ansman900
TS
ansman900
Penjara Ini Gak Seperti Penjara Yang Kamu Bayangkan!
Ketika menyebut kata penjara pasti yang ada di bayangan banyak orang adalah tempat-tempat yang suram dan mengerikan.Tempat-tempat seram untuk menghukum para pelaku kriminal biar jera dan gak mau balik ke tahanan. emoticon-Takut (S)

Tapi jangan salah Gan! Gak semua tampilan penjara itu semenyeramkan yang kamu bayangkan. Seperti penjara-penjara ini nih.


Penjara Suomenlinna



Di Penjara Suomenlinna Finlandia, gak ada tuh kawat berduri yang menjaga dan membatasi lingkungan para napi dengan lingkungan di sekitar. Sebaliknya hanya ada pagar kayu kecil yang membatasi. Itu makanya penjara ini juga sering disebut penjara terbuka.


Penjara Halden



Sementara penjara Halden di dekat Norwagia memberikan kesempatan para napi untuk memasak, bermain video games, dan tidur di tempat tidur yang nyaman. Kamarnya bahkan mirip seperti asrama di perguruan tinggi dibandingkan sel napi. Ternyata tujuan penjara ini dibuat sedemikian rupa ya untuk memperlakukan para napi seperti halnya orang-orang biasa sehingga ketika mereka balik ke lingkungan luar mereka bisa masuk ke dalam lingkungan masyarakat dengan pola pikir yang sehat dan baik.


LP Otago




Mirip dengan penjara Halden, Lembaga permasyarakatan Otago di New Zealand juga lebih mirip ke kamar anak remaja dibanding penjara. Di sini juga ada fasilitas kesehatan dan perpustakaan yang didesain untuk menjaga para napi agar tetap merasa seperti bagian dari anggota masyarakat biasa.


Austria's Justice Center



Kalau Austria’s Justice Center justru gak mirip sama bangunan penjara kebanyakan. Kalau biasanya kita lihat dari luar bentuk bangunan penjara banyak yang tertutup dan gelap maka bangunan penjara ini didesain aristektur agar cahaya yang masuk cukup. Gak mirip penjara kan ya Gan?

Penjara Aranjuez



Penjara Aranjuez Spanyol lain lagi nih Gan. Di sini orang tua dan anak-anak para napi bisa tinggal dengan keluarga mereka yang dipenjara. Penampakannya tak seperti penjara! ada karakter disney di dinding, kamar anak bahkan ada taman bermain untuk mencegah anak-anak menyadari bahwa orang tuanya tengah dipenjara.


Penjara Bastoy



Nah kalau di Penjara Bastoy Norwegia, narapidana menghabiskan hukuman mereka di sebuah pulau pribadi dengan berternak, memancing, bermain ski, bermain tenis, ataupun menunggang kuda.


Penjara di Indonesia?



Trus di Indonesia gimana? Ya ane sejujurnya ga tau pasti sih. emoticon-Ngakak (S) Tapi kalau ingat jaman dulu kasusnya Artalyta Suryani di Rutan Pondok Bambu sih, di rutannya ada sederet fasilitas mewah yang disediakan untuk warga binaan berduit sih. Tapi ya gak tau aslinya sekarang begimana. Ada yang tau? emoticon-Blue Guy Peace





sumber



0
13.4K
70
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan