan pikiran Anda dengan melakukan kegiatan bersama keluarga atau melakukan hobi. Dengan begitu, porsi pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda akan kembali seimbang. Hasilnya, Anda akan terhindar dari stres berkepanjangan.




Nah, jikalau Agan dan Sista sekalian butuh informasi kesehatan lainnya, yuk langsung cek TKP! emoticon-Ngacir2

Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya, gan! Ente soalnya bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang nggak cuman ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
Diubah oleh godok.indonesia 04-05-2017 08:10
0
42.8K
308
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan