KuMAnsAvatar border
TS
KuMAns
Guitar Pickups General Discussion
Yuk kita diskusi soal pickup disini. Daripada banyak thread yg nyebar2. Kayanya dikhususkan buat pickup gitar aja ya biar gak kepecah2. Soal info, review, ato skematik bisa dibahas disini

Sebagai pengantar, apa sih pickup itu? Pickup merupakan sebuah alat yang mengubah getaran senar menjadi bunyi. Hanya itu. Gak kurang dan gak lebih.

Berdasarkan bentuknya secara umum, pickup dibagi menjadi 2 jenis yaitu single coil dan humbucker.
Single coil merupakan pickup dengan 1 coil saja. Fender stratocaster merupakan gitar yang menganut pickup jenis ini.
Humbucker merupakan pickup yang memiliki 2 coil. Pada awalnya pickup humbucker ini hanya difungsikan secara seri saja, akan tetapi seiring perkembangan jaman pickup humbucker ini dapat difungsikan secara seri, paralel, bahkan hanya bekerja salah satu coilnya saja (inner coil maupun outer coil saja).

Berdasarkan sifatnya, pickup dibagi menjadi pickup aktif dan pasif.
Pickup pasif merupakan pickup yang tidak memiliki built-in preamp (ato penguat sinyal) sehingga dapat bekerja tanpa adanya sumber daya. Sedangkan pickup aktif adalah pickup yang memiliki sirkuit preamp di dalamnya sehingga untuk menggunakannya dibutuhkan sumber daya.
Harap diingat, tidak semua gitar yang punya slot batere bisa dikatakan menggunakan pickup aktif, bisa saja menggunakan pickup pasif namun dengan tambahan sirkuit aktif. Misalkan ESP Alexi Laiho.

Pilih2 pickup
Banyak sekali kawan2 gitaris yang mengalami kesulitan saat memilih pickup, terutama untuk mengganti pickup bawaan gitarnya yang dirasa kurang cocok dengan selera.
Sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan TAHU SOUND SEPERTI APA YANG DIINGINKAN dan MAU MEMBACA SPESIFIKASI PICKUP (bisa dilihat di [url]www.seymourduncan.com[/url], [url]www.dimarzio.com[/url], [url]www.emgpickups.com[/url])
Atau lebih gampangnya bisa menggunakan fasilitas Tone Wizard di website sang produsen pickup.

Untuk lebih jelasnya apa saja sih yang harus diperhatikan dalam memilih pickup.
1. EQ
EQ disini adalah sebaran bass-middle-treble si pickup itu, sehingga dapat diketahui pickup tersebut dominan di frekuensi mana.

2. Magnet
Magnet yang umum digunakan dalam sebuah pickup adalah Alnico dan Ceramic. Secara umum Alnico lebih menonjolkan warmth, dan ceramic menonjolkan power.

3. Output
Menunjukkan power keluaran dari si pickup. Makin besar output makin besar powernya dan makin mudah untuk menghasilkan sound distorsi yang padat, namun makin tinggi output, respon treble dari pickup akan makin berkurang. Pickup Seymour Duncan menunjukkan besaran output menggunakan DC resistance, makin besar DC resistance makin besar pula output. Sedangkan DiMarzio menggunakan ukuran volt.

4. Resonant Peak
Menunjukkan pada frekuensi berapa yang dominan di pickup tersebut. Makin tinggi resonant peak maka makin besar respon treble pickup tersebut

Dengan mengetahui spesifikasi pickup, paling tidak kita bisa meraba2 bagaimana karakteristiknya.
khancutxbolon9
turahbagus215
ricky82
ricky82 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
481.5K
5K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan