zeenanju18
TS
zeenanju18
PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM JENIS ANGIN


SELAMAT PAGI GAN.. SELAMAT DATANG DI THREAD SEDERHANA ANE


NO REPOST GAN


Sekarang ini sudah hampir memeasuki musim kemaraw gan, musim basah2an sudah hampir selesai
Ane mau ngebahas jenis2 angin yang selama ini ngehembus tubuh dan masa lalu kitaemoticon-Bettyemoticon-Malu

PENGERTIAN ANGIN
Angin adalah udara yang bergerak akibat rotasi bumi dan perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah.

PROSES DAN FAKTOR TERJADINYA ANGIN
Apabila dipanaskan, udara memuai. Udara yang telah memuai menjadi lebih ringan sehingga naik. Apabila hal ini terjadi, tekanan udara turun karena udaranya berkurang. Udara dingin di sekitarnya mengalir ke tempat yang bertekanan rendah tadi. Udara menyusut menjadi lebih berat dan turun ke tanah. Di atas tanah udara menjadi panas lagi dan naik kembali.Aliran naiknya udara panas dan turunnya udara dingin ini dinamakan konveksi.

Faktor-faktor yang menyebabkan angin terjadi antara lain adalah:
  • Gradien Barometris, yaitu bilangan yang menunjukkan perbedaan tekanan udara dari dua isobar yang jaraknya 111 km. Makin besar gradien barometrisnya, makin cepat tiupan anginnya.

  • Lokasi, kecepatan angin di dekat khatulistiwa lebih cepat daripada angin yang jauh dari garis khatulistiwa.

  • Tinggi Lokasi, semakin tinggi lokasinya semakin kencang pula angin yang bertiup. Hal ini disebabkan oleh pengaruh gaya gesekan yang menhambat laju udara. Di permukaan bumi, gunung, pohon, dan topografi yang tidak rata lainnya memberikan gaya gesekan yang besar. Semakin tinggi suatu tempa, gaya gesekan ini semakin kecil.

  • Waktu, Angin bergerak lebih cepat pada siang hari, dan sebaliknya terjadi pada malam hari.

  • Sebenarnya yang kita lihat saa angin berhembus adalah partikel-partikel ringan seperti debu yang terbawa bersama angin. Angin bisa kita rasakan hembusannya karena kita mempunyai indra perasa, yaitu kulit, sehingga kita bisa merasakannya.



JENIS-JENIS ANGIN
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


SEKIAN PENJELASAN ANGIN DAN MACAM2 ANGIN YANG ADA DI BUMI KITA TERCINTA GAN. SEMOGA BERMANFAAT DAN MMENAMBAH WAWASAN KITA SEMUA


MOHON MAAF APABILA ADA KESALAHAN PENULISAN. KOMEN DAN KRITIK MEMBANGUN SANGAT DIHARAPKAN AGAR TS BISA MEMBUAT THREAD LEBIH BAIK LAGI
emoticon-Jempolemoticon-Jempol


Spoiler for SUMBER:
Diubah oleh heane 07-02-2017 08:23
1
21.3K
13
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan