bayu.indraAvatar border
TS
MOD
bayu.indra
Pasoa dan Sang Pemberani - The making of Amet Mude
PASOA DAN SANG PEMBERANI - THE MAKING OF AMET MUDE




halo gan n sist ... ane kembali lagi dengan thread thread Pasoa dan Sang Pemberani ... tapi kali ini kita akan ngobrolin pembuatan character dari salah satu tokoh utama nya ... yang dalam film nya di sebut Sang Pemberani ... yaitu Amet Mude. Mulai dari Pre Production sampai Production dan Post Production nya ...



Tokoh pemberani yang mencurigai Pasoa sebagai mahluk jahat ... yang lalu bersama sama dengan Pasoa ikut menyelamatkan kekayaan alam ini di design dengan beberapa varian oleh RUS Animation Studioteam gan n sist ... mulai dari default character yang hanya dengan standard pakaian, dengan asesoris tambahan seperti cadar penutup muka, lalu character Amet yang menggunakan Armor ... dari pedang atau panah gan n sist ... semua di design dengan varian berbeda, ini semua bertujuan agan pada waktu character rig dan setup semua bisa di rig dan setup secara terpisah ...

Selain design base character nya seperti Amet Mude … RUS Animation Studio team harus membuat facial expression design juga, sehingga pada waktu modeling untuk target facial bisa lebih terarah, tidak menebak nebak, dan lebih pasti bentuk facial shape nya …



Begitu juga untuk pakaian dan segala macam kain kainan gan n sist … mulai dari warna pakaian dan kain sampai motif motif kedaerahan yang di pakai sudah dipikirkan habis habisan oleh RUS Animation Studio design team ...

Seperti di awal ane bilang bahwa perlu beberapa varian design yang nantinya juga di pakai sebagai guidance utk rigging dan setup ... Untuk default design Amet character dan design Amet yang menggunakan cadar kain RUS Animation Studio tidak melakukan perbedaan pada skeleton joint dan rig nya ... tetapi yang berbeda pada waktu skinning nya ... dimana poly model pada bagian kepala dan cadar di skinning mengikuti skeleton joint bagian kepala.



Sedangkan Amet character yang menggunakan armor khusus nya panah, RUS Animation Studio menggunakan Constraint pada rig skeleton nya ... sehingga kemana pun skeleton torso bergerak akan dapat di ikuti amor panah nya ... agan n sist bisa cek Constrain Point, Orient, dan aim ...

Dan ketika anak panah nya di lepas dan melesat ke arah target ... sudah pasti akan menggunakan multiple Constrain ... satu pada awal contrain di panah nya ... lalu kedua di target anah panah nya ... dan wieght constrain di animate setelah contrain setup nya final gan n sist ...

Sedangkan untuk pedang akan lebih simple meskipun dengan multiple constrain juga ... constrain awal di sarung pedang nya ... constrain kedua di skeleton joint tangan nya ... baru setelah setup constrain final kita bisa animate mengambil pedang dan menggenggam nya ...



nah … untuk facial expression nya simple gan mereka menggunakan Blend Shape … hanya gan n sist untk memudahkan RUS Animation Studio Team, mereka menggunakan custom Facial Controller … di set di samping poly model kepala nya, sehingga lebih mudah meng animate nya, hanya terbuat dari line curve yang di connect ke Blend Shape attribute nya dengan menggunakan bermacam macam tools gan n sist … bisa mulai dari connection editor sampai MEL script dan Phyton script dan proggraming … tapi untuk Pasoa setup mayoritas menggunakan Phyton seperti pak Daniel Harjanto bilang dalam beberapa kesempatan … selain memang sudah build-in di Maya, juga karena Phyton sangat sangat Object Oriented programing … sangat cocok dengan Maya yang Node Base System …



_______________________________________________________________________________________________________
untuk thread Pasoadan RUS Animation Studio lain nya click Image di bawah.


_______________________________________________________________________________________________________




Untuk Animation baru bisa dilakukan setelah Animatic selesai gan n sist … kenapa gan n sist … karena di animatic itu kita tau duration dan timing secara lebih pasti gan n sist … Animatic di buat dari potongan storyboard dan beberapa tambahan gambar pastinya … di tambah guidance awal dari story dan script … beberapa studio bahkan menambahkan rough audio dan music supaya animator bisa nge bayangin bagai mood dan emosi dari film dan character character yang terlibat gan n sist …

Dari banyaknya storyboard sequence yang ada … akan di load satu persatu sesuai alur cerita ke dalam Toon Boom, di buat rough 2D animation untuk membuat animatic … lalu setiap animator akan me load animatic tersebut yang di gunakan sebagai guidance dari setiap job desk scene yang mereka punya … setelah selesai mereka akan buat preview dengan Maya Playblast untuk di review ke Producer dan Director … disana ditentukan apa ada revises atau final … WARP ... gan n sist … !!



di RUS Animation Studio untuk memaintain, manage, tracking, dan evaluate scene scene nya menggunakan pipeline tool yang namanya Shotgun gan n sist … enak nya sudah integrate dengan Maya, Nuke, dan Photoshop … flexible juga dengan banyak extension file mulai dari 3D file, Image file, juga movie file yang banyak di gunakan sebagai animation guidance

Keren nya di RUS Animation Studio rendering tidak pernah single render … mereka selalu melakukan multi element dan multi passes rendering … sehingga pada saat re layout dan compositing di Nuke menjadi begitu flexible … untuk render passes mostly beauty pass dan Ambient Occlusion … tapi nga jarang juga light passes ataupun shadow passes di gunakan, karena bakalan enak buat ngontrol pendar cahaya misal dari obor dan lampu lentera gan n sist …



Setelah final di compositing di Nuke … mereka masih harus color grade di Davinci color grade … Pak Daniel mengatakan salah satu enaknya di Davinci Resolve terbaru itu di auto tracking nya, terutama auto tracking di selection nya gan n sist … yang kalau agan n sist tau banyak yang harus melakukan Rotoscoping kalau selection nya bergerak gan n sist …



Setelah compositing dan color grading selesai … mereka langsung ke audio dan music di editing … setelah itu baru keseluruhn proses selesai gan n sist …

nah … begitu proses pembuatan character dari Amet Mude … hingga bisa berinterkasi di dalam film Pasoa ini gan n sist … semoga ini bisa menjadi pengetahuan tambahan bagaimana proses sebuah character animation dalam film animasi.



MAJU TERUS ANIMASI INDONESIA


untuk thread Pasoadan RUS Animation Studio lain nya click Image di bawah.





Diubah oleh bayu.indra 06-02-2017 01:22
0
52.7K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan