schweinzAvatar border
TS
schweinz
20 Tahun Kemudian
special thanks mira kamir emoticon-Wink

sebuah cerita masa lalu, jaman SMP, Sebuah cerita 98% real dan 2 % penyedap rasa, karena ini terjadi lebih dari 20 tahun yang lalu saya akan coba ingat waktu demi waktu..

ID ini aku pinjam dari seorang kaskuser yang sudah tidak sempat ngaskus karena dia ditugaskan kesebuah daerah yang akses internetnya belum begitu bagus, dan juga tidak sempat ngaaskus (thanks brader..)

Bagi pecinta cerita horror.. maaf ini gada horror horornya sama sekali emoticon-Big Grin

Here we go..


Untuk menjaga privasi semua nama disini saya samarkan, karena sebagian tokoh di cerita ini sudah berkeluarga, dan memiliki momongan, thanks.. buat Saffa (nama samaran) sudah kasih ijin untuk “kisah kita” di share disini, dan TS akan pake nama “teddy”

Sebut saja kota “Soka****” di daerah Jawa Tengah, dulu sekitar pukul 11 pagi seorang anak SD saat itu sedang berlari menuju pintu rumah membawa secarik kertas yang diberikan dari sekolah untuk wali murid, Surat Kelulusan sebut saja begitu karena saya lupa kalau dulu untuk sebutan surat kelulusan atau surat lulus atau surat apalah..
Inilah 2% yang saya katakana diatas sebagai “penyedap rasa” karena sudah 20 thn lebih saya lupa percakapan yang terjadi.

tapi intinya kira kira begini:
“bruuukkkkkk… bunyi sepatu yang jatuh di halaman rumah.. sedangkan si empunya sepeda lari ke dalam rumah..
Teddy: nenek… dapet surat dari sekolah..
Nenek: surat apa, coba saya lihat..
Oiya,, teddy adalah anak semata wayang yang “dititipkan” ke nenek-nya, dengan beribu alasan ortunya menitipkan anak semata wayang nya kepada orang tua ibunya, kedua orang tua Teddy bekerja di Ibu Kota.
Nenek : wah ini surat kelulusan le.. koe dah lulus SD, nanti kamu akan lanjutkan ke SMP, seragamu nanti biru putih.. dah nanti saya coba hubungi pak war** (pak war** ini adalah salah satu guru SMP Negeri 1 “K**” dan pak war** ini adalah adik dari kakek nya teddy dan beliau sekarang sudah almarhum)
sekilas tentang teddy, anaknya pendiam, dia sedikit grogi kalau ketemu lingkungan baru, anak baru.. gatau apa istilah namanya kalau di dunia psikologi kalau anak susah beradaptasi, susah bergabung dengan suasana baru dan selalu canggung dengan teman baru.

Bulik ci (ini buliknya teddy) : sudah masuk aja ke SMP Negeri 1 “K**” nanti berangkatnya naik sepeda, itu si Iman juga daftar disana, nanti kamu bisa berangkat naik sepeda bareng,, terus diasana juga ada pak war** jadi bisa jagain kamu dan bombing kamu.
Teddy : oke lah bu lik, kalau ada teman dari sini saya mau, kalau urusan berangkat gampang, bisa boncengan bareng naik sepeda, naik bus, atau dianteer..
Bulik, pak lik, semua lulusan SMP Negeri 1 “K**” jadi sekeluarga alumni sekolah itu.
Jarak dari rumah teddy ke SMP Negeri 1 “K**” lumayan lah,, kira ada kali 5-6 Km, (kl di JKT mungkin dari perempatan Trakindo ke Terminal Lebak Bulus)


Hari pendaftaran tiba, semua perlengkapan dan syarat2 untuk masuk SMP Negeri 1 “K**” pun sudah siap, banyak anak yang pakai seragam merah putih ikut pendaftaran disini,.

Pak war** : wahhh teddy jadi juga daftar disini..?
Teddy : iya kek (teddy manggilnya kakek, karena adik dari kakek teddy)
Pak war** : ya udah sana ke bagian pendaftaran, semua syarat sudah lengkap kan?
Teddy : sampun mbah (*red: sudah mbah)

Teddy yang selalu irit bicara, irit memandang muka lawan bicara, dan selalu canggung, -pun pergi ke tempat pendaftaran, hari itu cukup banyak anak SD yang mendaftar, hampir semua didampingi orang tua mereka, hari pengumuman penerimaanpun tiba, teddy dapet kabar kalau diterima di SMP Negeri 1 “K**”
Rasa gembira karena secepatnya bersekolah dengan seragam biru putih, pembagian kelas pun dilakukan, teddy masuk di kelas 1E, oiya sekolah teddy dulu ada pembagian waktu belajar, karena ada berbagai hal kelas 1E kena jatah masuk siang, kalau tidak salah mulai masuk jam 1 siang dan selesai hampir jam 5, perkenalan di kelas 1E pun tidak ada yang special, wali kelas mulai melakukan pengarahan, mungkin dulu ada mos atau ospek sekolah, tapi jujur saya sudah blank tidak bisa mengingat kejadian itu, kelas 1E berada di ujung sekolah di dekat toilet, bisa dibayangkan harum semerbak aroma toilet pun kadang masuk kelas, menjadi kenikmatan sendiri pada saat itu, ada beberapa teman teddy yang berasal dari 1 kampung, 1 RT bersekolah di SMP Negeri 1 “K**”, sebut saja iman, salah satu teman 1RT yang 1 sekolahan bareng teddy, iman ini anaknya baik, tapi rada “culun”, dulu teddy selalu nebeng iman ketika berangkat sekolah, iman punya sepeda baru hadiah dia karena masuk SMP, sedangkan teddy masih merengek minta dibeliikan sepeda..

Iman : tedd besok pagi bareng yah.. sepedaku baru, ada tempat boncengannya..
Teddy : sip.. biar aku yang di depan, tapi gentian yah nanti di tengah jalan..
Iman : beres itu, tapi hati hati kau bawa sepeda baruku, pelan pelan saja.. kalau rusak bisa runyam..
Teddy : (cuma mengangguk bahagia)

Jam 12.30, teddy sudah terlihat ganteng dengan celana biru dan kemeja putih dengan “badge” SMP barunya, sedang menuju kerumah iman..

Teddy : imaaannnnnn… yukkkkkk
Ibu iman : iman masih mandi tedd,, tunggu saja sebentar (sambil melayani pembeli, ibu iman adalah penjual nasi rames di komplek itu)
Iman : sekarang biru putih kita ted.. ayok jalan, kamu di depan dulu,,
Teddy : biru putih si biru putih, tapi jangan ngaret.. ini dah hampir jam 13.00


Jalan dari kampung teddy dulu belum di aspal, masih batu kerikil kecil dan kalau hujan bisa dibayangkan licinnya kaya apa..
Hampir setengah perjalanan teddy “genjot” sepeda, untungnya badan iman saat itu masih kurus.. (sekarang dah sukses si iman merantau ke Papua)

Kelas 1E sudah penuh dengan murid2 dari berbagai karakter, perkenalan dimulai.. sebut saja Gani, Caca, Ine, Cakra, Hari, Wanda, Windi, (yang saya ingat hanya beberapa, semua nama diatas saya plesetkan sedikit) khusus untuk wanda windi ini kakak beradik orang keturunan, lain dari pada yang lain, jadi kalau bertemu mereka mungkin menganggap orang Eropa, karena paras bulenya. Gani ini orang yang suka melucu, konyol, tukang palak, suka berantem, tapi sampai lulus dia jomblo, kalau Caca itu berbadan mungil, cantik, supel, dia berasal dari desa tetangga teddy, Caca ini adalah penerima surat cinta nyasar dari teddy, hehe.. nanti ada ceritanya di bagian ini, Cakra anaknya tinggi, konyol, suka nembak cewe, tapi jarang ada yg terima, Hari anaknya baik, suka bercanda, nyambung kalau ngobrol, setia sama temen, Hari ini nantinya akan menjadi sahabat setia teddy sampai kelas 3, gara2 Hari-lah surat cinta teddy nyasar ke Caca.

Teddy sudah merasa cocok berteman dengan hari, sering ngobrol, bareng kemana-mana,
hingg pada suatu saat…
Hari : tedd ayok ke kantin,, laper aku..
Teddy : yuk (masih irit bicara)
Jajanan di kantin pada jaman itu masihhhh dibilang masih murah, uang saku 2.000 perak pun bisa bikin kenyang seharian pada waktu itu,
Beberapa potong makanan di kantin sudah masuk kedalam perut teddy,
Teddy : bu.. saya lontong 2 gorengan 2, es lilin 1 berapa?
Ibu kantin : 1.500 dek..
Hari : irit banget lu jajan? Oiya habis dari kantin ke depan yah.. kita ke belakang warung kelontong seberang jalan itu..
Teddy : ngapain lagi Har..?
Lalu jawaban mengejutkan teddy dapatkan…
Hari : cukup lah kita merokok sebatang dulu..
Teddy : gila.. gak ah, ketauan merokok bisa berabe urusan.. gamau aku nyet..
Hari : halahhhh.. kalem aja, wong Cuma sebatang kok, nanti kita beli permen dulu,, biar mulut gabau asap rokok….. jadi aman kita.
Teddy : hayukkk.. emoticon-Hammer
karena bujuk rayu orang edan ini ahirnya pertama kali teddy “nyicip” yang namanya rokok…
dibawah pohon pisang rokok hampir habis, pada waktu itu rokok merek Guda** Gara* Filter, seingatku pada waktu itu Cuma Rp. 150 perak..


Teddy : yuk nyet… abis rokok kita,,
Hari : sip,, oiya beli permen dulu kita
Teddy : sakarepmu lah… (*red, terserah kamu lah)
Bel masuk kelas hampir bunyi, Hari dan teddy pun mampir kesebuah warung untuk beli penghilang bau rokok dimulut..
Hari : bu beli permen 5 rasa mint..
Siswa siswi pun mulaih berdatangan masuk kelas, entah mereka darimana datangnya..
Lalu..
Teddy : har……….. har itu,, itu siapa yah..? (saat itu bengong, bingung, melihat………..)


..................................................







...................................................




Diubah oleh schweinz 28-10-2019 02:27
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
9.5K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan