mangmamas25Avatar border
TS
mangmamas25
Bolehkah Menolak Turun dari Pesawat? Pahami Dulu Hak Agan!


Baru-baru ini, insiden yang terjadi di pesawat United Airlines menjadi perbincangan di dunia maya. United Airline dengan menggunakan petugas berwajib menurunkan 4 orang penumpang yang dipilih secara acak, dengan alasan kelebihan muatan. Padahal penumpang tersebut adalah konsumen yang sah. Namun karena menolak untuk turun, salah satu penumpang, diseret paksa dan mendapat tindakan kekerasan.



Pihak United Airline juga sudah merilis pernyataan resmi mengenai kasus ini. Namun pernyataan itu malah menyatakan bahwa penumpang tesebut melawan dan memiliki masalah. Tapi terlepas dari hal itu, tindakan kekerasan yang dilakukan tetap aja melebih batas.

Hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai aturan penerbangan yang melibatkan hak konsumen. Kali ini ane akan menjelaskan mengenai hak Agan sebagai konsumen yang sudah membeli tiket pesawat, berdasarkan artikel dari [URL="http://mashable.com/2017/04/11/united-know-your-rights/?utm_cid=mashS E N S O R-Tw-main-link#zgYcuXFugaqA"]Mashable.com[/URL].

Menurut Paul Hudson, Ketua Kelompok Advokasi Grup Penerbangan, ada hak yang Agan dapatkan dan juga hilang, ketika Agan naik pesawat. Penting banget untuk Agan memahami hal ini, agar tidak mengalami hal yang tidak menyenangkan di kemuian hari.

Ada Hak yang Hilang saat Agan naik pesawat



Saat Agan naik pesawat sebagai penumpang, ada hak agan yang tidak berlaku selama itu. Saat naik pesawat agan berarti sudah menyetujui untuk mengikuti instruksi yang diberikan oleh kru penerbangan. Sebagai contoh, saat menyetujui untuk tidak berisik di pesawat, secara tidak langsung agan mengorbankan hak kebebasan berbicara. Menurut Hudson kita harus menuruti instruksi kru penerbangan, meskipun dirasa tidak adil dan alasannya tidak bisa diterima. Jika hal yang diminta dirasa tidak pantas, Agan bisa komplain atau membuat laporan sesudah penerbangan, tapi untuk saat itu, kru memiliki wewenang untuk menjaga keamanan penerbangan.

Jika Agan Diminta Keluar dari Pesawat, Agan Berhak Mendapatkan Kompensasi



Ketika maskapai meminta Agan keluar dari pesawat (dalam hal ini gak jadi terbang dengan pesawat yang sudah agan beli tiketnya), agan berhak atas kompensasi. Pemerintah Amerika memang tidak memberikan regulasi yang pasti mengenai nominal kompensasi yang harus diberikan untuk konsumen, hanya batas maksimal saja, Untuk penerbangan domestik Agan bisa mendapatkan hingga 1.350 dollar, dan untuk penerbangan internasional Agan bisa mendapatkan hingga 5.500 dollar.

Tapi Agan tidak punya hak untuk tetap di pesawat (jika diminta turun)



Saat Agan membeli tiket pesawat, Agan juga sekaligus menyetujui kontrak yang mengikutinya. Maskapai lebih berhak daripada Agan. Jadi jika Agan tidak mengikuti permintaan kru penerbangan, meskipun itu adalah permintaan untuk keluar dari pesawat, pihak maskapai bisa memanggil petugas keamanan.

Yaa tapi meskipun maskapai punya hak untuk menurunkan penumpang, bukan berarti juga apa yang dilakukan oleh United Airline bisa kita terima, meskipun secara aturan memang hal itu legal untuk sebuah maskapai. Tapi perlakuan kasar tetap tidak bisa dibenarkan ya Gan!

Nah semoga kita lebih paham mengenai hak dan kewajiban di pesawat, biar gak salah bertindak!

0
35.9K
198
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan