kasparov161
TS
kasparov161
Apa Itu Program OK-OCE Anies-Sandi? Ini penjelasannya


SuaraJakarta.co, JAKARTA – Cawagub Sandiaga Uno berupaya dan berkomitmen agar para pengusaha kelas menengah hingga bawah dapat bersaing sehingga mampu membuka lapangan kerja baru di DKI Jakarta.

Komitmen cawagub yang berpasangan dengan Anies Baswedan tersebut tak tanggung-tanggung akan mencetak 200.000 pengusaha baru melalui Program OK OCE kelak memimpin DKI Jakarta.

Apa itu Program OK OCE? OK OCE adalah singkatan dari One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship. Salah satu program andalan Anies-Sandi di Pilkada DKI ini adalah bagaimana mencetak wirausaha baru di DKI agar dapat menjadi benchmark di daerah lain.

“Jangan sampai kita tidak jadi tuan di negeri sendiri. Kita numpang di tanah air sendiri,” jelas Sandi saat memberikan Pelatihan Kewirausahaan Akbar yang diselenggarakan oleh Genpro Jakarta Timur di Gedung Robbani, Jakarta (31/12).

Dalam pemaparannya, Sandiaga menjelaskan bahwa Program OK OCE ini ditujukan untuk mengubah dan memihak kepada pengusaha kelas bawah, UMKM, dan pengusaha baru.

Adapun fokus dari program tersebut menyasar pada 5 (lima) hal, pertama, pemberian modal dan pendampingan usaha.

Kedua, pelatihan oleh pengusaha sukses, yaitu pembangunan SDM melalui pendampingan (mentoring).

“Ini berdasarkan pengalaman bahwa sebelum mentoring 8 dari 10 pengusaha itu failed. Tapi, setelah mentoring, berbalik menjadi 8 pengusaha itu yang sukses,” jelas Sandiaga.

Ketiga, garansi inovasi bekerjasama dengan swasta. Keempat, lulusan SMK langsung dapat kerja. Kelima, kredit khusus untuk ibu-ibu.

“Kenapa kami ingin ada program khusus ibu-ibu, karena kami menilai dibandingkan bapak-bapak, para ibu lebih pintar dalam mengelola usaha termasuk mengembalikan modal pinjaman, bahkan untuk mengembangkan bisnis. Maka, kami siapkan program khusus untuk ibu,” jelas mantan Direktur perusahaan batubara terkemuka di Indonesia ini.

BACA JUGA Gubernur DKI Tukang Pecat Ini Pastikan Kembali Merombak Jajaran Kepala Dinas
Dengan adanya program yang berfokus pada kewirausahaan ini, Sandiaga ingin agar setiap kampanye tidak sekadar menunjukkan gimmick, tapi benar-benar kampanye yang mendidik dan mencerahkan.

Saya ingin 200 orang pengusaha muda yang hadir di sini benar-benar bisa melahirkan 200 ribu pengusaha muda baru yang mencerahkan dan bisa menggerakkan pelaku usaha mikro yang ada di Jakarta,” jelas Sandiaga. (RDB)

http://suarajakarta.co/news/pemilu/a...penjelasannya/



Sandi: OK OCE Kerja Sama dengan Lembaga Keuangan Bukan APBD

Jakarta - Jika terpilih di Pilgub DKI, cawagub Sandiaga Salahuddin Uno akan menciptakan 200 ribu pengusaha baru melalui program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE). Program ini akan mengandalkan kerja sama dengan lembaga keuangan.

"Program OKE OCE ini akan bekerja sama, berkolaborasi, bersinergi dengan institusi perbankan, institusi keuangan, institusi pelatihan-pelatihan," katanya di Posko Anies-Sandi, Jalan Melawai No 16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (16/1/2017).

"Institusi perbankan syariah dan konvensional. Lembaga keuangan, lemba-lembaga keuangan nonperbankan, lembaga keuangan mikro, koperasi, dan jasa keuangan," tambahnya.

Dengan demikian, program OK OCE dari Anies-Sandi tidak banyak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Nah, kita tidak perlu triliunan rupiah dan tidak memasukkan ke APBD. Karena yang hanya dibiayai APBD yang hanya sebagian kecil dari program OK OCE," imbuhnya.

Ada triliunan rupiah dana dari lembaga keuangan tersebut yang, dikatakan Sandiaga, tidak tersalurkan. Pemprov di bawah kepemimpinannya nanti akan memfasilitasi penyaluran dana tersebut untuk para pelaku usaha.

"Nah, di situ ada dana triliunan yang tidak tersalurkan. Kami hanya memfasilitasi. Jadi tidak melibatkan APBD, ini adalah menggairahkan semua stakeholder, semua pemangku kepentingan, dan memastikan bahwa program tersebut akan memiliki success ratio, rasio sukses di atas 80 persen," jelasnya.

Program OK OCE yang saat ini tengah berjalan diyakininya akan menciptakan 200 ribu pelaku usaha baru, bekerja sama dengan lembaga keuangan. Program ini juga dikatakannya akan mampu menciptakan lapangan kerja baru.
(nvl/erd)

https://news.detik.com/berita/d-3397...gan-bukan-apbd

Semoga lancar dan mengurangi pengangguran dengan menambahnya wirausahawan

emoticon-Jempol
0
34.2K
98
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan